Kelebihan dan Kekurangan Java (Bahasa Pemrogaman)

Posted on

Kelebihan dan Kekurangan Java (Bahasa Pemrogaman) – Sebagai bahasa pemrograman yang banyak digunakan dan diaplikasikan pada berbagai macam perangkat lunak, tentunya sudah pasti bahasa pemrograman Java ini mempunyai banyak keunggulan atau kelebihan dibandingkan dengan banyak bahasa pemrograman lain  namun bahasa pemrogaman java juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah Materi Kelebihan dan Kekurangan Java (Bahasa Pemrogaman) di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Java

Kelebihan dan Kekurangan Java

Sebagai bahasa pemrograman yang banyak digunakan dan diaplikasikan pada berbagai macam perangkat lunak, tentunya sudah pasti bahasa pemrograman Java ini mempunyai banyak keunggulan atau kelebihan dibandingkan dengan banyak bahasa pemrograman lain yang beredar di dalam dunia teknologi pengemabangan aplikasi dan perangkat lunak pada komputer.

Namun selain memiliki banyak keunggulan Java ini juga memiliki beberapa kekurangan. Jadi, apa saja kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman berlogo kopi ini? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman Java :

Kelebihan Java :

  1. Mudah Untuk Dikembangkan

Kelebihan dari bahasa pemrograman Java ini yaitu kemudahan dalam hal pengembangan aplikasi. Setiap aplikasi maupun program yang dibuat dengan menggunakan dasar bahasa pemrograman Java mempunyai kemampuan yang sangat baik untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.

Hal ini akan sangat membantu para programmer-progammer dan developer untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan satu aplikasi yang berbasis Java.

  1. Sifatnya multiplatform

Bahasa pemrograman java yang pada saat ini banyak diminati oleh para developer dan programmer adalah Java karena Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, alias universal dan dapat digunakan dalam platform apapun. Hal ini membuat banyak sekali para pengembang aplikasi yang menggunakan basis bahasa pemrograman Java ini untuk membuat aplikasi yang diinginkan oleh progammer tersebut.

  1. Java sangat mendukung programmer dalam beorientasi pada usability.

Keunggulan bahasa pemrograman java yang satu ini sangat berhubungan dengan kemampuan aplikasi – aplikasi yang dibuat dengan menggunakan atau berbasis Java yang mampu bekerja di platform manapun. Hal ini berhubungan dengan usability, atau kegunaan dari suatu aplikasi.

  1. Bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap objek

Selain itu, bahasa pemrograman Java yang satu ini lebih bersifat teknis. Bahasa pemrograman Java adalah salah satu bentuk atau jenis bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap objek. Itu artinya setiap aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman java akan disesuaikan dengan objek atau dapat juga dengan tampilan dan interface dari aplikasi tersebut.

  1. Dinamis

Kelebihan dari bahasa pemrograman Java yang yang lainnya yaitu sifatnya yang dinamis. Sifat dinamis dari bahasa pemrograman Java ini sangat berkaitan dengan kemampuan dari bahasa pemrograman Java yang sangat mudah untuk dikembangkan. Struktur kodenya dapat dengan mudah dimodifikasi dan dikembangkan, sesuai dengan kebutuhan dari user.

Hal inilah yang menjadikan Java menjadi bahasa pemrograman yang sangat dinamis dan sangat bermanfaat bagi para pengembang aplikasi yang ingin terus mengembangkan aplikasinya hingga bermanfaat bagi para usernya/ pengguna.

Kekurangan Java :

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, namun java ini ternyata diidentifikasi mempunyai beberapa kekurangan. Lalu apa saja kekurangan bahasa pemrogaman java ? berikut ini adalah beberapa kekurangan dari bahasa pemrograman Java, diantaranya :

  1. Penggunaan memory yang cukup tinggi

Bahasa pemrograman Java memang banyak sekali menawarka fitur-fitur yang luar baisa, baik itu kemudahan dalam menyusun script, hingga fitur object oriented, yang menjadi salah satu ciri khas dari bahasa pemrograman Java. Namun sayangnya, kelebihan tersebut harus dikompensasi dengan kebutuhan memory yang besar.

Hal ini menjadikan beberapa aplikasi Java membuthkan resource memory yang cukup besar untuk bisa berjalan dengan baik. Begitu pula pada saat seorang developer akan mengembangkan aplikasi Java, developer juga membutuhkan memory yang besar dalam mengembangkan aplikasi ini. Itu berarti developer membutuhkan komputer yang memiliki kapasitas ram yang besar untuk melancarkan develop agar lebih optimal.

  1. Mudah didekompilasi

Istilah dekompilasi ini adalah pengambilan source code. Jadi, Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah mengalami dekompilasi.

Source code dan juga script yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java bisa dengan mudah diambil dan juga dibajak oleh orang lain, sehingga menimbulkan banyak hack dan juga pengcopyan dari aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Java tersebut.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Kelebihan dan Kekurangan Java. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :