Fungsi Usus Besar dan Bagian Bagian Usus Besar

Posted on

Fungsi Usus Besar – Usus besar merupakan salah satu usus yang menyusun sistem pencernaan. Disebut usus besar karena ukurannya lebih besar dibandingkan dengan usus lainnya. Adapun diameter usus besar mencapai 6 cm. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah Materi Fungsi dan Bagian Bagian Usus Besar di bawah ini.

Fungsi Usus Besar

Apa Itu Usus Besar ?

Usus besar merupakan salah satu usus yang menyusun sistem pencernaan. Disebut usus besar karena ukurannya lebih besar dibandingkan dengan usus lainnya. Adapun diameter usus besar mencapai 6 cm. Tapi meskipun ukurannya lebih besar, ukuran usus besar tidak terlalu panjang, rata-rata hanya sekitar 1.5-2 meter. Sementara ukuran usus kecil bisa mecapai 6.7 meter.

Fungsi Usus Besar

Usus besar adalah lanjutan dari usus halus, sehingga yang terjadi di usus besar merupakan proses penyerapan makanan yang tidak dapat dilakukan oleh usus halus. Dari segi struktur, usus besar mempunyai stuktur yang sama dengan usus dan organ dalam sistem pencernaan lainnya yaitu terdiri dari lapisan serosa, lapisan otot, lapisan submukosa, serta lapisan mukosa.

Bagian – Bagian Usus Besar

Berikut ini adalah bagian – bagian usus besar, yaitu :

1. Sekum

Sekum adalah bagian paling awal dari usus besar. Pada dasarnya sekum adalah gabungan dari bagian akhir usus halus dan menajadi bagian awal usus besar. Sekum berbentuk seperti kantong dengan panjang kurang lebih 7 cm. Fungsi utama dari sekum yaitu untuk menyerap nutrisi yang tidak bisa diserap oleh usus halus.

2. Kolon

Kolon merupakan bagian terpanjang dari usus besar. Berdasarkan letaknya, kolon terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :

  1. Kolon Asenden
    Kolon yang berbentuk vertikal yang membentang dari atas dekat hati ke bawah yang letaknya di bagian kanan perut.
  2. Kolon Transversum
    Kolon yang benbentuk horizontal yang membentang dari bagian kanan ker kiri perut. Kolon ini direkatkan oleh jaringan omentum sehingga menempel pada perut.
  3. Kolon Desenden
    Kolon yang berbentuk seperti kolon asenden namun berada di bagian kiri perut.
  4. Kolon Sigmoid
    Yakni lanjutan dari kolon desenden yang berada di bagian bawah sebelah kiri perut.

3. Rektum

Rektum adalah bagian yang paling akhir dari usus besar. Rektum terhubung langsung ke anus. Pada bagian ini memiliki tugas sebagai tempat penyimpanan tinja sebelum dikekeluarkan melalui anus. Kontraksi yang terjadi sebelum defekasi juga terjadi pada rektum karena terdapat saraf yang langsung terhubung ke otak untuk mengendalikan kontraksi tersebut.

Fungsi Usus Besar

Setelah kita mengetahui apa itu usus besar dan bagian bagian dari usus besar baru kita membahas fungsi dari usus besar, adapun fungsi usus besar yaitu sebagai berikut :

1. Menyerap Air

Makanan yang masuk kedalam usus besar akan mengalami penyerapan kadar airnya. Akan terjadi proses penyerapan air dan  penyiapan limbah yang berupa feses untuk dikeluarkan melalui anus.

2. Menyerap Vitamin

Didalam usus besar ada beberapa bakteri baik yang berperan membantu pada proses pencernaan. Bakteri tersebut adalah salah satu yang mengahasilkan vitamin K pada tubuh. Efek dari bekerjanya bakteri ini adalah buang angin.

3. Mengurangi Keasaman

Makanan yang dicerna akan diuraikan oleh bakteri baik, namun ada juga bakteri yang mengakibatkan makanan menjadi asam. Didalam usus besar ini akan mengurangi keasaman makanan.

4. Memadatkan Feses (Tinja)

Memadatkan tinja (Feses) ini sangat penting bagi proses pembuangan feses. Apabila tidak terjadi pemadatan maka akan seakan-akan diare.

5. Melindungi Sistem Pencernaan

Bakteri yang baik ada terdapat di dalam usus besar akan membantu untuk melawan patogen yang bisa menimbulkan berbagai masalah pencernaan. Lapisan mukosa pada usus besar juga berperan dalam mencegah penyerapan bakteri jahat pada usus.

6. Menyerap Makanan Yang Tidak di Serap Usus Halus

Dalam usus halus terjadi proses penyerapan nutrisi, terkadang ada nutrisi yang tertinggal. Nah didalam usus besar ini akan menyerap ulang nutrisi yang belum terserap oleh tubuh kita.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Hal ini bisa kita di buktikan pada saat kita mengalami diare. Seseorang yang mengalami diare akan buang air besar berkali-kali maka di dalam usus besar tidak tersisa. Maka reaksi tubuh akan mengalami lemas.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi  Fungsi Usus Besar. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :