Kelebihan dan kekurangan PHP beserta Contoh Program PHP

Posted on

Kelebihan dan kekurangan PHP beserta Contoh Program PHP – PHP merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar syntaxnya serupa dengan bahasa pemrograman C, Java, asp dan Perl, ditambah lagi dengan beberapa fungsi PHP yang spesifik dan mudah untuk dipahami.  Mengenai Kelebihan dan Kekurangan PHP simaklah pembahasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan PHP

Kelebihan dan Kekurangan PHP

PHP adalah singkatan dari “Hypertext Prreprocessor“, PHP merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar syntaxnya serupa dengan bahasa pemrograman C, Java, asp dan Perl, ditambah lagi dengan beberapa fungsi PHP yang spesifik dan mudah untuk dipahami. Sejarah singkat PHP,  mulanya PHP ini adalah kependekan dari Personal Home Page (situs personal) dan PHP ini sendiri pertama kali di buat oleh Rasmus Lerdorf di tahun 1995, dan pada saat PHP masih bernama FI (Form Interpreter), yang wujudnya pertama kali berupa sekumpulan sript yang digunakan untuk mengolah data form dari web Dan kemudian Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP.

PHP (Hypertext Prreprocessor) memiliki banyak sekali kelebihan namun di balik kelebihan yang ddi miliki PHP ini, PHP ini juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan PHP ini akan kami jelaskan di bawah ini :

Kelebihan PHP :

Kami mulai dari kelebihan, banyak sekali kelebihan yang dimiliki PHP dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain, Lalu apa saja kelbihan PHP ? berikut ini adalah kelebihan yang di miliki PHP, diantaranya :

  1. Dapat membuat Web menjadi lebih Dinamis.
  2. PHP sifatnya Open Source yang artinya bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis.
  3. Program yang dibuat dengan PHP dapat digunakna atau dijalankan oleh Semua Sistem Operasi karena PHP berjalan secara Web Base yang berarti semua Sistem Operasi bahkan HP yang memiliki Web Browser bisa menggunakan program PHP.
  4. Aplikasi PHP lebih cepat dan mudah jika dibandingkan dengan ASP dan Java.
  5. Mendukung beberapa paket Database seperti MySQL, Oracle, PostgrSQL, dan lain-lain.
  6. Bahasa pemrograman PHP tidak membutuhkan Kompilasi / Compile dalam penggunaannya.
  7. Banyak Web Server yang mendukung PHP seperti Apache, Lighttpd, IIS dan yang lainnya.
  8. Dalam pengembangan Aplikasi PHP mudah karena banyak Dokumentasi, Refrensi & Developer yang mendukung dalam pengembangannya.
  9. Banyak bertebaran Aplikasi dan Program PHP yang Gratis & Siap pakai seperti PrestaShop, WordPress, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kekurangan PHP :

Seperti yang telah di katakan, Selain memiliki kelebihan PHP, PHP juga memiliki beberapa kekurangan. Namun kekurangannya sangat sedikit. Lalu apa saja kekurangan dari PHP, yaitu diantaranya :

  1. Tidak ideal jika untuk pengembangan skala besar.
  2. Tidak mempunyai sistem pemrograman berorientasi objek yang sesungguhnya.
  3. Tidak dapat memisahkan antara tampilan dengan logik dengan baik (Meskipun penggunaan template bisa memperbaikinya)
  4. PHP mempunyai kelemahan security tertentu yang mana jika programmer tidak jeli dalam melakukan pemrograman dan kurang memperhatikan isu dan konfigurasi PHP
  5. Kode PHP bisa dibaca semua orang, dan kompilasi hanya bisa dilakukan dengan tool yang mahal dari Zend ($2000).

Contoh Program PHP

Berikut ini adalah salah satu contoh program PHP, yaitu sebagai berikut :
PHP VARIABEL
Misalkan dalam PHP kita akan menyimpan suatu nilai berupa angka ataustring dalam suatu variabel, caranya adalah membuat nama variabel terlebih dahulu selanjutnya diberikan suatu assignment pada nilai yang kita inginkan. Perhatikan sintaks berikut ini :$nama_variabel = nilai; Note: jangan lupa menggunakan tanda dollar ($)
Contoh:
 <?php$hello = “Hello World!”;$sebuah_bilangan = 4;$bilanganYangLain = 8;?>Dari contoh di atas tampak bahwa dalam PHP, nama variabel tidak perludideklarasikan terlebih dahulu seperti halnya bahasa Pascal atau C/C++.
Demikianlah pembahasan kami mengenai Kelebihan dan Kekurangan PHP. Semoga bermanfaat.