Hukum Mendel

Posted on
Hukum-Mendel

Artikel makalah membahas tentang Hukum Mendel melipuri dari pengertian, percobaan, pewarisan hukum mendel, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa Hukum Mendel itu,,, Hal ini merupakan salah satu perumusan dalam ilmu matematika dan fisika dan sering juga di pakai dalam pelajaran biologi, sehingga hal ini juga  pada kromosom dalam tulang manusia pada persilangan dalam hukum mendel, Nah bagi anda yang masih bingung lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Hukum Mendel

Hukum mendel adalah salah satu yang dapat menjelaskan dari berbagai prinsip-prinsip pewarisan dalam budaya sehinga akan di jadikan ahli hukum dalam asfek bidang biologi pada eksperimen tanaman.

Maka Hukum Mendel sebagai hasil percobaan pada persimpangan tanaman dan hipotesis Mendel pada transmisi materi genetik dari induk berdasarkan percobaan dari faktor-faktor yang menentukan sifat organisme.

Baca Juga: Tabel Periodik

Percobaan Mendel

Dalam sebuah Percobaan akan terdapat dengan memiliki bentuk dan karakteristik sebagai jenis atau warna maka hal ini dapat diwarisi oleh setiap keturunan organisme.

Dengan demikianhal ini disebut sebagai fitur keturunan dari fitur-fitur yang akan diturunkan dengan melakukan penelitian dari berbagai mekanisme kehidupan.

Maka dalam penelitian mendel dapat membuat hipotesis adalah sebagai berikut:

  • Setiap makhluk hidup akan dikendalikan oleh sepasang faktor genetik dengan faktor yang disebut gen pada pertemuan dari berbagai faktor-faktornya.
  • Setiap pasangan faktor dapat menunjukkan sifat alternatif dari pasangan alternatif sebagai pasangan Alel sehingga dari berbagai jenis faktor akan ditampilkan sebagai tangkai yang tinggi.
  • Dalam pembentukan Gemet sel kelamin maka masing-masing pasangan akan terpisah disebut sebagai dengan prinsip segregasi dalam pemisahan.
  • Perkawinan dapat menggabungan dua sel gamet jantan dan betina yang akan mengembalikan keadaan diopoid pada keturunan yang berbeda sebagai dengan prinsip kawin gratis.
Hukum-mendel

Baca Juga: Interferensi Cahaya

Pewarisan Hukum Mendel

Pewarisan dalam adalah suatu yang mengenai sifat pada dalam organisme yang dijabarkan dalam karyanya percobaan di antaranya adalah:

  • Pemisahan dikenal sebagai sifat yang pertama dalam melakukan organisme pemisahan.
  • Hukum bermacam-macam independen dikenal sebagai sifat yang Kedua
  • Sebagai pemisahan yang bebas dengan menyatakan dalam pembentukan gamet antara dua gen yang merupakan dari pasangan yang terpisah dan masing-masing gamet akan menerima gen dari organisme nya.

Secara umum hal ini juga dapat mencakup tiga hal adalah :

  • Gen memiliki bentuk alternatif yang mengatur dari beberapa variasi dengan karakter yang berbeda.
  • Setiap individu akan membawa sepasang gen dari induk jantan dan satu dari induk betina.
  • Apabila sepasang gen berbeda maka dominan diekspresikan sebagai tetap dalam gamet yang terbentuk.

Hal ini telah menyatakan bahwa warisan dari pasangan fitur akan terdapat dengan independen dari pasangan yang memiliki dua atau lebih pasangan organisme.

Maka dari pasangan gen alami yang berbeda tidak saling mempengaruhi setiap sifat organisme yang hidup dan akan dikendalikan oleh sepasang “faktor dari keturunan”.

Mendel belum menggunakan istilah “gen” adalah:

  • Setiap pasangan dari keturunan akan menunjukkan bentuk secara alternatif disebut sebagai pasangan ALELA.
  • Salah satu pasangan Alela akan dominan dan menutup Alela resesif ketika mereka bersama.
  • Dalam pembentukan “gamet” akan terbelah pada setiap gamet dengan menerima salah satu faktor-faktor yang dikenal sebagai MENDEL SEPARATION.
  • INDIVIDU yang MURNI memiliki dua alel yang samayang akan diberi simbol huruf besar
  • GENOTIP sebagai komposisi dari turun temurun yang terlihat secara fisik dalam pembentukan mendel organisme
  • Fenotip sebagai sifat yang terlihat dalam setiap keturunan.
  • Untuk hibrida atau polyhibrid dengan pasangan yang memiliki mendel dari organisme.

Nah sobat demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai ulasan tentang Hukum Mendel disertai pengertian dan proses terjadinya hukum mendel, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat unutk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Rumus Rubik 3×3