Interferensi Cahaya

Posted on
Interferensi Cahaya

Artikel makalah membahas tentang Interferensi Cahaya pada cela ganda dan cela yang tipis, pengertian, cincin newton, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa Interferensi Cahaya itu,,, Hal ini merupakan sebuah gangguan cahaya yang terjadi pada dua sinar sehingga dapat dihubungkan dengan memeriksa gelombang yang memiliki perbedaan fase yang tetap tetap. maka dalam hal ini juga terdapat dua gelombang cahaya berbeda dalam fase 180o.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Interferensi Cahaya

Interferensi cahaya adalah salah satu kombinasi dari dua gelombang cahaya sehingga memiliki gangguan cahaya diamati dengan jelas dari kedua gelombang denga frekuensi atau fase yang padat.

Interferensi Cahaya terdapat dua hasil gangguan dengan jelas ketika kedua gelombang dapat saling mengganggu dengan meningkat kan pengaruh dari timbal balikdari garis-garis yang diamati.

Ketika gelombang cahaya saling melemahkan maka dapat menghancurkan beberapa garis denganperistiwa pada gangguan cahaya yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Maka dalam hal ini juga terdapat dua kondisi pada Interferensi Cahaya adalah sebagai berikut:

  • Pada gelombang harus memiliki cahaya dengan perbedaan dari fasa yang memiliki frekuensi secara bersamaan.
  • Pada gelombang harus memiliki cahaya yang dapat di pantulkan secara bersamaan.

Baca Juga: Bilangan Prima

Interferensi Cahaya Ganda

Interferensi Cahaya Ganda dapat dilakukan oleh Fresnel yang didasari pada perbedaan dari berbagai gelombang cahaya yang dihasilkan sehinga akan mendapatkan gelombang cahaya yang dengan menjatuhkan cahaya dari sumber pada celah yang sempit.

Sebagai menerima gelombang cahaya yang memantulkan cahaya dari satu sumber ke dua cermin yang datar pada sudut hampir 180 °, sehingga diperoleh dua warna dengan sumber cahaya yang dipantulkan dari cermin.

Interferensi Cahaya

Cincin Newton

Cincin Newton adalah pola interferensi pada membubaran udara tipis dalam bentuk lingkaran garis gelap dan cahaya yang terpusat sehingga akan terletak di antara permukaan optik.

Cincin Newton dapat muncul dalam film tipis udara antara kaca bidang-sejajar dan lensa plano-cembung yang diterangi oleh cahaya paralel monokromatik yang tegak lurus dengan bagian atas kaca yang sejajar.

Cincin Newton dapat dibuat oleh interferensi cahaya dengan dipantulkan dari permukaan cembung lensa oleh cahaya yang menembus pada lapisan udara.

Cincin-netwok

Perhatikan gambar di atas

Jika r sebagai jari-jari urutan lingkaran, R adalah jari-jari kelengkungan permukaan lensa, n adalah urutan lingkaran, dan λ adalah panjang gelombang cahaya yang digunakan, maka hubungan jari-jari dengan gangguan yang Panjang dengan gelombang cahaya.

rumus-ifk

Interferensi Minimum

Interferensi Minimum akan terjadi ketika dua gelombang bertemu dan menguatkan dari kedua gelombang yang tidak bertemu dan saling mengangkat pada gangguan yang akan terjadi.

Jarak pusat garis terang adalah:

Jarak-garis-1

Angka n adalah angka ordinal atau gelap dengan ukuran n = 1, 2, 3 Untuk n = 1 sebagai urutan minimum 1.

Diberi = p / l

Maka persamaan tersebut adalah:

Jarak-garis2

Di mana p adalah jarak gelap ke-n dari pusat terang maka dalam interferensi celah ganda akan di atur pada dua garis terang yang berurutan dengan dua garis gelap.

Dengan persamaan nya adalah:

Jarak-garis3

Untuk dua garis terang atau dua garis gelap berturut-turut akan dikatakan sebagai jarak antara dua garis terang dengan persamaannya:

Jarak-garis4

Baca Juga: Rumus Impuls

Interferensi Lapisan Tipis

Interferensi Lapisan Tipis adalah sebagai salah satu gangguan cahaya yang muncul pada garis-garis yang berwarna sehingga akan terdapat pada lapisan minyak yang tipis pada permukaan air.

Maka akan menimbulkan warna-warna yang terlihat pada gelembung sabun yang mendapat sinar matahari pada warna pada CD yang akan dipengaruhi oleh dua faktor pada perubahan fase cahaya yang dipantulkan.

Kaca-cd

Dari Gambar sinar yang di hasilkan dari sinar monokromatik yang menyerang permukaan lempeng tipis dan akan dipantulkan dari permukaan batas lempeng dan udara.

Sinar yang di hasilkan dari pantulan CD akan datang dengan sudut pada lapisan tipis dengan ketebalan dan indeks bias sehingga sinar dengan sudut refraksi pada faktor gangguan yang ditentukan.

  • Kondisi untuk gangguan maksimal (cahaya)
Kondisi-untuk-gangguan
  • Persyaratan untuk gangguan minimal (gelap)
persyaratan-untuk-gangguan

Nah demikianlah yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang Interferensi Cahaya dan beberapa jenis dari Interferensi, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Rumus Rubik 3×3