Fungsi Grafik – Pengertian, Tujuan, Dan Jenis-Jenis

Posted on

Fungsi Grafik – Apa saja fungsi dari grafik? Fungsi dari grafik ialah untuk menggambarkan data-data yang berupa angka-angka kebentuk yang lebih sederhana secara detail. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah mengenai Fungsi grafik mulai dari Pengertian grafik, Tujuan Garfik, Dan Jenis – Jenis Grafik Secara lengkap beserta gambar. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

grafik

Pengertian Grafik

Grafik merupakan sebuah penyajian data yang berada dalam table yang kemudian ditampilkan berupa gambar. Selain itu,  Pengertian Grafik adalah suatu kombinasi angka, huruf, simbol, gambar, lambang, dan lukisan yang disajikan dalam media dengan tujuan memberikan gambaran tentang suatu data dari penyaji materi kepada para penerima materi dalam proses memberikan sebuah informasi.

Definisi lain, Grafik merupakan gambaran dari kenaikan atau penurunan suatu data yang ada, Grafik dapat dibedakan menjadi 3  macam, yaitu: Grafik garis, Grafik batang,dan Grafik lingkaran.

Tujuan Grafik

Grafik memiliki tujuan untuk menunjukkan informasi yang kualitatif dengan cepat dan sederhana. Adapun data-data dalam bentuk uraian deskriptif dapat disederhanakan dengan menggunakan grafik. Maka jika sebuah grafik sulit dibaca atau dimengerti itu berarti grafik tersebut kehilangan tujuan utamanya.

Fungsi Grafik

Adapun fungsi dari grafik ialah untuk menggambarkan data-data yang berupa angka-angka kebentuk yang lebih sederhana secara detail dan menjelaskan perkembangan serta perbandingan suatu objek maupun peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas. Jadi kesimpulan nya garfik ini sebagai berikut ;

  • Menggambarkan data kuantitatif ke dalam bentuk yang sederhana namun di gambarkan secar detail dan terperinci.
  • Menerangkan perkembangan, perbandingan sebuah obyek atau peristiwa yang saling berkaitan secara singkat, padat dan jelas.
Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Adobe Ilustrator (Lengkap)

Jenis – Jenis Grafik

berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis grafik yakni ; Grafik garis, Grafik batang,dan Grafik lingkaran.

  • Grafik Garis

Grafik Garis

Grafik garis merupakan grafik yang mana dalam cara penyajian datanya mengunakan garis atau kurva. Grafik garis ini digunakan untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu terhadap suatu objek yang di teliti. Garfik garis terdiri dari dua sumbu utama yakni sumbu X dan Y. Dalam pengunaannya sumbu X  digunakan untuk menunjukkan waktu pengamatan. Sementara sumbu Y dipakai untuk menampilkan nilai hasil pengamatan. Kemudian waktu dan hasil dari penelitian / pengamatan dikumpulkan dengan titik-titik pada bidang XY.

kKemudian setiap titik yang berdekatan dihubungkan oleh garis sehingga menghasilkan garfik garis atau yang dikenal dengan diagram garis. Misalnya, ketika kita ingin membuat garfik garis dari data pengunjung situs facebook dari hari minggu sampai rabu. Pada sumbu x kita menulisakan tahun mulai dari minggu sampai rabu dan pada sumbu y kita menuliskan angka atau nilai hasil yang diperoleh. Dan angka tersebut berupa sekala mulai dari 0 sampai angka hasil tertinggi yang diperoleh dalam penelitian tadi. Contoh : 0,50, 100, 150, 200, 250, 300 dst.

Grafik Batang

Grafik Batang

Grafik batang merupakan jenis grafik yang dipakai untuk menekankan perbedaan tingkat nilai dan aspek – aspek. Grafik batang ini adalah jenis grafik yang paling sederhana, grafik batang ini juga sangat mudah untuk dipahami

Adapun panjang batang menyatakan presentase dari data, Sementara lebar batang semuanya memiliki ukuran yang sama. Namun data yang bisa dibandingkan tidak terlalu banyak, maksimal delapan data. Jika ingin memperjelas perbandingan antara batang yang satu dengan yang lainnya maka sering menggunakan warna yang berbeda-beda.

Baca Juga :  25 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli [Lengkap]

Grafik Lingkaran

Grafik Lingkaran

Grafik lingkaran merupakan grafik yang dalam penyajian datanya berbentuk lingkaran. grafik lingkaran adalah gambaran naik dan penurunan data yang berupa lingkaran untuk menyatakan persentase dari nilai total data.

Ketika ingin membuat suatu data dengan menggunakan grafik lingkaran ini perlu anda tentukan terlebih dahulu besar persentase tiap objek terhadap keseluruhan data kemudian anda tentukan besarnya sudut masing-masing kelompok data. Kemudian jika ingin menetukan presentase suatu kelompok data dapat kita lakukan dengan cara jumlah suatu kelompok data di bagi dengan jumlah total seluruh data di kali 100%.\

Demikianlah ulasan kami mengenai Fungsi grafik, Semoga bermanfat…

Artikel lainnya :

 

Fungsi Grafik – Pengertian, Tujuan, Dan Jenis-Jenis
5 (100%) 1 vote[s]