Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Karakter [Lengkap]

Posted on

Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Karater – Fungsi pendidikan karakter yaitu untuk mengembangkan potensi dasar seseorang agar berperilaku baik. Untuk lebih jelasnya kami akan mengulas materi pendidikan karakter ini secara lengkap mulai dari Pengertian pendidikan, Pengertian Karakter, Pengertian Pendidikan karakter, Fungsi, Tujuan, Dan Nilai-Nilai Karakter. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Fungsi pendidikan karakter

 

Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan Karater, Ini merupakan dua kalimat yakni Pendidikan dan Karakter yang mana masing-masing nya memiliki arti tersendiri adapun arti dari masing-masing itu adalah sebagai berikut ;

Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu usaha dalam mengembangkan potensi peserta didik. Pendidikan juga merupakan sebuah bentuk pembelajaran keterampilan, pengetahuan, serta kebiasaan sekelompok orang yang secara turun-menurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan serta penelitian. Adapun pendidikan ini terkadang terjadi atas bimbingan orang lain, tetapi juga terjadi secara otodidak atau tanpa bimbingan dan petunjuk orang lain.

Karakter

Karakter merupakan sifat batin yang berpengaruh terhadap pikiran, tingkah laku, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang  manusia miliki sejak lahir sampai menjadi dewasa, Selain itu, Karakter merupakan nilai-nilai yang khas, baik akhlak, watak, serta kepribadian yang terbentuk dari hasil internalisasi dari berbagai kebijakan yang dipercaya serta dipergunakan sebagai cara berpikir, bersikap, pandang, berucap dan berprilaku dalam menjalani kehidupan.

Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter merupakan usaha untuk mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan seseorang untuk membangun karakter pribadi atau kelompok yang baik sebagai warga negara, Dengan kata lain, Pendidikan Karakter adalah bentuk kegiatan seseorang yang di dalamnya terdapat tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi berikutnya.

Fungsi pendidikan karakter

Fungsi pendidikan karakter yaitu untuk mengembangkan potensi dasar seseorang agar berperilaku baik, serta berpikiran yang positif. Adapun fungsi pokok dari pendidikan karakter ini ialah untuk mengembangkan serta membangun perilaku anak bangsa yang multikultur.

Pendidikan karakter juga berfungsi megembangkan peradaban manusia yang baik  di dalam pergaulan dunia. Pendidikan karakter bisa dilakukan bukan hanya di sekolah-sekolah, melainkan  dari keluarga, lingkungan, pemerintahan, dunia usaha, serta media tegnologi.

Tujuan pendidikan karakter

Tujuan pendidikan karakter adalah membentuk bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, bekerja sama atau bergotong royong. Selain itu Pendidikan karakter juga membentuk bangsa mempunyai jiwa patriotik atau suka menolong sesama, berkembang dengan dinamis, berorientasi pada ilmu pengetahuan serta teknologi, beriman dan bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa.

Pentingnya Pendidikan Karakter

Adanya pendidikan karakter ini sangatlah penting terutama bagi anak-anak yang masih kecil dan remaja karena pendidikan karakter ini dijadikan sebagai proses untuk membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang baik.

Seorang guru yang menajdi teanaga pendidik, sangat lah penting untuk anak didiknya karena dapat memberikan dampak yang baik dan patut dicontoh bagi anak untuk kehidupan selanjutanya, karena perilaku guru menjadi teladan bagi anak didiknya, dalam dunia pendidikan memang pendidikan karakter sangat di perlukan peserta didik untuk membentuk kepribadian yang baik,  jujur, bijaksan bertanggung jawab, dan dapat menghormati kalangan tua dan muda.

Apabila kita dapat melakukan point-point tersebut maka generasi yang sekarang ini akan bisa menumbuhkan jiwa-jiwa yang berkarakter baik dan berpengetahuan luas.

Dengan begitu secara tidak langsung pendidik yang hanya mengutamakan aspek kognitif saja sudah membunuh karakter seseorang, dengan adanya pembinaan yang berpusat pada peserta didik akan menumbuhkan kualitas peserta didik menjadi lebih unggul tidak hanya dalam aspek kognitif, namun juga dalam karakter seseorang tersebut, Seseoarang yang unggul dalam karakter akan dengan mudah dan bijaksana dalam menghadapi persoalan dan tantangan dihadapi.

Nilai-nilai Karakter Berdasarkan Budaya Bangsa

  1. Religius
  2. Tanggung Jawab
  3. Jujur
  4. Disiplin
  5. Toleransi
  6. Kreatif
  7. Kerja Keras
  8. Mandiri
  9. Demokratis
  10. Rasa Ingin Tahu
  11. Semangat Kebangsaan
  12. Cinta Tanah Air
  13. Menghargai Prestasi
  14. Bersahabat/komunikatif
  15. Cinta Damai
  16. Gemar Membaca
  17. Peduli Lingkungan
  18. Peduli Sosial

Demikianlah pembahasan kami mengenai Fungsi Pendidikan karakater, semoga bermanfaat…

Artikel lainnya :