Hewan Omnivora – Ciri, Contoh, Nama, Gambar, Penjelasan, dan Makanan

Posted on

Hewan Omnivora – Omnivora merupakan sebutan dari golongan hewan yang memakan tumbuh tumbuhan dan daging atau hewan lain. Omnivora adalah kombinasi antara hewan herbivora dan karnivora. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai materi Hewan Omnivora mulai dari Pengertian, Ciri, Contoh, Nama, Gambar, Penjelasan, dan Makanannya di bawah ini.

Hewan Omnivora

Pengertian Hewan Omnivora

Omnivora merupakan sebutan dari golongan hewan yang memakan tumbuh tumbuhan dan daging atau hewan lain. Omnivora adalah kombinasi antara hewan herbivora dan karnivora. Hewan omnivora ada yang berasal dari darat dan juga ada yang dari air. Kebanyakan hewan omnivora tidak buas seperti hewan karnivora meskipun sama sama memakan daging. Hewan omnivora memakan daging dari binatang yang lebih kecil dan tidak menjadi makanan utama.

Ciri Ciri Hewan Omnivora

Agar kita bisa membedakan jenis hewan yang berdasarkan dari jenis makanannya, maka perlu kalian ketahui hewan karnivora memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Memakannya tumbuh tumbuhan dan daging.
  2. Memiliki pencernaan yang kompleks
  3. Memiliki gigi yang tajam pada bagian depan
  4. Memiliki gigi yang datar pada bagian belakang
  5. Sebagian besar bukan merupakan Hewan yang menyusui (Mamalia) dan sebagian yang lain adalah yang menyusui (Mamalia)
  6. Berkembang biak secara bertelur namun ada juga sebagian yang beranak.

Contoh Hewan Omnivora dan Penjelasannya

Lalu apa saja hewan yang termasuk Omnivora? Nah, berikut ini adalah contoh hewan Omnivora beserta penjelasannya lengkapnya, yaitu :

1. Gorila

Gorila

Salah satu hewan omnivora yang termasuk dalam kategori hewan mamalia ini merupakan hewan jenis primata yang bertubuh besar dibandingkan jenis primata lainnya. Gorila biasanya memakan tumbuh tumbuhan, terkadang juga memakan hewani seperti seranggadan sejenisnya. Selain itum gorila adalah hewan yang memiliki DNA layaknya manusia setelah simpanse yaitu 97- 98%. Kemiripan DNA tersebut bisa dilihat dari struktur tubuh yang bertubuh tegak, dan memiliki tangan dan juga kaki yang memiliki  fungsi layaknya tubuh manusia dan juga intelegensinya yang dinilai cukup tinggi.

2. Babi

Babi

Hewan yang memiliki nama ilham Sus ini memiliki bentuk hidung menjadi ciri khas yakni besar dengan telinga yang lebar. Babi adalah hewan jenis omnivora yang memakan tumbuh tumbuhan seperti rumput dan serangga. Babi dikatakan memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi dibanding anjing dan kucing.

3. Burung Flaminggo

Burung Flaminggo

Hewan yang memiliki nama ilmiah Phoenicopterusewan merupakan Burung cantik yan memiliki bulu yang berwarna kemerahan dan memiliki kaki jenjang dan paruh yang unik sehingga terlihat eksotik apabila berkerumun dengan kelompoknya. Burung flaminggo ini memakan alga biru maupun alga hijau dan udang. Udang dan alga ini menjadi makanan utama yang kaya nutrisi untuk burung flaminggo. Bentuk paruh burung flaminggo berfungsi dalam menyaring makanannya. Warna tubuh mereka yang kemerahan merupakan efek dari tingginya beta karotin yang mereka konsumsi. Karena udang dan alga memiliki kandungan betakarotin yang terbilang tinggi.

4. Lumba lumba

Lumba lumba

Lumba lumba adalah hewan yang hidup di air yang juga dikenal bersahabat dengan manusia. Hewan imut dan cerdas ini adalah mamalia laut yang termasuk jenis omnivora. Lumba lumba memakan cumi cumi, ikan kecil, plankton, dan lainnnya. Lumba lumba memiliki sonar sistem yang berfungsi untuk berkomunikasi dan melihat keberadaan benda benda yang ada disekitarnya.

5. Beruang hitam

Beruang hitam

Hewan yang memiliki nama ilmiah Ursus thibetanus ini memiliki tubuh yang sama besarnya dengan jenis beruang coklat. Beruang hitam kebanyakan hidup di dalam hutan. Hewan ini termasuk tergolong dalam jenis hewan omnivora karena memakan buah buahan, akar dan juga mamalia kecil, ikan, serangga, dan sejenisnya.

6. Monyet

Monyet

Monyet juga merupakan hewan omnivorayang tergolong hewan mamalia atau hewan yang menyusui. Monyet juga merupakan hewan omnivora yang memakan berbagai jenis sayuran, buah buahan, kacang kacangan, hewan kecil, maupun serangga. Monyet memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan dan memiliki ekor yang panjang.

7. Simpanse

Simpanse

Hewan yang memiliki nama genus Pan ini adalah hewan berbulu yang memakan tumbuh tumbuhan seperti buah buahan, biji bijian, bunga dari pohon, serangga seperti semut, dan lainnya. Simpanse adalah keluarga dari Hominidae seperti gorila dan orang utan. Simpanse biasanya mempunyai kelompok sosial yang hierarki dalam komunitasnya yang terdiri dari multi jantan dan multi betina.

8. Anjing Hutan

Anjing hutan

Hewan yang memiliki nama ilmiah Cuon alpinus ini termasuk hewan omnivora karena memakan buah buahan, rumput, carrio, dan juga memakan hewan yang lebih kecil darinya seperti kelinci, berang berang, tupai, serangga, burung, dan hewan sejenisnya. Anjing hutan adalah hewan yang cukup buas apabila dirinya merasa terancam, namun biasanya dia lebih menyerang makhluk hidup yang lebih kecil darinya.

9. Orang utan

orang utan

Hewan yang memiliki nama ilmiah Pongo ini adalah hewan omnivora yang identik dengan bulunya yang coklat kemerahan dan memiliki lengan panjang. Orang utan biasanya makan makanan seperti tumbuh tumbuhan dan juga serangga. Meskipun orang utan pada umumnya hanya memakan tumbuh tumbuhan seperti dedauanan, buah buahan, madu, nektar, jamur dan lainnya. Orang utan juga tidak perlu turun dari pohon untuk mencari minum, karena mereka biasanya mereka minum dari lubang lubang pada pohon yang terkumpul air dari air hujan.

10. Ayam

Ayam

Hewan yang memili nama ilmiah Gallus gallus domesticus ini merupakan omnivora yang termasuk kedalam jenis unggas. Ayam ini pasti sering kita temui di sekitar lingkungan kita karena hewan yangsatu ini juga termasuk hewan yang banyak di ternak di lingkungan sekitar kita. Terlebih lagi di daerah perkampungan akan mudah kita melihat hewan yang satu ini berkeliaran.

Ayam bisanya memakan beras atau padi yang merupakan tumbuhan, serta memakan daging seperti serangga atau hewan lain yang memiliki daging. Maka dari itulah ayam termasuk ke dalam hewan omnivora.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Hewan Omnivora. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :