Fungsi Tulang Tempurung Lutut

Posted on

Apa itu tulang tempurung lutut? Apa fungsi dari tulang tempurung lutut? Bagaimana sistem persendiannya dan ototnya? Bagaimana cidera yang terjadi pada tulang tempurung lutut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut simak oenjelasan di bawah ini.

Pengertian Tulang Tempurung Lutut

Patella atau biasa di kenal dengan sebutan tulang tempurung lutut merupakan salah satu  tulang yang letaknya berada di kaki. Selian itu tulang tempurung lutut ini merupakan salah satu tulang yang menjadi anggota gerak manusia bagian bawah.

Sesamoid merupakan jenis tulang ynag biasanya berada di lingkungan persendian. Nah, tulang tempurung lutut ini adalah salah satu tulang sesomoid.

Menariknya lagi tulang tempurung ini memiliki struktur yang cukup tebal dengan bentuknya yang segitiga serta memiliki diameter kira – kira 5 cm. selain itu tulang satu ini juga merupakan tulang yang membentuk persendian di paha.

Tulang ini memiliki anterior (permukaan depan) yang cukup kasar teksturnya. Pada bagian dorsal (permukaan dalam) memiliki persendian yang permukaannya cukup besar.

Tulang tempurung lutut ini bisa di gerak – gerakan ke kiri dan kekanan serta gerakan lainnya. selain itu tulang ini juga memiliki tepi berupa superior, lateral dan medial.

Fungsi Tulang Tempurung Lutut

Tulang tempurung lutut memiliki fungsi yang sangat besar pada anggota gerak bawah manusia. Fungsi tulang tempurung lutut antara lain sebagai berikut:

1. Mendukung Kaki Untuk Bergerak

Bergerak merupakan sebuah hal yag sering di lakukan oleh banyak orang. apalagi berjalan, tentunya itu sudah menjadi rutinitas banyak orang. hal ini karena semua orang memiliki mobilitas sendiri – sendiri yang tidak sama dengan orang lain. 

Perlu anda ketahui bahwa salah satu fungsi dari tulang tempurung ini adalah untuk melindungi organ untuk berjalan. Hal ini artinya tulang tempurung lutut ini memiliki peran untuk mempermudah anda berjalan.

Peranan tulang tempurung lutut ini berfungsi untuk pergerakan kaki dengan pada saat anda berdiri. Hal ini terjadi dengan cara tulang tersbut mengurangi penekakan pada sendi lututnya. Selain itu tulang ini juga berfungsi sebagai salah satu pelindung untuk sendi yang rawan terkena cidera.

2. Melindungi Sendi Lutut

Sendi merupakan salah satu bagian tubuh yang sering di gunakan untuk sebagai penggerak badan kita agar lebih fleksibel. Hal ini juga yang menyebabkan badan kita bisa di tekuk karena di dalamnnya terdapat sendi.

Nah, fungsi tulang tempurung lutut selanjutnya adalah sebagai pelindung dari sendi anda. sendni ini adalah pada sendi lutut yang serng di temui di pergelangan lutut anda.

Perlindungan tersebut bertujuan agar kaki lebih kuat untuk di gerakan di bagian tendonnya. Dungsi tulang tempurung lutut ini juga sebagai salah satu pengungkit yang baisa di gunakan pada sendi lutut.

3. Tempat Melekatnya Otot

Setipa otot di dalam tubuh memiliki peranan yang cukup penting unuk menjadikan tulang semakin kuat dan semakin bertenaga saat di gerakan.

Hal ini juga terjadi pada tulang tempurung lutut anda. pada dasarnya tulang ini sebagai salah satu tulang yang di gunakan oleh otot untuk tempat melekatnya sehingga saat anda berdiri maka tulang anda akan lebih kokoh.

Sendi Tulang Tempurung Lutut

Tulang tempurung lutut ini  merupakan salah satu tulang yang memiliki fungsi sebagai salah satu tulang utama dalam sendi lutut anda.

Tentu ini tidak sebanding dengan lainnya, karena persendian pada lutut adalah sendi terbesar pada organ tubuh manusia.  Selain itu facies patellaris femoris akan terhubung dengan tulang tempurung pada sendi pelana.

Otot Tulang Tempurung Lutut

Pada dasarnya tulang satu ini memiliki otot yang melekat di bagian tulag tersebut. quadriceps femoris merupakan otot yang menempel pada tulang tersebut. otot  ini memiliki struktur yang cukup besar dan tebal. 

Selain itu otot ini juga memiliki bentuk ynag sedikit cembung dan  memiliki 4 otot lagi di dalanya. Nah, otot ini juga memanjang dari paha hingga lutut.

Cedera Tulang Tempurung Lutut

Tulang ini memiliki rawang cidera yang cukup tinggi. hal ini karena tentunya kita pada waktu kecil sering mengalami jatuh sehingga menyebabkan tulang tempurung lutut anda lecet bahkan hingga memar.

Tindakan yang paling parah bahkan bisa menyebabkan operasi. Selain itu pergeseran tulang ini juga sering terjadi dan di alami oleh para atlet olahraga. Hal ini menyebabka tulang tempurung anda terasa nyeri dan tidak mudah untuk di gerakan.

F.A.Q

Apa itu tulang tempurung lutut?

Patella atau biasa di kenal dengan sebutan tulang tempurung lutut manusia merupakan salah satu  tulang yang letaknya berada di kaki. Selian itu tulang tempurung lutut ini merupakan salah satu tulang yang menjadi anggota gerak manusia bagian bawah.

Apa fungsi dari tulang tempurung lutut?

1. Mendukung Kaki Untuk Bergerak
2. Melindungi Sendi Lutut
3. Tempat Melekatnya Otot

Bagaimana sistem persendiannya dan ototnya?

Tulang tempurung lutut ini  merupakan salah satu tulang yang memiliki fungsi sebagai salah satu tulang utama dalam sendi lutut anda. Tentu ini tidak sebanding dengan lainnya, karena persendian pada lutut adalah sendi terbesar pada organ tubuh manusia.  Selain itu facies patellaris femoris akan terhubung dengan tulang tempurung pada sendi pelana.
Pada dasarnya tulang satu ini memiliki otot yang melekat di bagian tulag tersebut. quadriceps femoris merupakan otot yang menempel pada tulang tersebut. otot  ini memiliki struktur yang cukup besar dan tebal.  Selain itu otot ini juga memiliki bentuk ynag sedikit cembung dan  memiliki 4 otot lagi di dalanya. Nah, otot ini juga memanjang dari paha hingga lutut.

Bagaimana cidera yang terjadi pada tulang tempurung lutut?

Tulang ini memiliki rawang cidera yang cukup tinggi. hal ini karena tentunya kita pada waktu kecil sering mengalami jatuh sehingga menyebabkan tulang tempurung lutut anda lecet bahkan hingga memar.
Tindakan yang paling parah bahkan bisa menyebabkan operasi. Selain itu pergeseran tulang ini juga sering terjadi dan di alami oleh para atlet olahraga. Hal ini menyebabka tulang tempurung anda terasa nyeri dan tidak mudah untuk di gerakan.

BACA JUGA :