Fungsi Retikulum Endoplasma

Posted on

Ketahui Strukutur dan Fungsi Retikulum Endoplasma. Sel yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup pastinya adalah hal yang sangat penting untuk keberlangsungan hidupnya. Seperti yang diketahui bahwa struktur dari sel ini bisa dibilang sangatlah rumit. Tidak heran apabila kemudian mereka yang tergolong masih awam maka akan bingung dengan hal ini.

Termasuk di dalamnya adalah memahami tentang retikulum endoplasma ini. Soalnya bagi mereka yang masih awam pastinya istilah yang asing ini terdengar tidak akrab di telinga.

Padahal bisa dibilang retikulum endoplasma ini tergolong sangat penting untuk diketahui termasuk dalam menambah wawasan. Berikut ini struktur dan fungsi yang mesti Anda ketahui.

Fungsi Rerikulum Endoplasma

Berikut ini 3 fungsinya yang sangat berperan untuk sel hewan dan sel tumbuhan :

  • Sebagai transportasi yang digunakan protein dan juga karbohidrat untuk bisa sampai ke berbagai tempat lain di tubuh
  • Mampu membantu dalam pembentukan kerangka tulang
  • Membantu pembentukan membran nukleus

Penjelasan Lengkap tentang ke-3 fungsinya adalah sebagai berikut :

Hal pertama yang mesti Anda ketahui terlebih dulu adalah fungsi retikulum endoplasma ini sendiri. Bukan tanpa alasan karena pada kenyataannya, masih banyak orang yang belum tahu apalagi untuk memahaminya.

Baca Juga : Fungsi Stomata

Fungsi pertamanya adalah sebagai transportasi yang digunakan protein dan juga karbohidrat untuk bisa sampai ke berbagai tempat lain di tubuh. Tidak berlebihan apabila menyebut retikulum endoplasma ini sangatlah penting bagi makhluk hidup.

Fungsi keduanya adalah ternyata retikulum endoplasma ini mampu membantu dalam pembentukan kerangka tulang. Seperti yang diketahui bahwa bagian tulang ini tentunya sangat penting bagi keberlangsungan setiap makhluk hidup.

Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat setiap makhluk hidup pastinya sangat membutuhkan retikulum endoplasma yang satu ini.

Fungsi retikulum endoplasma yang ketiga adalah membantu pembentukan membran nukleus ini. Bagi Anda yang belum tahu, membran nukleus ini sendiri terjadi ketika pembelahan sel sedang dilakukan.

Baca Juga : Fungsi Stroma

Kondisi tersebutlah yang kemudian retikulum endoplasma ini menjadi sangat krusial peranannya. Jadi penting sekali bagi Anda untuk bisa memahami retikulum endoplasma seperti yang satu ini.

Gambar Retikulum Endoplasma

fungsi retikulum endoplasma
Gambar Retikulum Endoplasma

Strukutur Retikulum Endoplasma

Hal penting berikutnya yang juga tidak boleh terlewatkan untuk diketahui adalah struktur yang dimiliki retikulum endoplasma ini. Diawali dengan permukaannya yang terbilang cukup kasar.

Biasanya yang memiliki bagian kasar ini adalah jenis retikulum endoplasma kasar. Lain lagi dengan jenis retikulum endoplasma halus yang tentunya memiliki struktur yang jauh lebih halus.

Apabila Anda sudah mengetahui tentang fungsi retikulum endoplasma maka bagian strukutnya juga tidak boleh terlewatkan begitu saja. Struktur tersebut juga tidak bisa dilepaskan dari luas yang dimiliki oleh retikulum endoplasma tersebut. Terutama untuk bagian luasnya yang tergolong bervariasi. Jadi bisa dibilang, tidak bisa dipukul rata begitu saja.

Perbedaan Retikulum Endoplasma pada Tumbuhan dan Hewan

Hal terakhir yang mesti Anda ketahui adalah perbedaan retikulum endoplasma pada tumbuhan dan juga hewan. Soalnya meskipun terkesan sama pada kenyataannya, dua hal ini ternyata cukup berbeda. Ambil contohnya untuk tumbuhan maka retikulum endoplasma ini berguna untuk menghasilkan protein dan juga pematangan.

Sedangkan retikulum endoplasma pada hewan adalah untuk mengangkut berbagai senyawa kimia untuk penggunaan baik di dalam maupun di luar sel hewan tersebut.

Baca Juga : Fungsi Krolopas

Tentunya dengan tidak pernah melupakan fungsi utamanya yaitu menghasilkan protein yang sangat berguna. Dengan mengetahui perbedaan tersebut pastinya akan membuat Anda jadi jauh lebih mudah membedakan retikulum endoplasma untuk tumbuhan dan untuk hewan.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda jadi jauh lebih paham tentang fungsi retikulum endoplasma dan struktur yang dimilikinya. Jadi Anda tidak akan bingung lagi apabila ada pembahasan seperti yang satu ini. Apalagi untuk Anda yang tergolong awam dan masih amatir dalam bidang ini.