Kelebihan dan Kekurangan Tegnologi Komunikasi Pembahasan Lengkap

Posted on

Kelebihan dan Kekurangan Tegnologi Komunikasi – Teknologi Komunikasi merupakan peralatan yang berupa perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu dapat mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu yang lain.  Untuk mengenai kekurangan dan Kelebihan Tegonologi Komunikasi maka simaklah pembahasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Tegnologi Komunikasi

Pengertian Tegnologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi merupakan peralatan yang berupa perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu dapat mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu yang lain.

Kelebihan dan Kekurangan Tegnologi Komunikasi

Berikut ini adalah kelebeihan dan kekurangan tegnologi komunikasi berdasarkan jenis dari alat komunikasinya, diantaranya :

1. Handphone

Kelebihan : Komunikasi melalui lisan atau pun tertulis dapat terjadi secara langsung antara komunikator (Pemberi Komunikasi) dan komunikan (Yang menerima Komunikasi/ Informasi) bisa melakukan kegiatan komunikasi saat itu juga tanpa halangan. Dapat di lakukan ketika itu juga tanpa jeda berbeda dengan teks surat atau pun email yang memiliki jeda. Komunikasi juga dapat terjadi secara langsung dengan dua arah antara komunikan dan komunikator.

Kekurangan : Alat komunikasi ini sangat betergantungan dengan sinyal. Komunikasi akan terjadi apabila ada sinyal ada dan tidak ada halangan atau gangguan pada jaringan.

2. Smart phone

Kelebihan : Komunikasi Visual, lisan atau pun tertulis dapat terjadi secara langsung dan antara komunikator dan komunikan dapat melakukan kegiatan komunikasi saat itu juga tanpa halangan. Alat komunikasi yang satu ini sama dengan handphone namun yang satu ini lebih canggih. Bisa mengirim pesan email dan memudahkan kita dalam mendapatkan sumber berita informasi secara update. Komunikasi dapat terjadi langsung dua arah antara komunikan dan komunikator. Memiliki banyak aplikasi untuk mengolah berbagai jenis pesan baik secara visual, lisan dan tertulis.

Kekurangan : Karena alat ini sama dengan handphone jadi kekurangannya pun hampir sama media ini selain membutuhkan sinyal jaringan juga membutuhkan kuota data yang tidak sedikit. Jika kuota ada tetapi sinyal tidak ada alat ini tidak dapat bekerja begitu juga sebalik nya.

3. Televisi (Tv)

Kelebihan : Komunikasi terjadi secara visual, bergerak dan langsung . Sumber informasi dan hiburan secara visual, Sumber informasi bisa aktual dan update walau tetap melalui editor dulu sebelum di sajikan.

Kekurangan : Tidak bisa berkomunikasi denagn dua arah, hanya komunikasi satu arah. Sumber Informasi melalui proses editing sesuai keperluan dan kepentingan pemilik dari stasiun program TV. Membutuhkan energi listrik dan juga membutuhkan sinyal, Karena jika tidak terdapat listrik tentunya tidak akan bisa bekerja atau tidak bisa menyala Sedangkan jika ada listrik namun tidak ada sinyal maka tidak akan menampilkan gambar yang baik.

4. Koran / Media Cetak

Kelebihan : Komunikasi bisa terjadi secara visual namun tidak bergerak. Sumber informasi aktual dan update meskipun harus melewati proses editor dulu sebelum di sajikan. Terkadang menjadi sumber informasi hiburan

Kekurangan : Tidak bisa berkomunikasi dua arah, hanya bisa komunikasi satu arah. Sumber Informasi harus melewati proses editing sesuai kepentingan pemilik media cetak.  Membutuhkan kertas yang tentunya tidak sedikit dan saat ini kertas masih di ambil dari bahan alam yaitu dari pengolahan kayu pohon. Dengan begitu, banyak pohon yang di tebang dan semakin rusak alam nya.

5. Radio

Kelebihan : Komunikasi terjadi secara lisan dan juga secara langsung. Sumber informasi lebih aktual dan update meskipun harus melewati proses editor dulu sebelum di sajikan ke khalayak luas. Bisa menjadi sumber informasi hiburan.

Kekurangan : Komunikasi tidak terjadi secara dua arah, yakni hanya komunikasi satu arah. Sumber Informasi melalui proses editing sesuai keperluan dan kepentingan pemilik stasiun radio. Membutuhkan energi listrik dan sinyal, jika tidak ada yang disambungkan maka tidak akan berfungsi begitu pula jika tidak ada sinyal.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Kelebihan dan Kekurangan Tegnologi Komunikasi. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :