Jaring-Jaring Makanan – Pengertian, Fungsi, dan Contoh

Posted on

Jaring-Jaring Makanan – Jaring-Jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah Materi Jaring-Jaring Makanan mulai dari Pengertian Jaringan-Jaringan, Fungsi Jari-Jaring Makanan, dan Contoh Jaring-Jaring Makanan di bawah ini.

Jaring jaring makanan

Pengertian jaring-jaring makanan

Jaring-Jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi. jaring-jaring makanan ini sedikit berbeda dengan rantai makanan. Lalu, apa yang membedakan jaring-jaring makanan dengan rantai makanan? Organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan memiliki beberapa jenis oragnisme yang bisa dipilih menjadi makanannya.

Sedangkan, rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya mempunyai satu pilihan makanan saja. Meskipun tersedia beberapa, namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.

Fungsi Jaring-Jaring Makanan

Jaring-jaring makanan di dalam ekosistem memiliki banayak fungsi dan juga kegunaan yaitu untuk menggambarkan interaksi langsung antar spesies yang ada pada ekosistem itu sendiri, sehingga hubungan antar spesies bisa dibedakan mana yang termasuk dalam spesies basal , spesies peralihan, dan mana yang menjadi spesies predator puncak. Selain itu jaring-jaring makanan tersebut juga berfungsi sebagai penyederhana dalam memahami hubungan antar spesies dan berfungsi dalam mempelajari kontrol bawah ke atas maupun kontrol atas ke bawah dalam suatu struktur komunitas.

Contoh Jaring-Jaring Makanan

Berikut ini adalah contoh dari jaring makanan yang ada di alam, yaitu di danau, laut dan sawah, berikut penjelasannya :

1. Jaring Makanan (Danau)

Jaring-Jaring Danau

  • Fitoplankton ~> zooplankton ~> Ikan kecil ~> Burung pemakan ikan ~> Pengurai Fitoplankton ~> Zooplankton ~> Ikan kecil ~> Ikan besar ~> Pengurai
  • Fitoplankton~> Zooplankton~> Ikan kecil~> Ikan besar~> Burung pemakan ikan~> Pengurai
  • Tanaman Hidrylla~> Siput~> Burung pemakan ikan~> Pengurai
  • Tanaman enceng gondok~> Siput~> Burung pemakan ikan~> Pengurai
  • Tanaman enceng gondok~> Ulat~> Burung~> Penguarai

2. Jaring-Jaring Makanan (Laut)

Jaring Makanan Ekosistem laut

Berdasarkan contoh di atas, bisa diambil kesimpulan sederhana bahwa dari tiga belas mahluk hidup yang ada dalam sebuah jaring-jaring makanan terdapat delapan rantai makanan berbeda. Pada setiap rantai makanan, paus biru dan paus pembunuh menjadi mahluk hidup yang menjadi konsumen puncak.

Selian lain, rumput laut dan phytoplankton menjadi produsen pada jaring-jaring makanan tersebut. Di bawah ini adalah kesimpulan yang bisa diambil dari contoh di atas.

  • Organisme yang masuk ke dalam siklus jaring-jaring makanan tidak harus terlibat dalam seluruh rantai makanan yang terjadi.
  • Jaring-jaring makanan tersebut dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan produsen utamanya, yakni adalah phytoplankton dan rumput laut.
  • Pada siklus makanan dengan produsen phytoplankton, zooplankton dan udang menjadi konsumen tingkat 1. Ikan kecil sebagai konsumen tingkat 2, burung camar dan anjing laut menjadi konsumen tingkat 4, paus biru dan paus pembunuh menjadi konsumen tingkat akhir.
  • Pada jaring-jaring makanan dengan produsen rumput laut, kepiting menjadi konsumen tingkat 1, gurita jadi konsumen  tingkat 2, pinguin dan gajah laut sebagai konsumen 3, anjing laut konsumen tingkat 4, dan paus pembunuh sebagai konsumen tingkat akhir
  • Konsumen seperti anjing laut, paus pembunuh, dan ikan kecil memiliki beberapa pilihan organisme untuk dimakan.

3. Jaring-Jaring Makanan (Sawah)

Jaring makanan ekosistem sawah

Tidak hanya di laut dan danau, Jaring-jaring makanan juga terjadi di ekosistem sawah yaitu, seperti berikut :

  • Pohon~> Burung Gereja~> Burung Elang Pohon~> Jangkrik~> Burung Pipit~>Burung Elang.
  • Rumput ~> Jangkrik~> Tikus~> Burung Elang.
  • Rumput~> Jangkrik~> Tikus~> Ular~> Burung Elang.
  • Rumput~> Tikus~> Burung Elang.
  • Pohon~> Jangkrik~> Tikus~> Burung Elang.
  • Pohon~> Jangkrik~> Tikus ~>Ular~> Burung Elang.
  • RumputZ~> Jangkrik~> Burung Pipit~> Burung Elang.
  • Rumput~> Tikus~> Ular~> Burung Elang.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Jaring-Jaring Makanan. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :