Fungsi Usus Halus Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Posted on

Fungsi Usus Halus – Usus halus merupakan usus yang berperan sebagai penyerapan nutrisi-nutrisi makanan. Makanan yang kita makan banyak sekali mengandung nutrisi, tugas usus halus yaitu untuk menyerap semua nutrisi tersebut yang nantinya akan di manfaatkan oleh tubuh. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Fungsi Usus Halus di bawah ini.

Fungsi Usus Halus

Fungsi Usus Halus

Usus halus merupakan usus yang berperan sebagai penyerapan nutrisi-nutrisi makanan. Makanan yang kita makan banyak sekali mengandung nutrisi, tugas usus halus yaitu untuk menyerap semua nutrisi tersebut yang nantinya akan di manfaatkan oleh tubuh.

Nutrisi yang tadi diserap kemudian akan segera diserap oleh tubuh. Misalnya nutrisi tersebut bisa digunakan sebagai tenaga atau energi, pertumubuhan, vitamin, dan juga pemeliharaan jaringan tubuh.

Fungsi Usus Halus

Usus halus mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pencernaan manusia. Apabila tidak ada usus halus maka makanan tidak akan diserap nutrisinya. Sehingga makanan tersebut seakan-akan tidak mengandung apapun karena tidak ada penyerapan nutrisi.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai fungsi usus halus, berikut ini adalah fungsi usus halus dianataranya :

1. Menghasilkan Zat

Selain untuk menghaluskan makanan fungsi usus halus adalah menghasilkan zat. Didalam usus halus ada usus duabelas jari yang mana memiliki dua saluran utama yaitu saluran empedu dan saluran pancreas.

2. Proses Kimiawi di Jejenum

Di dalam usus halus terjadinya proses kimiawi dari berbagai enzim. Yang mana Enzim peptidase mengubah polipeptida menjadi asam amino, enzim sukrase mengubah sukrosa menjadi glukosa serta fluktosa, enzim lactase mengubah laktosa menjadi glukosa dan masih banyak enzim yang lainnya lagi.

3. Penyerapan Zat didalam Tubuh

Selain menyerap nutrisi, usus halus juga menyerap zat yang terdapat di dalam tubuh. Tahapan usus halus pertama zat makanan seperti air, mineral, glukosa, vitamin dan asam amino dibawa ke hati menuju ke jantung dan seluruh tubuh. Semua vitamin yang masuk dibawa oleh darah kemudian masuk ke dalam seluruh peredaran darah.

4. Menyerap nutrisi

Tugas utama dari usus halus yaitu untuk menyerap nutrisi pada makanan yang masuk melalui mulut. Peran penting usus halus dalam hal ini untuk memastikan bahwa nutrisi tersebut bisa di serap tubuh dengan baik.

5. Untuk Mnenghaluskan makanan

Berfungsi sebagai penghalus makanan. Terkadang makanan yang masuk kedalam mulut tidak semuanya memiliki tekstur yang halus karena di kunyah didalam mulut. Ada juga makanan yang tidak halus. Di dalam usus halus ini makanan kemudian akan di perhalus kembali.

6. Membusukan Makanan

Salah satu fungsi usus halus yaitu untuk membusukan makanan. Makanan akan dibusukkan dengan bakteri-bakteri baik didalam usus halus tersebut.

7. Bagian Penting Dalam Proses Pencernaan

Usus halus adalah bagian terpenting dalam perncernaan. Dengan adanya usus halus nutrisi-nutrisi bisa diserap dengan baik untuk tubuh.

8. Penghasil Enzim-Enzim Pencernaan

Terdapat beberapa enzim yang di gunakan sebagai proses pencernaan. Didalam usus halus menghasilkan enzim-enzim pencernaan yang bisa mendukung proses pencernaan.

9. Menerima Zat-Zat

Menerima zat-zat makanan yang sebelumnya sudah dicerna untuk diserap melalui kapiler-kapiler darah dan saluran-saluran limfe.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Fungsi Usus Halus. Semo ga bisa menambah wawasan kita dalam bidang kesehatan dan semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami. Terima kasih…

Artikel lainnya :