Fungsi Tulang Selangka

Posted on

Apa itu tulang selangka? dan apakah fungsi tulang selangka pada manusia? Berikut ini materi makalah pembahasan lengkap tentang tulang selangka mulai dari pengertian, gambar, dan jenis penyebab sakit pada tulang tersebut.

Clavicula atau biasa di kenal dengan tulang selangka memiliki bentuk seperti menyusun bahu. Selain itu tulang ini juga berfungsi menghubungkan lengan atas anda di batang tubuh.

Perlu anda ketahui bahwa tulang satu ini mampu mengeras atau osifikasi pada saat embrio berkembang sekitar pada minggu ke 5 atau 6.

Tak hanya itu meskipun tulang ini mampu mengeras namun dalam prosesnya bahwa tulang selangka merupakan tulang yang paling akhir  pengerasannya yakni pada masa usia 21 tahun.

Baca Juga : Fungsi Tulang Jari Tangan

Letak Tulang Selangka

Bentuk tulang ini seperti kurva yang panjang (horisontal) dan ganda. Letak tulang ini tepat pada rusuk tulang pertama. Di bagian ujung medialnya sendiri tulag ini terdapat sendi yakni dari tulang dada. Di ujung lateral tulang ini memiliki sendi dari tulang belikat.

tulang selangka
Gambar Letak Tulang Selangka

Perbedaan Tulang Selangka Pria dan Wanita

Ada perbedaan yang cukup signifikan antara tulang selangka wanita dan pria yakni pada wanita lebih pendek bentuknya dan juga jauh lebih tipis.

Sedangkan untuk tulang selangka pria lebih tebal dan juga panjang. Selain itu tulang selangka pria lebih melengkung di bandingkan dengan wanita.

Hal ini lah yang akan membedakan fisik tubuh wanita dengan pria. Keunikan lainnya pada tulang ini adalah walaupun tulang ini panjang namun di dalam tulang ini tidak memiliki rongga.

Otot yang berada pada tulang ini adalah otot permukaan superior dan permukaan inferior. Dengan menggunakan otot tersebut tentu akan membuat gerak anda semakin mudah.

Fungsi Tulang Selangka

Setiap tulang yang terbentuk pasti memiliki banyak manfaat. Begitupun dengan tulang selangka yang mana fungsinya adalah sebagai berikut :

1. Pengganjal Tubuh

Salah satu fungsi dari tulang selangka adalah sebagai pengganjal dari tubuh. Pengganjal di sini adalah agar saat tubuh di bagian lengan bergerak tidak terjadi pergerakan di bagian dada yang akan menimbukan trauma atau cidera.

2. Sebagai Penerus

Selain sebagai pengganjal maka tulang selangka ini juga bisa berfungsi sebagai penerus, yakni dengan melanjutkan respon goncangan sehingga akan memberikan respon yang bersamaan.

Baca Juga : Fungsi Tulang Lengan Tangan

Berbagai penyebab tulang selangka sakit

1. Cedera Sendi

Robeknya sendi bisa saja terjadi pada hidup kita yang di akibatkan oleh cidera atau trauma. Hal ni akan menyebabkan acromioclavicular akan nyeri akibat robek.

Hal ini juga akan mengganggu ligamen yang berfungsi untuk menjaga tulang anda. cidera pada sendi terjadi biasanya di karenakan oleh pukulan atau jatuh yang cukup keras sehingga menyebabkan sendi robek.

Robeknya sendi akan membuat tulang selanka anda tidak lagi searah, hal ini akan terjadi jika wcideranya cukup serius namun jika ringan maka hanya nyeri sendi saja.

Cidera sendi pada tubuh tak serta merta akan mengalami perubahan kulit. Karena ini merupakan penyakit dalam maka akan terlihat tonjolan yang terjadi di bagian bahu.  

2. Osteoarthritis

Penyakit satu ini adalah sebuah penyakit yang cukup serius. Hal ini karena penyakit ini merupakan penyakit yang mengakibatkan pengapuran sendi. Para pendrita penyakit ini akan merasakan nyeri pada persendian hingga merasa kaku.

Hal ini juga bisa di katakan seseorang akan mengalami pelumpuhan karena orang tidak bisa melakukan apapun dikarenakan kaku pada persendian.

Gejala yang biasanya muncul pada penyakit ini adalah seperi sakit pada bagian tulang selangka yang kerap kali terjadi dan sendi terasa kaku hingga sulit untuk menggerakan organ tubuh lainnya.

3. Thoratic outlet syndrome

Penyakit yang satu ini berbeda dengan sebelmnya, hal ini karena sindrom satu ini bisa menyebabkan pergeseran tulang selangka yang bisa membuat pembuluh darah tertekan.

Kondisi seperti ini juga bisa menyebabkan  saraf antar tulang juga tertekan. Penyakit satu ini cukup serius, penyebab dari penyakut ini juga cukup sering terjadi di sekitar kita seperti obesitas, cidera, postur dan beban yang cukup berat pada bahu.

Gejala dari penyakit sindrome ini cukup sering terjadi seperti nyeri pada leher dan bahu. Selain itu gejala lainnya seperti kesemutan, tanga lemas, bengkak dan benjolan pada tulang selangka.

Jika anda mengalami perubahan tersebut maka anda patut waspada. Meskipun ini merupakan penyakit dalam namun bisa juga akan mengubah dari warna kulit anda seperti pada tangan dan jari.

Baca Juga : Fungsi Tulang Rusuk

5. Distal clavicular osteolysis

Penyebab selanjutnya adalah dikarenakan oleh patah tulang yang cukup ringan di bagian tulang selangka bisa juga di bahu. Namun akan terjadi pembengkakanyang cukup serius jika anda membriarkannya. Biasanya akan terjadi gejala seperti nyeri pada tulang, sakit  pada lengan dan yang lebih parah adalah bengkak.

6. Posisi tidur yang salah

Pernahkah anda mengetahui bahwa dengan anda tidur maka tulang selangka andapun ikut bekerja. Bayangkan saja jika anda tidur miring kekiri maka tulang selangka kiri anda akan menopang badan anda yang bisa menyebabkan nyeri. Hal ini patut untuk di hindari. Untuk itu lebih baik anda mengubah posisi tidur anda setiap saat agar tulang selangka anda seimbang.

F.A.Q

Apa nama lain dari tulang selangka?

Clavicula

Dimana letak dari tulang selangka?

di rusuk tulang pertama

Bagaimana bentuk tulang selangka

memanjang (horisontal) dan ganda

Apa fungsi dari tulang selangka?

sebagai pengganjal tulang bahu dan dada serta penerus keduanya