Kebugaran Jasmani – Pengertian, Konsep, Unsur dan Manfaat

Posted on

Kebugaran Jasmani – Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan tanpa mengalami atau merasakan kelelahan yang berarti masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Kebugaran Jasmani mulai dari Pengertian, Konsep, Unsur-Unsur dan Manfaat Kebugaran Jasmani di bawah ini.

Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatana tanpa mengalami atau merakasan kelelahan yang berarti masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

Klasifikasi kebugaran jasmani menurut organisasi kesehatan di seluruh dunia diartikan sebagai:

  • Sehat, ialah terbebasnya tubuh baik fisik maupun mental dari segala gangguan penyakit.
  • Bugar, ialah bentuk kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari secara maksimal, dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan lain tanpa merasakan kelelahan.

Hakikat Kebugaran Jasmani yakni ialah hal yang diperlukan oleh tubuh untuk mendapatkan kebugaran jasmani. Misalnya seperti saat kita mengantuk maka mata berhak untuk istirahat sejenak.

Konsep Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani bukan hanya menggambarkan kesehatan. Melainkan bagaimana cara mengukur individu melakukan kegiatannya sehari-hari.

Ada 3 hal penting dalam kebugaran jasmani, yakni :

  1. Fisik,yakni hal yang berkaitan dengan otot, tulang, dan bagian lemak.
  2. Fungsi Organ, yakni hal yang berhubungan dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah, dan paru-paru.
  3. Respon Otot, yakni hal yang berhubungan dengan kecepatan, kelenturan, kelemahan, serta kekuatan tubuh.

Kebugaran jasmani yang diperlukan oleh setiap orang tentunya berbeda-beda, tergantung sifat tantangan fisik yang dihadapi.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Di bawah ini adalah unsur-unsur kebugaran jasmani beserta penjelasan atau pengertian dari setiap unsur kebugaran jasmani dan bentuk latihannya, sebagai berikut :

1. Kelincahan

Kelincahan adalah kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan posisi-posisi tubuh seperti dari depan ke belakang, atau dari kanan ke kiri.

Kelincahan sangat dibutuhkan dalam pertandingan sepak bola dan bulu tangkis. Cara latihannya dengan  lari zig-zag dan naik-turun anak tangga.

2. Kekuatan

Kekuatan merupakan kemampuan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban pada saat bekerja. Kekuatan otot bisa didapatkan dengan latihan dengan beban berat dan frekuensi sedikit.

Bentuk latihan kekuatan:

  • squat jump, ini untuk melatih kekuatan otot tungkai dan perut.
  • angkat beban, ini untuk melatih kekuatan otot lengan
  • baak up, ini untuk melatih kekuatan otot perut
  • push up, ini untuk melatih kekuatan otot lengan.
  • sit up, ini untuk melatih kekuatan otot perut.

3. Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan merupakan kemampuan seseorang dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran.

Seperti permainan olahraga memanah, bowling dan sejenisnya. Cara latihan untuk melatih ketepatan yaitu melempar bola pada keranjang dan masih banyak lagi.

4. Daya Tahan

Daya tahan merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan organ tubuhnya seperti jantung dan paru-paru secara efektif dan efisien dalam melakukan segala kegiatannya.

Cara latihan yang manfaatnya dapat meningkatkan daya tahan:

  • lari multistage
  • lari 2,4 km
  • lari 12 menit
  • lari naik turun bukit

5. Koordinasi

Koordinasi adalah kemampuan seseorang dalam menyatukan gerakan tubuh berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif.

Cara latihannya yaitu memantulkan bola ke tembok menggunakan tangan kanan dan menangkapnya kembali menggunakan tangan kiri. Membutuhkan kemampuan gerak insting yang kuat serta konsentrasi yang tinggi.

6. Daya Otot

Daya otot merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang singkat.

Cara latihan yang digunakan:

  • Vertical jump, gunanya melatih daya ledak otot tungkai.
  • Side jump, gunnya melatih daya ledak otot tungkai & paha.
  • Front jump, gunanya melatih kemampuan otot betis & tungkai.

7. Keseimbangan

Keseimbangan adalah kemampuan dalam mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga dapat mengendalikan gerakan tubuh dengan baik.

Olahraga yang mengandalkan keseimbanganu seperti Senam dan loncat indah. Keseimbangan dapat dilatih dengan beberapa macam latihan sikap lilin, berjalan di atas balok kayu, dan sejenisnya.

8. Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu yang singkat.
Bentuk latihan yang dilakukan untuk meningkatkan kecepatan ialah berlari sejauh jarak 50-200 meter.

9. Daya Lentur

Daya lentur lebih melihat kepada efektivitas tubuh manusia dalam menyesuaikan diri dengan gerakan atau kegiatan yang mengandalkan kelenturan tubuh.

Cara latihan yang bisa melatih daya lentur adalah senam, yoga, dan berenang.

10. Reaksi

Reaksi adalah kemampuan dalam menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain.

Cara untuk melatih ketepatan reaksi adalah lempar tangkap bola.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Berikut ini beberapa manfaat yg akan didapat dari kebugaran tubuh.

  1. Akan meningkatkan sirkulasi darah & sistem kerja jantung
  2. Dapat mengurangi risiko obesitas
  3. Dapat mencegah penyakit jantung
  4. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi
  5. Dapat mengatasi depresi
  6. Akan meningkatkan stamina & kakuatan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih energik
  7. Akan memiliki kemampuan pemulihan organ-organ tubuh secara tepat setelah latihan
  8. Akan memiliki respon tubuh yang tepat
  9. Akan terhindar dari osteoporosis (tulang keropos)
  10. Dapat meningkatkan energi
  11. Dapat meningkatkan sistem sirkulasi darah, sistem saraf, & fungsi jantung.
  12. Dapat mempertahankan serta menyelaraskan kondisi tubuh.
  13. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh
  14. Dapat meningkatkan kelentukan persendian
  15. Dapat meningkatkan kekuatan otot dan kecepatan

Demikianalah pembahasan kami mengenai Kebugaran Jasmani. Semoga bermanfaat. Salam Hidup Sehat !

Artikel lainnya  :

5.0
02