Jenis-Jenis Akar Beserta Contoh dan Gambar [Lengkap]

Posted on

Jenis-Jenis Akar Beserta Contoh dan Gambar – Akar merupakan salah satu bagian dari tumbuhan dan biasanya akar tumbuh atau berada di dalam tanah. Akar sendiri memiliki warna yang pada umumnya berwarna putih atau kuning. Untuk lebih jelasnya kami akan membahas materi Jenis-Jenis Akar Beserta Contoh dan Gambar. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Jenis-Jenis Akar

Pengertian Akar

Akar merupakan salah satu bagian dari tumbuhan dan biasanya akar tumbuh atau berada di dalam tanah. Akar sendiri memiliki warna yang pada umumnya berwarna putih atau kuning. Adapun bentuk akar pada tumbuhan sebagian besar bentuknya meruncing pada bagian ujungnya. Bentuk runcing yang terdapat pada akar tersebut dapat memudahkan akar untuk menembus tanah.

Selain itu, Akar juga adalah organ tumbuhan yang mempunyai fungsi utama yakni menghisap air dan garam mineral dari dalam tanah yang kemudian airr dan mineral tersebut digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh. Akar memiliki struktur luar yang terdiri dari daerah pertumbuhan akar, tudung akar, dan juga bulu akar.

Jenis-Jenis Akar

Akar Tunggang dan Akar Serabut

Berikut ini merupakan jenis-jenis akar, diantaranya ;

1. Akar Serabut

Jenis Akar serabut ini terdapat pada sebuah tumbuhan monokotil. Tapi tumbuhan dikotil juga bisa memilikinya (tumbuhan dikotil ini dikembang biakkan dengan 2 cara yakni cangkok atau dengan stek). Fungsi utama dari akar serabut yakni untuk memperkokoh berdirinya suatu tumbuhan.

Contoh Tanaman Berakar Serabut :

  • Pohon kelapa (Cocos nucifera)
  • Pepaya (Carica papaya)
  • Jagung (Zea mays)
  • Pinang (Areca catechu)
  • Bawang
  • Dll…

2. Akar Tunggang

Jenis Akar Tunggang ini biasanya terdapat pada tumbuhan dikotil. Akar tunggang memiliki fungsi utama yakni sebagai penyimpan suatu makanan.

Contoh Tumbuhan Berakar Tunggang :

  • Kacang hijau (Phaseolus radiatus)
  • Kacang tanah (Arachis hypogea)
  • Asam jawa (Tamarindus indica)
  • Putri malu (Mimosa pudica)
  • Durian (Durio zibetinus)
  • Dll…

Jenis-Jenis akar lainnya yakni akar adventif seperti berikut :

Akar Tunjang

Akar Tunjang, yakni akar yang tumbuhnya dari bagian akar bawah ke segala arah. Akar ini seolah-olah menunjang atau memperkokoh batang. Contohnya seperti akar pada pohon pandan dan pohon bakau.

Akar Gantung

Akar Gantung, Akar ini tumbuh di bagian batang tumbuhan di atas tanah. Akar ini menggantung dan tumbuh ke bawah yakni ke arah tanah. Contohnya seperti akar pada pohon beringin.

Akar Napas

Akar Napas, yakni akar yang tumbuhnya tegak lurus ke atas sehingga timbul dari permukaan tanah atau air. Adapun akar napas ini terdapat pada tumbuhan darat dan tumbuhan air. Akar napas mempunyai banyak celah untuk jalan masuk udara. Contohnya seperti akar pada pohon kayu api.

Akar Pelekat

Akar pelekat, yakni akar yang tumbuhnya disepanjang batang yang gunanya untuk menempel pada kayu, tembok atau tumbuhan lain. Akar ini hanya terdapat pada tumbuhan yang memanjat, contohnya seperti pada tumbuhan lada dan sirih.

Akar Semu

Akar semu ini berbeda dengan yang lain karena organ atau suatu jaringan yang secara anatomi tidak dianggap sebagai akar namun memiliki manfaat yang serupa dengan akar maka dinamakan sebagai akar semu. Istilah tersebut disematkan pada individu yang tidak termasuk ke golongan tumbuhan berpembuluh akan tetapi dapat melekat pada berbagai objek tertentu dengan menggunakan alat yang fungsinya serupa dengan akar, yaitu seperti melekat, menjangkar, serta menyerap garam mineral.

 

Demikianlah pembahasan kami mengenai Jenis-Jenis Akar Beserta Contohnya, Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :