Hewan Herbivora – Ciri, Contoh, Nama, Gambar, Penjelasan, & Makanan

Posted on

Hewan Herbivora – Herbivora merupakan salah satu pengelompokan hewan berdasarkan dari jenis makananya. Hewan yang termasuk dalam golongan herbivora yaitu adalah golongab hewan yang makanan utamanya adalah rumput. Lebih lengkapnya simaklah pembahasan kami mengenai materi Hewan Herbivora mulai dari Pengertian, Ciri, Contoh, Nama, Gambar, Penjelasan, dan Makanannya di bawah ini.

Hewan Herbivora

Hewan Herbivora

Herbivora merupakan salah satu pengelompokan hewan berdasarkan dari jenis makananya. Hewan yang termasuk dalam golongan herbivora yaitu adalah golongab hewan yang makanan utamanya adalah rumput. Maka selain hewan yang memakan rumput tidak termasuk sebagai golongan hewan herbivora.

Ciri-ciri Hewan Herbivora

Untuk kita agar bisa membedakan hewan yang termasuk jenis herbivora atau bukan, kita bisa melihat ciri-cirinya berikut ini :

  • Rerumputan menjadi makanan utama dari hewan jenis herbivora.
  • Berkembang biak secara vivipar (beranak).
  • Kebanyakan hewan yang termasuk dalam hewan herbivora adalah hewan mamalia atau hewan menyusui.
  • Hidup secara berkelompok.
  • Sebagian dari hewan herbivora hidup di darat, karena sumber makan mereka berada di darat.
  • Golongan hewan yang berdarah panas
  • Mempunyai gigi geraham yang lebar.
  • Kebanyakan hewan herbivora yaitu berkaki empat.
  • Termasuk golongan hewan yang memiliki tulang belakang.

Contoh Hewan Herbivora Dan penjelasannya

Berikut ini adalah beberapa hewan herbivora beserta nama ilmiahnya, penjelasan dan juga gambar :

Sapi

Hewan yang memiliki nama ilmiah Bos taurus ini adalah hewan yang tergolong sebagai hewan ternak yang sangat menjadi salah satu dari kebutuhan hidup manusia mulai dari dagingnya hingga susunya.

Sapi merupakan hewan pemakan tumbuhan yang gemar memakan rumput dan dedaunan. Oleh karena hewan yang satu ini memiliki pencernaan sistem yang baik dan sangat canggih yang memudahkan dalam mencerna berbagai macam rerumputan yang keras.

Kuda

Hewan yang memiliki nama ilmiah Equus caballus ini adalah jenis hewan yang cukup berperan penting dalam kehidupan manusia sejak dari bertahun-ahun yang lalu. Hewan yang satu ini tergolong dalam hewan yang cukup kuat karena mampu membantu manusia dalam mengangkut barang dan lainnya.

Jerapah

Hewan yang memmiliki nama ilmiah Giraffa Camelopardalis adalah hewan endemik Afrika yang berkuku genap. Hewan yang satu ini memiliki gelar sebagai hewan pemakan tumbuhan paling tinggi di dunia, ketinggiannya mencapai 5,5 meter dan beratnya 1365 kg. Ukuran jerapah jantan lebih besar dari ukuran jerapah betina, lehernya yang tinggi memudahkan jerapa memakan dedaunan dan tumbuh-tumbuhan dari pohon yang tinggi pula

Tapir

Hewan yang memiliki nama ilmiah Tapirus ini adalah hewan pemakan tumbuhan yang saat ini termasuk dalam golongan hewan yang langka, karena semakin menyusutnya habitat hewan yang satu ini. Makanan utama dari tapir adalah dedaunan muda yang diambil dengan menggunakan lidahnya serta buah-buahan seperti semangka, nangka dan durian.

Gajah

Hewan yang memili nama ilmiah Elephas maximus ini tergolong hewan yang cerdas dan bertubuh besar. Hewan ini banyak tersebar dari wilayah Afrika , Asia Selatan hingga Asia Tenggara, gajah memiliki belalai yang digunakannya sebagai alat untuk mengambil makanan.

Biasanya, gajah Afrika makanannya tunas sedangkan gajah Asia adalah hewan pemakan rumput. hewan ini dapat mengonsumsi makanan hingga 160 kg dan 40 L air dalam satu hari.

Rusa

Hewan yang memiliki nama ilmiah Cervidae ini adalah merupakan hewan yang dikenal sebagai hewan yang bisa berlari dengan cepat dan baik karena memiliki kaki yang panjang. Selain itu rusa juga memiliki kemampuan dalam berenang dengan sangat baik dan bisa melompat dengan tinggi. Hewan pemakan tumbuhan ini memiliki tekstur gigi gerham yang rapat sehingga memudahkan untuk mencerna makanan.

Badak

Badak adalah hewan yang termasuk dalam famili Rhinocerotidae yang berasal dari wilayah Asia dan Afrika. Hewan herbivora yang satu ini ternyata masuk dalam kategori langka, yang buas, karena ia kerap sering menyerang manusia.

Badak memiliki ukuran yang terbilang besar dengan bobot hingga mencapai 1 ton. Ciri hewan ini memiliki cula serta  mempunyai indra penciuman dan pendengaran yang cukup tajam. Hewan yg satu ini bisa berumur sampai dengan 40 tahun.

Zebra

Zebra merupakan binatang dari famili kuda yang tubuhnya berbelang-belang hitam dan putih. Zebra salah satu hewan yang berhabitat di Negara Afrika Selatan, Afrika Timur, dan Afrika Barat, Selain menjadi salah satu ciri Ternyata warna belang belang yang ada pada zebra ini memiliki fungsi tersendiri yakni untuk mengelabui para peredator yang akan memangsanya.

Zebra termasuk dalam kategori hewan pemakan tumbuhan atau herbivora kerena ia suka makan rerumputan, dedaunan, ranting dan semak bahkan memakan kulit kayu.

Kerbau

Hewan yang memiliki  nama latin Bubalus bubalis memiliki bobot tubuh yang sangat cukup fantastisait yaitu memiliki bobot mencapai 600 kg bahkan lebih. hewan mamalia satu ini biasa dijadikan sebagai hewan ternak, terutama diwilayah Asia.

Kerbau juga biasanya memakan rereumputan, dedaunan dan bahkan jerami. Yang menarik dari kerbau tersebut yaitu hampir dari bagian diri kerbau bisa dimanfaatkan,seperti kulitnya bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan sepatu, wayang hingga helm sepeda motor.

Kambing

Hewan yang memiliki nama ilmiah Capra aegagrus hircus ini sudah mulai di budidayakan oleh manusia sejak 9000 thun yang lalu. Didalam alam luar atau alam bebas, hewan yang satu ini biasanya hidup berkelompok mulai dari 7 hingga 20 ekor dalam satu kelompok. Kambing ialah hewan yang sanggup memakan apapun, tetapi makan yang utama atau makanan yang paling ia sukai adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

Domba

Hewan yang memiliki nama latin Ovis aries ini seringkali membuat orang kebingungan dalam membedakan antara domba dan kambing. Domba atau biri-biri dikenal sebagai hewan ternak yang memiliki bulu yang tebal untuk di ambil bulunya, apalagi dagingnya yang sangat enak . Layaknya hewan herbivora lainnya, domba ini juga suka menyantap rerumputan, dedaunan dan jerami untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan nutrisinya.

Kelinci

Hewan yang memiliki nama latin Oryctolagus Cuniculus adalah hewan mamalia dari famili Leporidae. Hewan ini sangat mudah kita jumpai di tempat-tempat mana saja. Habitat kelinci awalnya adalah di Afrika dan di Eropa, kemudian ditemukan sepesies kelinci sumatera pada tahun 1972.

Burung Merpati

Hewan yang memiliki nama ilmiah Columbidae ini tergolong dalam hewan pemakan tumbuhan karena merpati tersebut gemar mengkonsumsi berbagai jenis jagung, beras, dan kacang-kacangan. Burung merpati termasuk dalam famili Columbidae yang berasal dari ordo Columbiformes. 

Burung yang memiliki paruh ramping dan pendek serta berbadan gempal dengan leher yang tidak panjang, kerap suka membangun sarangnya dari ranting-ranting dan diletakan di atas pepohonan yang rimbun supaya selamat dari hal yang tidak diinginkan.

Anoa

Hewan yang memiliki nama ilmiah Bubalus quarlesi merupakan salah satu hewan yang terdaftar dalam kategori hewan langka dan terancam punah di dunia. Saat ini anoa diperkiran hanya ada 5000 ekor saja yang masih ada di sekitar kita. Anoa adalah hewan langka yang menjadi sasaran untuk diburu oleh manusia untuk di ambil berbagai macam dari bagian tubuhnya, mulai dari dagingnya, kulitnyan, bahkan tanduknya.

Hewan sangat menyukai buah-buahan yang sudah jatuh dari pohonya, rumput, pakis, dan juga umbi-umbian.

Kangguru

Kangguru atau ama ilmiahnya adalah Macropodidae. Binatang ini memiliki empat jenis sepesies yang berbeda dengan antara satu dengan yang lain, yaitu : Kangooro Merah, Kangoroo Grey Barat, Kangoro Antilopin, dan Kangoro Grey Timur. Binatang pemakan tumbuhan ini habitat aslinya yaitu dari Negara Australia.

Yang menarik dari hewan herbivora yang satu ini adalah dapat meniru dan dapat mengenali sebuah bayangan, bentuk dan berbagai warna.

Demikianlah pembahasan kami mengebai Hewan Herbivora. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :