Gerak Dasar Tari

Posted on

Gerak Dasar Tari – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan memabahas tentang pelajaran senibudaya yang bertemakan Gerak Dasar Tari untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah penjelasan yang ada dibawah ini.

Pengertian Gerak Dasar Tari

Gerak dasar tari yakni bagian yang terpenting di tari. Gerak dasar tari yang melibatkan semua bagian dari anggota tubuh manusia. Gerak dasar di dalam tari yang termasuk sebagai sebuah fungsi komunikasi yang tertentu yang di mainkan kedalam koreografer.

gerak dasar tari bagian tubuh

Gerak tari pula yaitu sebuah perubahan sikap ataupun posisi anggota tubuh di saat menggerakkan tarian. Untuk gerak tarian didalam keindahannya diolah kepada dua bagian yakni gerak distortif sertab stilatif.

Dan berikut ini adalah pengertian lain dari gerak dasar tari menurut dari para ahli diantara lain sebagai berikut:

Soedarsono

Tari merupakan sebuah expresi di penjiwaan melalui sebuah pergerakan ritmis yang sangat estetis (indah). Maksud dari pada expresi di penjiwaan yakni cetusan emosianal serta rasa yang diiringi dari kemauan diri. Maksud dari gerak ritmis pula yakni gerak tari yang ikut serta kepada irama, sehingganya dapat memberikan daya tarik kepada penonton ataupun penikmatnya.

Corie Hartong

Tari merupakan sebuah ungkapan perasaan didalam hati sipenarinya, yang membawa sebuah ungkapan menggunakan gerakan tubuh yang melalui tarian yang sangat indah.

Arestoteles

Tari adalah satu gerakkan tari yang sangat indah menggunakan tujuan mempersembahkan dari konsep visualisasi atau gambaran karakter manusia didalam tingkah lakunya.

Inilah berikut penjelasan yang mengenai pengertian serta penjelasan dari para ahlinya yang mengenai gerakan seni tari. Berikut ini yang akan admin terangkan yang mengenai Ragam, Macam serta Contoh didalam materi gerak dari dasar tari.

Macam-Macam Ragam Gerak Tari

Macam-Macam Ragam Gerak Tari

Berikut ini ada beberapa macam-macam dari ragam gerak tari, yaitu sebagai berikut:

  • Ragam Gerak Dari Tari Klasik ialah gerak tari yang sangat banyak memakai gerak murni serta gerak ekspresif dan juga imitatif yang sudah distilir ataupun diperhalus.
  • Ragam Gerak Dari Tari Kerakyatan ialah gerak tari yang sangat banyak memakai imitatif serta ekspresif. Gerakannya yang menirukan kegiatan serta emosi manusia sampai dapat menirukan perangai dari sebuah binatang.
  • Ragam Gerak Dari Tari Kreasi Baru ialah gerak tari yang sudah dibentuk dari beberapa paduan dari ragam gerak tari yang tradisional sehingga menjadi sebuah bentuk yang baru. Bentuk baru ini sudah terasa jauh lebih dinamis serta energik dikarenakan didukung oleh generasi muda serta ditata oleh sebuah koreografer yang sangat kreatif.
  • Gerak Imitatif adalah gerakan tari yg dilakukan sebagai sebuah hasil dari eksplorasi gerak yang terdapat didalam alam selain dari gerak manusia.
  • Gerak Imajinatif ialah gerak rekayasa manusia didalam membentuk sebuah tarian. gerak ini sudah terdiri dari gerakan maknawi serta gerak murni.
  • Gerak maknawi yakni gerak tari yang sangat mengandung arti ataupun memiliki maksud yang tertentu.
  • Gerak murni ialah gerak yang tak mengdung arti, tapi masih mengadung sebuah unsur keindahan.

Unsur Utama dalam Seni Tari

Sebuah gerakan tidak dapat dikatakan sebagai sebuah tarian apabila tak memenuhi 3 unsur. Apabila salah satu saja dari pada unsur tersebut tak ada, maka gerakan itu tidak dapat dikatakan suatu tari. Apa sajakah dari unsur itu?

  • Wiraga : yakni suatu tarian yang mengharuskan menampakkan gerakan pada badan, baik itu pada posisi duduk atau berdiri.
  • Wirama : yakni suatu seni tari yang harus mempunyai unsur irama yang bisa menyatukan dari gerakan badan dan musik pengiringnya, baik dari pada segi tempo ataupun iramanya.
  • Wirasa : yakni suatu Wirasa yakni tarian yang mampu untuk menyampaikan suatu perasaan, pesan yang melalui gerakan suatu tarian serta ekspresi dari penarinya.

Jenis Gerak Tari

gerak dasar tari beserta gambarnya

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis dari gerak tari, yaitu sebagai berikut:

1. Gerak murni

Gerakan tari yang bertujuan semata sebagai fungsi estetis sehingganya hanya agar memperindah suatu tarian tanpa adanya maksud untuk melambangkan sesuatu. Contohnya yakni gerakan yang memutar-mutarkan pergelangan kaki serta menghentakkan kaki tanpa adanya maksud tertentu, ataupun gerakan menggulung selendang saat akhir tarian, dan lain sebagainya.

2. Gerak maknawi

Gerak tari yang selain dari fungsi estetis, pula lebih mengedepankan maksud ataupun lambang tertentu dari pada sesuatu yang ingin disampaikan kepada penonton tarian. Misalnya saja didalam tari Merak ada gerakan yang melebarkan selendang sambil untuk bergerak untuk mengelilingi panggung yang dapat menggambarkan dari gerak-gerik burung merak, dan lain sebagainya.

Bentuk Gerak Tari Berdasarkan Jumlah Penari

berdasarkan jumlah penari , gerak tari itu dibagi menjadi 3 bagian, yakni gerak tunggal, gerak berpasangan, serta gerak kelompok. Maka simaklah penelasan yang ada dibawah ini:

Gerak Tunggal

gerak dasar tari kaki

Gerak Tunggal adalah gerakan tari yang dibawakan oleh seseorang penari, baik itu putra ataupun putri didalam membawakan tari seseorang diri, penari yang harus jauh lebih berani, lebih percaya diri, dan juga harus bisa menguasai gerakan tari yang akan ditampilkan.

Gerak Berpasangan

sebutkan teknik gerak dasar tari tradisional

Gerak Berpasangan biasanya itu dibawakan dua orang penari, yakni seseorang penari putra serta seseorang penari putri , ataupun bisa pula berpasangan putra putri serta putra putra.

Gerak kelompok

makalah gerak dasar tari

Gerak kelompok dibawakan tiga orang penari ataupun lebih, didalam melakukan sebuah gerak kelompok, setiap dari penari tak boleh menonjolkan dirinya sendiri dikarenakan terikat aturan yang ada .

Gerak dasar tari

Gerak dasar tari itu dibagi menjadi sebuah gerakan tangan, kaki, kepala, serta badan. Untuk lebih jelasnya, mari simaklah ulasan yang di bawah ini :

Gerak dasar tangan

gerak dasar tari bali
  • Nyekiting merupakan pertemuan ibu jari pada jari tengah yang membentuk lingkaran, jari yang lainnya melengkung
  • Ngrayung merupakan Ibu jari yang ditekuk sampai di depan sebuah telapak tangan serta jari yang lain itu lurus.
  • Ngruji ialah ibu jari yang menekuk sampai dapat menempel di depan dari telapak tangan, jari yang lainnya lurus ke atas serta merapat.
  • Nyempurit ialah Ibu jari yang bertemu jari telunjuk jari yang lainnya menekuk yang berurutan.
  • Ngrekoto yakni ibujari yang ditekuk didepan telapak tangan serta jari telunjuk yang menekuk ke bawah sehingganya saling berhadapan tetapi tak menempel serta jari yang lainnya lurus serta merapat.
  • Baya mangap yakni membuka ke samping serta jari yang lainnya lurus merapat.
  • Nggregem ialah Ibu jari yang membuka kesamping serta menekuk sedangkan jari yang lainnya menggregem ataupun mengepal.
  • Ranggah menjangan yakni kedua tangan yang melakukan baya mangap serta diletakan di atas bahunya.
  • Kambeng yakni Kedua tangan itu melakukan nggregem lalu diangkat ke depan dada, lalu siku membentuk sebuah sudut 90 derajat.

Gerakan dasar kaki

gerak dasar tari jawa
  • Debeg ialah meletakkan kaki kanan pada bagian belakang kepada pertengahan kaki kiri ataupun sebaliknya dan menghentakkan ujung kaki ke samping.
  • Gejug ialah menyilangkan kaki kanan ke arah belakang lalu kaki kiri ataupun sebaliknya dan juga menghentakan kaki ke arah belakang.
  • Tanjak kanan ialah meletakkan kaki kanan lalu mengarah ke serong kanan serta kaki kiri kiri yang mengarah serong kiri, jarak diantara kedua kaki yang selebar bahu.
  • Tanjak kiri ialah kaki kiri serong kiri serta kaki kanan yang serong kanan, jarak diantara kedua kaki yang selebar bahu.
  • Mendak yakni kedua kaki yang dibuka agak lebar lalu ditekuk, badannya tetap tegak atau seperti kuda-kuda.

Gerakan dasar kepala

amatilah ragam gerak dasar tari yang terdapat di daerah
  • Ulong langi yakni kepala bergerak ke arah kanan lalu ke kiri dengan cepat leher tak ikut bergerak.
  • Banteng ngambul yakni mengerakakan kepala ke arah belakang.
  • Pacak jonggo yakni menggerakan kepala menggunakan dagu yang sudah terangkat ke kiri, tengah, serta ke kanan.
  • Toleh kanan yakni menolehkan kepala ke arah kanan (dagu yang digerakkan dahulu yang kemudian kepala).
  • Toleh kiri yakni menolehkan kepala ke arah kiri ( dagu yang digerakkan yang terlebih dahulu yang kemudian kepala).
  • Gedeg yakni menggerakan kepala ke arah kanan lalu ke kiri 4x hitungan.

Gerak dasar badan

tempat tinggalmu
  • Obah bahu yakni menggerakan bahu ke arah depan serta belakang.
  • Hoyog yakni badan yang sudah dicondongkan ke arah kanan ataupun ke kiri.
  • Ogek lambung yakni menggerakkan perut tanpa menggunakan pinggang yang sudah bat ikut bergerak, dan bahu ikut pula bergerak.

Selesai sudah pembahas kali ini tentang Gerak Dasar Tari semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran Senibudaya dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: