Hewan Karnivora – Pengertian, Ciri, Contoh, dan Gambar

Posted on

Hewan Karnivora – Kata Karnivora adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu caro: daging, vorare: makanan. Hewan karnivora merupakan hewan yang memakan daging. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Hewan Karnivora mulai dari Pengertian Hewan Karnivora, Ciri Ciri Hewan Karnivora, Contoh Hewan Karnivora, dan Contoh di bawah ini.

Hewan Karnivora

Pengertian Karnivora

Kata Karnivora adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu caro: daging, vorare: makanan. Hewan karnivora merupakan hewan yang memakan daging. Dalam beberapa study, hewan karnivora juga di identikkan sebagai kelompok hewan yang memiliki kemampuan dalam memangsa hewan yang menjadi makanannya. Dengan kata lain, hewan karnivora merupakan hewan yang di golongkan sebagai hewan buas. Meskipun tidak semua hewan karnivora itu buas, bahkan ada yang di pelihara dan di sukai karena tidak berbahaya yaitu kucing.

Sebagian besar hewan karnivora berkembang biak secara beranak atau melahirkan. Sebagian kecil hewan karnivora juga berkembang biak secara bertelur seperti buaya dan ular.

Biasanya hewan karnivora memiliki kuku yang tajam pada kaki dan tangannya serta memiliki taring yang tajam. Selain itu, hewan karnivora juga memiliki kemampuan yang bisa digunakan dalam berburu mangsa.  Misalnya cheetah, harimau, dan singa yang mana mereka memiliki kemampuan dalam mengintai dari kejauhan dan mampu berlari sangat cepat.

Ciri Ciri Hewan Karnivora

Setiap hewan memiliki karakteristiknya sendiri, baik dari jenis makanannya, habitatnya, cara berkembang biaknya dan lain sebagainya. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri ciri hewan karnivora yakni sebagai berikut :

  1. Makanan utamanya daging.
  2. Sebagian hewan karnivora masuk kedalam hewan menyusui atau mamalia.
  3. Memiliki kemampuan dalam berburu mangsa.
  4. Sebagian besar hewan karnivora memiliki tulang belakang (vertebrata).
  5. Sebagian besar nya hidup di darat.
  6. Memiliki gerakan yang cepat
  7. Penglihatan dan pendengarannya tajam
  8. Termasuk kedalam hewan buas, meskipun ada juga yang tidak (seperti kucing).
  9. Memiliki kuku dan taring yang tajam, berguna untuk mengoyak ngoyak daging mangsanya.

Contoh Hewan Karnivora

Berikut ini merupakan beberapa hewan karnivora baik yang hidup di darat, air, maupun yang hidup di air dan darat :

Harimau

Harimau

Harimau merupakan hewan pemakan daging yang tergolong dalam hewan mamalia (Menyusui) yang memiliki tulang belakang dan berdarah panas. Harimau merupakan spesies kucing terbesar dari jenisnya, bahkan melebihi ukuran singa. Selain itu harimau juga termasuk kucing tercepat setelah saudaranya, cheetah.

Biasanya mereka memburu mangsa dengan ukuran badan agak besar. Seperti kerbau, kijang, domba, zebra, babi dan jenis hewan mamalia yang lain. Apabila hariamu tidak menemukan hewan hewan tersebut, maka hewan karnivora ini akan mencari mangsa yang lebih kecil seperti landak dan sejenisnya.

Elang

elang

Elang merupakan salah satu satu hewan yang hidup dan berkembang biak di suluruh Indonesia. Elang merupakan spesies burung pemangsa yang berasal dari suku accipitridae dari genus Aquila. Selain itu burung elang termasuk dalam kelompok hewan yang berdarah panas, dan hewan yang berkembang secara bertelur (ovipar).

Hewan ini menjadi salah satu hewan pemangsa, mangsa atau makanan utama mereka yaitu hewan mamalia yang berukuran kecil. Seperti tikus, tupai, kadal, ikan dan selain mamalia mereka juga memakan sejenis serangga. Sebagian besar elang hidup di darat, namun ada juga sebagian kecil yang hidup di daerah perairan.

Ikan Hiu

Ikan Hiu

Ikan hiu merupakan sekelompok ikan yang mempunyai kerangka tulang lengkap dan memiliki bentuk tubuh ramping. Hewan yang satu ini merupakan hewan karnivorayang hidup di dalam air. Binatang ini bernafas dengan mengunakan lima liang insang bahkan kadang-kadang dengan enam sampai tujuh insang. Hal itu tergantung pada jenis spesies hiu itu sendiri.

Binatang ini memiliki tubuh yang dilapisi kulit demal denticles untuk melindungi tubuhnya dari kerusakan dan untuk menambah dinamika air. Hiu biasanya memiliki deret gigi yang bisa digantikan. Sebagian besar jenis hiu menjadi ikan pemangsa yang ganas.

Buaya

Buaya

Buaya, selain binatang yang pemakan daging buaya juga termasuk anggota hewan reptile. Hewan ini memiliki habitat utama di air tawar, danau, rawa dan lahan yang lembab. Meskipun ada sebagian kecil jenis buaya yang hidup di daerah perairan air payau / danau.

hewan ini juga termasuk dalam golongan hewan yang berkembang biak secara bertelur dan beranak (ovovivipar). Makanan utama dari hewan ini adalah hewan-hewan vertebrata (memiliki tulang belakang). Kadang-kadang hewan ini juga memakan jenis reptile, mamalia, moluska, dan krustasea.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Hewan Karnivora. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

5.0
02