Jantung : Fungsi, Gambar, Cara Kerja, katup dan Penyakit Jantung

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang jantung yaitu meliputi gambar, cara kerja, fungsi serta penyakit jantung. untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini

jantung
jantung

Pengertian Jantung

“Jantung merupakan sebuah rongga organ berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang-ulang”

Darah menyuplai okisgen dan nutrisi ke tubuh, jantung juga membantu menghilangkan sisa metabolisme. Jantung adalah salah satu organ manusia yang memiliki peran pada sistem peredaran darah, ada di rongga dada dan sedikit ke sebelah kiri.

Jantung manusia memiliki ukuran sekitar kepalan tangan, dan terbagi menjadi empat bagian yaitu

  1. serambi kanan
  2. Serambi kiri
  3. bilik kanan
  4. Bilik kiri.

Tiap ruangan jantung dipisahkan oleh lapisan dinding septum.

Gambar Jantung

gambar jantung
gambar jantung

Fungsi Jantung Berdasarkan Bagiannya

Tiap bagian dari anatomi jantung memiliki fungsinya masing-masing. Berikut adalah penjelasannya secara lebih mendetail.

Serambi kanan

Berfungsi menerima darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh.

Dalam serambi kanan ada darah kotor. Darah kotor yaitu darah yang miskin oksigen, memasuki serambi kanan melewati vena cava superior dan inferior. Dari serambi kanan, darah dipompa menuju bilik kanan. Pada jantung janin, ada lubang di serambi kanan untuk darah mengalir secara langsung ke serambi kiri.

Bilik kanan

Berfungsi memompa darah yang kaya akan karbon dioksida ke paru-paru.

Bilik kanan yaitu bagian yang bertanggung jawab memompa darah kotor ke paru-paru agar karbon dioksida bisa ditukar dengan oksigen melalui proses pernapasan. Bilik berada di bawah serambi kanan dan di samping bilik kiri.

Serambi kiri

Berfungsi menerima darah yang kaya oksigen dari paru-paru.

Bagian ini memiliki tanggung jawab menerima darah bersih dari paru-paru. Darah bersih yaitu darah yang mengandung oksigen. Darah bersih masuk ke serambi kiri meleewati pembuluh balik atau vena pulmonalis. Darah ini lalu dipompakan ke bilik kiri melalui katup mitral.

Bilik kiri

Berfungsi memompa darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh

Bilik kiri jantung ada di bawah serambi kiri dan dipisahkan dengan katup mitral. Bilik kiri adalah bagian jantung yang paling tebal dan memiliki tugas memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Kondisi tekanan darah tinggi dapat menyebabkan otot bilik kiri membesar dan mengeras

Katup Jantung

Dalam memastikan alur aliran darah, ada katup-katup yang mampu membuka dan menutup. Semua katup itu bertugas menjaga darah mengalir ke arah yang benar. ada empat katup pada jantung, yaitu:

  1. Katup mitral, ada di antara serambi kiri dan bilik kiri. Katup mitral normalnya mempunyai dua daun katup, maka disebut juga katup bikuspid.
  2. Katup aorta, ada di antara bilik kiri dan aorta atau batang nadi.
  3. Katup trikuspid, ada di antara serambi kanan dan bilik kanan, dan mempunyai tiga daun katup.
  4. Katup pulmonalis, ada di antara bilik kanan dan arteri pulmonalis

Cara kerja jantung

Tugas jantung pada proses memompa dan menyuplai darah ke seluruh tubuh tidaklah sederhana, berikut adalah gamnar dan  penjabaran nya

cara kerja jantung
cara kerja jantung

Saat jantung berdenyut, ruang jantung mengendur dan terisi oleh darah (disebut diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi dan bilik mengendur serta berkontraksi secara bersamaan. Darah kotor dari tubuh mengalir melalui dua vena berbesar menuju ke dalam atrium kanan.

Atrium kanan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis. Darah dari ventrikel kanan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis ke paru-paru. Darah mengalir melalui pembuluh kapiler yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbondioksida dan selanjutnya dialirkan kembali ke jantung.

Darah yang kaya akan oksigen mengalir dalam vena pulmonalis menuju ke atrium sinistra. Darah dalam atrium sinistra didorong ke ventrikel sinistra melalui katup mitral, lalu selanjutnya memompa darah bersih melewati katup aorta masuk ke dalam arteri terbesar dalam tubuh.

Darah kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. dan sebagainya.

Penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik. Hal ini meliputi:

Otot jantung yang lemah. Hal ini merupakan kelainan bawaan sejak lahir. Otot jantung lemah membuat penderita tidak mampu melakukan aktivitas yang berlebihan, karena pemaksaan kerja jantung yang berlebihan bisa menimbulkan rasa sakit di bagian dada, dan seringkali mampu menyebabkan tubuh menjadi tampak kebiru-biruan. Penderita lemah otot jantung mudah pingsan.

Adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri, disebabkan tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi ketika penderita masih dalam kandungan. Hal ini menjadi sebab darah bersih dan darah kotor tercampur.

Penyakit ini juga membuat penderita tak mampu melakukan aktivitas yang berat, aktivitas yang berat hampir bisa dipastikan membuat tubuh penderita menjadi biru dan sesak napas, walaupun tidak menyebabkan rasa sakit di dada. Ada pula variasi dari penyakit ini, yakni penderitanya benar-benar hanya mempunyai satu buah serambi.

Demikianlah penjelasan tentang jantung, Semoga bermanfaat

Artikel lainya :