Hukum Pascal

Posted on
Hukum Pascal

Artikel makalah tentang Hukum Pascal dan penerapannya meliputi dari pengertian, rumus, manfaat, sejarah, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Hukum Pascal merupakan salah satu hukum dengan menyatakan suatu tekanan yang akan dilakukan pada zat cair dengan ruang yang tertutup sehinga akan diteruskan pada arah yang sama besar.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Apa Itu Hukum Pascal

Hukum Pascal adalah salah satu bentuk perumusan dengan hukum fisika karena telah menjelaskan tentang tekanan yang memberikan fluida pada statis dengan ruang yang tertutup sehingga dapat juga diteruskan dengan sebuah arah tekanan yang sama rata.

Hal ini juga memiliki sebauh bahwa tekanan dengan besaran pada setiap tempat acuan atau prinsip sehingga dapat mencakup dan dirumuskan dengan baik tentang aplikasi nya.

Baca Juga: Persamaan Kuadrat

Rumus Hukum Pascal

PA = PB dan F1 = F2

Jika :

F1 – A1 = F2 – A2 jika F1 = A1 – A2 x F2 maka F1 = (D1 – D2)2 x = F2

Keterangan Simbol

F1 – F2 = adalah sebuah gaya pada permukaan A dengan permukaan B Newton – N

A1 – A2 = adalah sebuah permukaan yang luas dari A dengan permukaan B pada persegi – m2

D1 – D2 = adalah sebuah Diameter dari permukaan A dengan permukaan B dengan cakupan meter – m

Manfaat Hukum Pascal

Dari beberapa ulasan di atas terkadang memiliki dari berbagai manfaat tentang kehidupan sehari-hari dengan penerapan yang sangat memudahkan untuk kegiatan.

Berikut beberapa manfaat tentang hukum Pascal adalah sebagai berikut:

  • Dapat memudahkan suatu kegiatan manusia dengan membuat rangkuman yang lebih ringan agar saling berhubungan pada benda-benda yang berat.
  • Dapat Melancarkan suatu kegiatan dengan industri yang ada.
  • Dapat melakukan aplikasi dengan teknologi pada kebutuhan.
  • Dapat menggunakan nya dengan terus dikembangkan pada kehidupan.

Baca Juga: Perkalian Pecahan

Sejarah Hukum Pascal

Hukum Pascal telah terdapat dan ditemukan oleh salah satu seorang ilmuwan yang mendalami ilmu matematikan dan fisika yang berasal dari negara Perancis adalah “Blaise Pascal” pada tahun 1623 telah sampailah saat sekarang ini.

Maka Ilmuwan tersebut telah menyatakan bahwa tekanan pada permukaan fluida akan diteruskan pada jumlah arah fluida nya.

Penerapan Hukum Pascal

Sebenarnya penerapan yang terjadi pada hukum Pascal tersebut akan memberikan dampak dan penerapan bagaimana cara kerja sehingga mampu untuk melakukan terhadap perbedaan benda besar dan berat benda.

Berikut beberapa penerapan hukum diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mesin Hidrolik merupakan salah satu penerapan dengan melakukan dalam mengangkat mobil atau menggunakan alat lainnya.
  • Pompa sepeda hal ini merupakan salah satu penerapan dengan pompa sepeda dan membutuhkan tenaga yang sangat kuat sehingga roda akan mudah terisi.
  • Mesin pengepres hal ini merupakan salah satu bentuk dari penerapan untuk mendapatkan suatu ukuran yang akan disimpan dengan mudah.

Baca Juga: Bilangan Bulat

Contoh Soal Hukum Pascal

Dari beberapa ulasan yang telah kami paparkan di atas maka di sini juga terdapat beberapa gambaran tentang contoh hukum Pascal dalam bentuk soal adalah sebagai berikut:

Contoh 1

Sebuah alat yang di sebut sebagai hidrolik atau pengangkat pada mobil dengan memiliki perbandingan luas dan besar sehingga dapat dibandingkan menjadai 1:5 maka alat ini akan digunakan untuk mengangkat dengan beratnya 5000 maka tentukan berapa gaya dalam mengangkat mobil tersebut.

Diketahui

A1 = 1- A2 = 5- F2 = 5000

Ditanya: F1

Jawab

Dalam gaya yang akan dikelurkan dengan mengangkat sebuah mobil akan memerlukan tekanan dengan berat adalah 5000 ataupun dengan 1000.

Contoh 2

Ada sebuah mobil dengan memiliki berat 7.000 dengan memperbaiki bagian bawahnya sedangkan mobil tersebut akan diangkat dengan alat pengangkat mobil dengan gaya 200. maka hitunglah berapa luas dengan penampangan piston pada 5. dengan besaran piston adalah.

Diketahui

A1 = 5 – 5 x 10 x m2

F1 = 7.000

F2 = 200

Ditanyakan

A2 = ………

Jawaban

F1 : A1 – F2 = A2 N

Sedangkan A2 = F2 : F1 – A2 N

A2 = 7.000 : 200) -5 = N  

Maka luas penampang piston nya sebesar 0,2 piston

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tentang Hukum Pascal dan beberapa rumus dan penerapan serta sejarah nya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Persamaan Garis Singgung Lingkaran