Jenis-Jenis Kenakalan Remaja – Pengertian, Faktor, Dampak Dan Solusi

Posted on

Jenis-Jenis Kenakalan Remaja – Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar aturan diantaranya suka berkelahi, penyalahgunaan narkotika. Agar lebih jelas kami kan membahasnya secara lengkap mulai dari Pengertian, Jenis-Jenis, Faktor penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Kenakalan Remaja. Jadi, Simaklah ulasannya di bawah ini.

Kenakalan Remaja

Pengertian Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja adalah perbuatan yang melanggar aturan, Hukum atau norma dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa kanak-kanak menuju dewasa atau memasuki usia 10-12 tahun dan berakhir pada usia 18- 22 tahun.

Kenakalan remaja ini merupakan perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh para remaja. Dan perilaku semacam ini dapat merugikan dirinya sendiri serta orang lain.

Jenis-Jenis Kenakalan Remaja

Menurut Sunarwiyati S (1985)  kenakalan remaja ini di bagi menjadi 3, yakni :

Kenakalan biasa

Contohnya: Membolos sekolah, suka berkelahi, suka keluyuran,  pergi rumah tanpa pamit dan sebagainya.

Kenakalan yang menjurus pada pelanggaran dan kejahatan,

Contohnya : Seperti mengendarai sepera motor tanpa SIM, mengambil barang orang tanpa ijin atau mencuri

Kenakalan khusus,

Contohnya : Hubungan seks diluar nikah, pemerkosaan dan lain sebagainya dan Seperti penyalahgunaan narkotika.

Faktor Penyebab Kenakalan Remaja

  • Faktor Internal

Krisis Identitas

Perubahan sosiologis maupun biologis pada remaja yang memungkinkan dimana akan terjadinya dua bentuk integrasi. Yang pertama terbentuknya perasaan akan konsistensi di dalam kehidupannya.lalu ke dua, tercapainya identitas peran. Kenakalan remaja ini bisa terjadi karena gagal mencapai di masa integrasi yang kedua.

Kontrol Diri Yang Lemah

Remaja yang tidak dapat mengerti dan tidak bisa membedakan tingkah laku yang baik dengan yang tidak baik  dapat terseret pada perilaku “nakal” Tapi bagi para remaja yang sudah mengetahui suatu perbedaan kedua tingkah laku tadi, tetapi tidak dapat mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

  • Faktor Eksternal

Kenakalan remaja bisa terjadi karena faktor ekternal seperti keluarga yang kurang harmonis maupun juga perceraian orangtua, Kurangnya komunikasi antar anggota keluarga atau perselisihan diantara anggota keluarga juga dapat memicu perilaku negatif pada remaja.

Akibat pendidikan yang salah pada keluarga, Misalnya:  Tidak memberikan pendidikan agama, Terlalu memanjakan anak, maupun juga penolakan terhadap eksistensi anak, juga bisa menyebabkan terjadinya kenakalan remaja.

Dampak Kenakalan Remaja

  • Akan menghancurkan masa depan dirinya sendiri. Kenakalan remaja yang sudah dianggap biasa seperti misalnya mencuri makanan, jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan dan berkembang menjadi mencuri barang-barang yang lain. Apalagi bila si pelaku mendapat pujian atau tantangan dari teman – temannya, maka pelaku akan semakin tertantang dan merasa hebat akibatnya barang yang dicuripun akan meningkat baik kuantiti maupun nilainya. Jika remaja mencoba obat-obatan terlarang, selain dapat merusak fisik akan rusak juga mentalnya.
  • Remaja yang telah melanggar hukum atau norma sosial biasanya akan dijauhi oleh orang-orang disekitarnya karena khawatir remaja tersebut akan membawa pengaruh yang baik bagi hidup orang tersebut dan bagi orang terdekatnya.
  • Karena dijauhi, maka akan tumbuh perilaku anti sosial atau tidak bersosialisasi dan akan berpengaruh pada gangguan mental .
  • Karena sering melakuakan pelanggaran pada norma sosial, lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan sehingga perilaku buruk tersebut menjadi tabiatnya sehari-hari.
  • Dampak kenakalan remaja juga dapat menjadi bibit kriminalitas ketika sudah dewasa.
  • Remaja yang hamil diluar nikah sudah pasti masa depan suram ada didepan mata.Karena yang perempuan harus berhenti sekolah dan yang laki-laki harus membiayai hidup anaknya. Sedangkan teman-temannya yang lain sedang asyik-asyiknya bermain, belajar dan mengejar cita-cita.
  • Orang tua pun terkena dampak nya karena Kedua orang tua akan menanggung beban materi atas semua akibat dari kenakalan anaknya. Selain itu orang tua akan menanggung beban moril karena dicemooh oleh teman, saudara dan tetangga karena anaknya melanggar norma sosial.
  • Pihak Sekolah juga akan terkena dampak negatifnya. Karena adanya pelajar yang melakukan kenakalan remaja maka nama sekolah akan tercoreng. Orang-orang akan selalu ingat bahwa sekolah “A”  yang siswanya suka tawuran, atau sekolah “B” yang siswinya hamil diluar nikah karena melakukan sex bebas dan sebagainya.
  • Daerah tempat tinggalnyapun akan terkena juga dampak kenakalan remaja tersebut, Karena setiap orang jika menyebut nama daerah itu akan langsung ingat akan kenakalan yang telah dilakukan pelaku Apalagi bila kenakalan tersebut sudah menjurus ke arah kriminal dan sudah viral.

Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja, diantaranya:

  • Remaja harus mempunyai figur orang dewasa yang telah merasakan remajanya dengan baik .
  • Adanya dukungan secara moril dari saudara guru teman sebaya terutama dari orang tua untuk menjalankan point pertama.
  • Memperbaiki kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif dan nyaman bagi anak remaja, agar anak tersebut selalu tebuka.
  • Remaja harus pintar-pintar memilih teman dan lingkungan pergaulan yang baik dan orang tua memberi arahan dengan siapa remaja harus bergaul.
  • Remaja harus bisa mempertahankan diri agar tidak terpengaruh apabila teman atau komunitas tidak sesuai dengan harapan.

Demikianlah ulasan kami mengenai KENAKALAN REMAJA, Semoga bermanfaat…

Artikel Lainnya :