Globalisasi Adalah

Posted on
Globalisasi Adalah

Artikel makalah tentang Globalisasi Adalah secara umum, meliputi dari, dampak, ciri-ciri, klarifikasi, sejarah, metode, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa itu Globalisasi,,, hal ini merupakan salah satu metode yang dapat kemajuan dan yang dapat memanfaat kan perkembangan tekhnologi pada persoalan sehinga dengan mudah untuk memecahan masalah, tentang sebauh kejadian yang teleh terjadi dalam waktu yang sudah lama maka dengan globalisasilah persoalan itu akan mudah terpecahkan pada hkehidupan menusia yang dapat di lakukan dengan cepat.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

Definisi Globalisasi

Globalisasi adalah salah satu penyebaran budaya yang berpengaruh di seluruh dunia sehingga globalisasi identik dengan istilah desa yang bersifat global atau global village dengan batas-batas nasional tentang kemajuan teknologi dalam bidang komunikasi.

Dengan demikian Globalisasi dapat di katakan sebagai perbatasan nasional dengan berbagai negara sehingga sarana transportasi akan mudah dilakukan dengan menggunakan alat komunikasi dengan jaringan internet.

Maka Globalisasi dari di artikan antara lain:

  • Pengertian Globalisasi secara umum adalah salah satu proses yang mendunia yang tidak memiliki sebagai ikatan yang baik oleh Negara atau pada batasan wilayah sehingga akan terhubung untuk saling menukar informasi dengan kabar yang sesuai dengan kapanpun elektronik.
  • Pengertian Globalisasi secara bahasa adalah salah satu proses yang mampu mendunia yang di sebabkan Negara tidak terluakan karena dengan mudah berkomunikasi dengan berbagai negara sehingga semua persoalan dapat melalkukan penukaran informasi secara langsung.

Maka munculnya globalisasi akan di dukung dengan adanya beragam tekhnologi yang terdapat dari berbagai negara yang dapat membantu perkembangan hidup manusia.

Baca Juga: Pengertian Peribahasa

Ciri Ciri Globalisasi

Dari ulasan yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa ciri dari globalisasi diantaranya:

A. Konsep Jarak

Ciri yang terdapat pada globalisasi sebagai perubahan konsep jarak dengan ruang dan Waktu hal ini meruoakan dukungan dengan adanya teknologi berupa televisi, internet dan smartphone sehingga dalam melakukan komunikasi akan dilakukan secara cepat.

Maka dengan adanya globalisasi akan mudah mendapatkan informasi-informasi dari dunia akan di dapat secara langsung oleh seseorang yang dapat mengembangkan kemajuan dalam bidang transportasi.

B. Ekonomi Perdagangan

Ciri Dalam Bidang Ekonomi dan Perdagangan hal ini merupakan salah satu proses yang disebabkan adanya pertumbuhan ekonomi secara internasional dengan organisasi yang menaungi antar perdagangan dalam kelasa dunia.

C. Interkasi Kultural

Ciri Dalam Peningkatan Interkasi Kultural hal ini merupakan salah satu proses dari televisi dengan beberapa media yang lainnya sehingga manusia akan mudah mendapat pengetahuan tentang keanekaragaman dari berbagai negara.

D. Masalah Bersama

Ciri dalam Meningkatnya Masalah Bersama hal ini adalah salah satu proses yang di timbukjan dalam suatu negara yang akan menjadikan permasalahan bersama atau dalam kelasa internasional sehingga permasalahan akan mudah terjadi pada suatu negara.

Baca Juga: Pengertian Bahasa

Dampak Globalisasi

Seteleh mengetahui dari pengertiannya dan beberapa ciri-ciri yang terdapat pada globalisasi maka kami juga akan memberikan beberapa dampak dari berbagai sektor yang terdapat pada masyarakat.

Berikut dampak globaslisasi diantaranya adalah:

1. Dampak Positif

  • Kemajuan dari berbagai bidang teknologi, transportasi , informasi dan komunikasi yang dapat memudahkan aktifitas manusia.
  • Kehidupan sosial dengan perkembangan ekonomi yang semakin meningkat
  • Dapat memperoleh informasi dengan pengetahuan secara cepat

1. Dampak Negatif

  • Banyaknya penyelundupan barang yang ilegal yang di larang oleh negara terlarang
  • Kerusakan lingkungan akan mudah meningkatnya
  • Terdapat kebudayaan yang bersifat gotong royong dalam berbagai hal.

Kemudian dapat di kembangakan juga sebagai dampak, diantaranya:

1. Dampak Dalam Bidang Politik

Dampak Dalam Bidang Politik hal ini adalah sebagai perjalanan globalisasi dengan adanya pemikiran dari berbagai negara yang akan menjadi lebih terbuka untuk mencapai sistem konstitusi yang lebih baik.

Dengan adanya sistem ini maka negara dan lembaga-lembaga negara akan mudah berubah menjadi lebih baik dalam menyelesaikan beberapa permasalahan pada lembaga tersebut.

Namun, globalisasi juga memiliki kekuatan politik dengan faktor dari kebiasaan dengan kebijakan yang tidak jujur.

Baca Juga: Pengertian Ekosistem

2. Dampak Dalam Bidang Ekonomi

Dampak Dalam Bidang Ekonomi hal ini adalah salah satu bentuk dalam pemenuhan barang yang akan dibutuhkan oleh masyarakat menjadi lebih mudah sehinga barang-barang yakan dengan mudah memasuki negara yang berpotensi menjangkau pasar asing.

Maka Dampak Dalam Bidang Ekonomi ini akan terjadi dengan keberadaan globalisasi yang didukung oleh keberadaan teknologi yang semakin berkembang sehingga persoalan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sejarah Globalisasi

Sejarah terbentuknya globalisasi pada abad ke 25 masehi dan sekarang dapat berkembang di setiap neara karena telah di bentuk perdagangan antar negara.

Globalisasi Ini terjadi sekitar 1000 dan 1500 Masehi yang ditandai dengan perdagangan yang bersifat globalisasi sehinga dapat membentuk jaringan perdagangan ke penjuru dunia.

Karakteristik Globalisasi

Dari beberapa ulasan di atsa di sini juga kami akan memberikan beberapa macam bentuk dari karakteristik dari Globalisasi itu sendiri.

Berikut beberapa bentuk dari karakteristiknya adalah :

  • Meningkatnya masalah bersama hal ini dapat di sebabkan dengan adanya penyebaran virus dari berbagai penyakit dengan orang-orang migrasi tentang kejahatan internasional.
  • Meningkatnya interaksi pada negara hal ini dapat di sebabkan dengan melalui dari berbagai media massa yang terdapat di internet.
  • Tingkat ketergantungan yang tinggi pada Negara hal ini di sebabkan dengan adanya pasar bebas dalam produksi ekonomi dengan kegiatan yang dilaksanakan secara global untuk mendorong lahirnya organisasi perdagangan internasional.
  • Perubahan adanya ruang dan waktu hal ini di sebabkan terjadinya batasan teritorial dari negara yang semakin memudar dengan adanya migrasi penduduk.

Nah itu lah sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang pengertian globalisasi dan beberapa dampak dan ciri cirinya, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Simbiosis