Kambium – Pengertian, Ciri, Fungsi, Macam, dan Gambar

Posted on

Kambium – Kambium adalah suatu lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif bertanggung jawab serta membelah sekunder aktif pada tumbuhan. Kambium berada pada akar dan batang. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Kambium mulai dari Pengertian Kambium, Ciri Ciri Kambium, Fungsi Kambium, Macam Macam Jenis Kambium, dan Gambar di bawah ini.

Kambium

Pengertian Kambium

Kambium adalah suatu lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif bertanggung jawab serta membelah sekunder aktif pada tumbuhan. Kambium berada pada akar dan batang. Berdasarkan jaringan tetap yang dibentukannya, dikenal dalam 2 kelompok kambium, yaitu kambium gambus dan kambium pembuluhan. Kambium hanya ditemukan pada tumbuhan gymnospermae serta tumbuhan dikotil.

Kambium

Karena tidak adanya kambium pada tumbuhan monokotil maka hal ini menyebabkan batang tumbuhan monokotil tidak bisa tumbuh membesar atau tidak mengalami pertumbuhan menebal sekunder. Bentuk kambium ini berupa lendir yang ada pada kulit dan kayu batang. Pada batang berkayu tersebut, kambium berfungsi sebagai medium atau jalur lintas zat hara yang bergerak dari tanah menuju daun.

Jika secara teoritis, kambium ada satu lapisan sel yang disebut sel awal; praktis, cukup sulit untuk membedakan inisial dari sel anak mereka yang masih berdiferensiasi, dan beberapa lapisan sel secara kolektif disebut kambium, atau zona cambial.

Ciri-Ciri Kambium

Kambium hanya bisa ditemukan pada tumbuhan dikotil dan juga tumbuhan gymnospermae, yang mana aktivitasnya dapat menghasilkan jaringan gabus (cork atau phellem, felem) ke arah luar. Jaringan ini berfungsi mengendalikan masuk dan keluarnya air, untuk mencegah serangan dari hama, dan juga fungsi mekanik yang lain.

Baca Juga :  Tulang Rusuk- Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambar

Fungsi Kambium

Seperti yang telah di bahas  sebelumnya bahwa kambium adalah lapisan jaringan meristemik pada tumbuhan sel-selnya yang aktif bertanggung jawab serta membelah sekunder tumbuhan. Kambium bisa ditemukan pada akar dan batang, Kambium ialah susunan tumbuhan yang bersifat keras. Adapun fungsi kambium pada batang dan daun tumbuhan, diantaranya sebagai berikut :

  • Untuk membentuk xylem dan floem.
  • Untuk mengangkut hasil dari fotosintesis dari daun keseluruh bagian pada tumbuhan.
  • Untuk mengangkut air dari akar ke daun untuk proses fotosintesis.

Macam – Macam Jenis Kambium

 

  1. Kambium primer yaitu adalah jenis kambium yang berada antara floem dan xylem tumbuhan dikotil maupun tumbuhan Gymnospermae.
  2. Kambium sekunder atau kambium gabus adalah jenis kambium yang ada di permukaan batang dan akar yang pecah karena proses pertumbuhan sekunder. Fungsi kambium gabus ini sendiri, ke luar membentuk sel gabus yang menjadi pengganti dari epidermis. Sementara itu kedalam untuk membentuk sel feloderm yang hidup.

Macam jenis kambium

Berdasarkan kemampuan pembentukan jaringan Kambium dibagi menjadi :

  1. Kambium vaskuler : kambium yang ada di dalam berkas pengangkutan . Kambium fasikuler ini bilamana sel selnya kearah dalam membentuk Xilem dan ke arah luar membentuk floem, sedangkan ke samping membentuk jaringan meristematis yang berfungsi memperluas kambium. Pertumbuhan oleh kambium ini disebut pertumbuhan sekunder maksudnya terjadi pembelahan ke arah luar membentuk floem sekunder dan ke arah dalam membentuk xilem sekunder.
  2. Kambium intervaskuler : kambium yang satu ini terdapat di antara 2 berkas pengangkutan/ di luar berkas pengangkutan. Adapun fungsinya yaitu untuk membentuk jari-jari empulur.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Kambium. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

Baca Juga :  Daur Air Kelas 5 : Pengertian, Tahapan, Proses, dan Gambar Ilustrasi
Kambium – Pengertian, Ciri, Fungsi, Macam, dan Gambar
5 (100%) 1 vote[s]