Karakteristik Benua Amerika

Posted on

Karakteristik Benua Amerika – Benua amerika adalah benua yang memiliki dataran seluas berada bagian barat bumi dengan cakupan utara hingga selatan. Wilayah ini  di bagi menjadi 3 bagian.

Karakteristik Benua Amerika

Selain itu benua ini di juluki dengan sebuatan dunia baru. Benua ini memiliki luas ±42.575.526 km2 sehingga menjadi benua kedua terluas setelah benua asia.

Karakteristik Benua Amerika

1. Letak Benua Amerika

Letak astronomi benua ini pada 72oLU – 59oLS dan 163oBB – 360oBB. Dengan batas – batas sebagai berikut :

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan Selat Drake
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik

Adapun beberapa bagian dari benua ini adalah sebagai berikut :

  1. Wilayah Amerika Utara yakni wilayah ini yang memiliki bentangan dari kutub utara hingga selatan yakni dari florida hingga ke samudra atlantik dengan luas ±24.500.000 km².
  2. Wilayah Amerika Tengah yakni wilayah yang memiliki luas ±253.926 km² dengan cakupan seluruh wilayah meksiko.
  3. Wilayah Amerika Selatan yakni wilayah ynag memiliki luas ±17.821.601 km² dengan bentangan dari Terusan Panama hingga Semenanjung Horn di selatan di wilayah Argentina.

2. Bentang Alam Benua Amerika

Wilayah ini terdapat banyak sekali pegunungan tinggi dan rendah hingga dataran rendah.  Adapun bentangan alam di berbagai bagian benua amerika adalah sebagai berikut :

Bagian barat wilayah Benua

Karakteristik Benua Amerika

Bagian ini lebih banyak di penuhi dengan  pegunungan dari alaska hingga amerika selatan.

Pegunungan yang utama

Pegunungan ini bernaman Rocky Mountains yang terletak di wilayah Amerika Utara dan Cordelleras De Los Andes yang berada di wilayah Amerika Selatan.

Adapun gunung yang berada di sekitarnya seperti Pegunungan Alaska Range, Mackenziie Mountains, Coast Mountains dan Sierra Madre Occidental.

Puncak tertinggi

Benua ini memiliki puncak tertingg yakni pada ketinggian sekitar 6.960 meter yang bernaam gunung Aconcaguadi argentina. Pegunungan di wilayah amerika masih terbilang aktif karena masuk dalam  kategori pegunungan Sirkum Pasifik.

Bagian barat

Di bagian barat benua ini memiliki permukaan yang lebih landai yang membentuk dataran dengan pesisir pantai.  Dataran yang sudah populer di benua ini adalah sungani misisipi dan sungai amazone.

Di bagian tengah benua ini (Amerika Tengah)

Di bagian ini terdapat plato, depresi dan tanah genting seperti plato tengahdi pegunungan mesa central.

Depresi Celah Nicaragua

Fenomen ini membuat rangkaian pegunungan yang melinatasi Guatemala, El Savador, dan Nicaragua. Fenomena ini membuat dataran rendah terpisah menjadi 2 bagian yakni Danau Managua dan Nicaragua. Sedangkan terapat tanah genting di daerah panama.

Bagian utara wilayah benua

Bagian ini sebagian besar adalah sebuah cekungan yakni seperti Great Lakes meliputi Danau Superior, Huron, Michigan, Ontario dan Erie.

Sungai-sungai utama

Sungai yang meliputi benua ini adalah sungai Missouri, Mississippi, Sungai Rio Grande, Sungai Colorado, Sungai Hudson, Sungai Amazone, Sungai San Juan, Sungai dan Parana.

Titik terendah di Benua Amerika

Di benua amerika terdapat titik terendah yakni pada Death Valley dengan posisi sekitar 8m meter di bawah permukaan air laut.

3. Iklim Benua Amerika

Karakteristik Benua Amerika
  • Iklim di wilayah Amerika Tengah

Iklim di benua ini tentunya di pengaruhi lingkungan sekitar yakni benua. Adapun beberapa zona yang ada pada wilayah ini seperti suhu panas, sedang, dingin, dan beku.

Suhu beku akan bisa anda jumpai di wilayah  dataran tinggi, selanjutnnya di wilayah karibian terdapat pengaruh iklim yang maritim.

  • Kawasan Kepulaun Karibia dan kawasan Pasifik

Di wilayah ini jika dekat dengan garis khatulistiwa maka curah hujan akan semakin tinggi. Ini sangat di pengaruhi oleh kawasan samudra pasifik.

  • Variasi iklim di wilayah Amerika Selatan

Di wilayah ini lebih di dominasi iklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi maka sering terjadi hujan tropis seperti pada lembah amazon. Adapun beberapa wilayah memiliki iklim musim.

  • Sebagian wilayah selatan

Di daerah ini lebih kering dari daerah lainnya maka curah hujan hanya sampai 500 mm pertahunnya.

4. Sosial Budaya Benua Amerika

  1. Jumlah penduduk Amerika pada tahun 2007 hingga 904 jiwa dengan kepadatan wilayah di amerika selatan.
  2. Agama utama yang di anut di benua amerika adalah katolik roma dan lainnya pemeluk kristen protestan
  3. Bahasa yang digunakan secara resmi yang di gunakan adalah inggris dan perancis, adapun bahasa lain seperti spanyol dan italia.

5. Perekonomian Amerika

Negara ini tergolong maju dengan industri dan perdagangan sebagai penopang utama terutama di amerika utara. Sedangkan di amerika selatan masih tergolong berkembang dengan peternakan, perikana dan tambang.

FAQ

Apa itu benua amerika?

Benua amerika adalah benua yang memiliki dataran seluas berada bagian barat bumi dengan cakupan utara hingga selatan. Wilayah ini  di bagi menjadi 3 bagian.

BACA JUGA