Karakteristik Benua Asia

Posted on

Karakteristik Benua Asia – Apa karakteristik benua asia? Sebelum membahas sampai kesitu maka anda harus mengenal arti benua terlebih dahulu. Benua merupakan darata yang cukup luas di bumi.

Karakteristik Benua Asia

Benua terbentuk dari suatu daratan yang sangat luas yang belum terbagi – bagi dalam gesekan bumi yakni pangea.

Karakteristik Benua Asia

Benua Asia memiliki wilayah dari Eruasia namun bukan dengan Eropa. Benua terbesar di dunia adalah benua Asia, dengan wilayah dan pendudukannya dalam jumlah yang cukup banyak.

Wilayah ini terbagi menjadi beberpa yakni yakni Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Selatan.

1. Letak dan Luas Benua Asia

Luas dari benua ini adalah mencapai 33% dari seluruh permukaan daratan yakni seluas 44.444.100 km, maka dari itu benua ini di sebut benua terluas. Benua ini memiliki letak bagian timur bumi dengan seluruh wilayahnya berada di utara bumi keculai indonesia.

Letak astronomi benua Asia adalah 77o45’ LU sampai dengan 1o15’ LS dan 26o04’BT sampa dengan 169o40’ BB. Adapun batas geografis benua ini adalah sebagai berikut :

  1. Di sebelah utara terdapat samudra artik dan selat bering.
  2. Di sebelah selatan ada samudra hindia.
  3. Di sebelah barat ada pegunungan ural, pegunungan kaukasus, laut kaspia, laut tengah dan laut merah.
  4. Di sebelah timur ada samudra pasifik.

2. Bentang alam Benua Asia

Bentang benua ini meliputi pegunungan, dataran tinggi, lembah, dataran aluvial  dan dataran rendah. Pegunugan tertinggi di dunia juga terletak di benua ini yakni pegunungan himalaya dengan tinggi kurang lebih 4.000 m.

Dibagian timur hingga tenggara adal relief Asia yang makin melandai hingga gurun yang cukup luas yakni gurun gobi.

Karakteristik Benua Asia

Di bagian barat ada sebuah plato – plato. Dibagian tepi barat ada pegunungan ural dan pegunungan lainnya dari bagian utara hingga selatan yang menjadikan perbatasan Benua Asia dan Eropa.

Dataran rendah di negara asia memiliki sungai besar seperti Sungai Yangtze, Tigris dan Eufrat, Ganga, Huang Ho, Irawadi dan Mekong. Kemudian ada titik rendah di laut mati yakni dengan posisi ±395 m di bawah permukaan laut.

3. Iklim Benua Asia

Adapun iklim yang ada di benua asia adalah sebagai berikut :

  1. Wilayah Asia memiliki musim iklim tropis, subtropis dan musim
  2. Wilayah Asia kering  memiliki iklim gurun dan kontinental
  3. Wilayah Asia dingin memiliki iklim arktik dan subarktik
  4. Wilayah Asia tinggi memiliki iklim pegunungan

4. Keadaan Sosial budaya Benua Asia

Agama utama di Asia

Beberapa agama yang ada pada benua ini adalah Hindu (india), Islam (asia tenggara dan asia barat) dan Buddha (myanmar, thailand, sri langka, laos , ciina dan kamboja).

Adapun agama lain seperti Shinto (Jepang), Katolik Roma (Filipina) dan Protestan.

Bahasa yang dipergunakan di Asia

Bahasa yang sering di gunakan di benua asia adalah China, Hindi, Arab, Rusia, Melayu dan bahasa lainnya. bahasa asing yang di miliki wilayah asia di karenakan pengaruh bahasa asing seperti seperti Inggris, Spanyol, dan Portugal.

5. Perekonomian Benua Asia

Perekonomian di benua asia masih tergolong berkembang denga dominasi mata pencaharian pertanian. Hasil dari pertanian dan perkebuna  di benua asia adalah padi, kelapa sawit, karet, kopi,teh, rempahrempah, sayur, dan buah.

Adapun di wilayaha asia mengenai pertambangannya sangat potensial dengan hasil seperti minyak dan gas bumi, timah, dan batu bara. Pertambangan minyak bumi dominan di hasilkan di negara Timur tengah, Indonesia, dan Brunei Darusallam.

Mengenai industri negara ini sudah berkembang cukup pesat seperti di Cina, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura yang masih merintis sehngga dapat julukan negara industri baru.

6. Penduduk

Karakteristik Benua Asia

Penduduk di wilayah asia paling pada adalaha di Republik Rakyat Cina (RRC) dengan jumlah 1302.000.000 penduduk dan di india berjumlah 1.033.000.000 penduduk.

7. Negara Terbesar dan Terkecil

Negara terbesar di benua asia adalah Asiatik Rusia dengan luas1.3119.582 km sedangkan negara terkecil di benua asia adalah Maldives di Samudra Hindia dengan luasnya 300 km.

8. Flora dan Fauna

  • Flora di benua asia memiliki pengaruh besar terhadap iklim, adapun seperti hutan tropis yang ada di daerah tropis yakni asia tenggara dan asia selatan.
  • Fauna yang biasanya di kembang biakan adalah seperti kuda, sapi, kerbau dan unta. Adapaun di wilayah kutub benua asia terdapat hewan seperti rusa, beruang kutub, rubah dan singa laut.

Demikianlah penjelasan mengenai karakteristik benua asia, semoga dapat bermanfaat.

FAQ

Sebutkan salah satu karakteristik benua asia?

Luas dari benua ini adalah mencapai 33% dari seluruh permukaan daratan yakni seluas 44.444.100 km, maka dari itu benua ini di sebut benua terluas.
Benua ini memiliki letak bagian timur bumi dengan seluruh wilayahnya berada di utara bumi keculai indonesia.
Letak astronomi benua Asia adalah 77o45’ LU sampai dengan 1o15’ LS dan 26o04’BT sampa dengan 169o40’ BB.
Adapun batas geografis benua ini adalah sebagai berikut :
1. Di sebelah utara terdapat samudra artik dan selat bering.
2. Di sebelah selatan ada samudra hindia.
3. Di sebelah barat ada pegunungan ural, pegunungan kaukasus, laut kaspia, laut tengah dan laut merah.
4. Di sebelah timur ada samudra pasifik.

BACA JUGA