Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital Pembahasan Lengkap

Posted on

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital – Tegnologi Digital merupakan teknologi yang jika dilihat dari pengoperasionalannya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia. Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Tegnologi Digital ini maka simaklah pembahasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital

Pengertian Tegnologi Digital

Teknologi digital merupakan teknologi yang jika dilihat dari pengoperasionalannya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia. Melainkan cenderung tehadap sistem pengoprasian yang serba otomatis dan canggih dengan system komputeralisasi/ format yang bisa dibaca oleh komputer

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital

Menurut technicaltalk.net berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan tegnologi digital beserta penjelasannya, diantaranya :

  1. Keutuhan Data Ketika Proses Transmisi

Di jaman yang semakin berkembang ini, informasi dipancarkan dalam bentuk sinyal digital yang dapat menempuh jarak yang cukup jauh, keutuhan data tetap akna terjaga. Sinyal digital tersebut akan melalui serangkaian stasiun pengulang (repeater station) untuk melindungi dan juga memperkuat sinyal sepanjang jalur perjalanan transmisi. Gangguan seperti cuaca buruk dan noise tidak akan berpengaruh terhadap transmisi sinyal digital, Sebab pada repeater station sinyal digital mengalami regenerasi. Sinyal-sinyal yang rusak pun bisa langsung diubah atau diganti.

  1. System Komunikasi Lebih Fleksibel

Teknologi digital melalui ISDN (Integrated Service Digital Network) bisa menghantarkan berbagai macam informasi dalam sebuah jaringan tunggal. ISDN ialah informasi besar yang terdiri dari banyak komponen informasi yang bisa berupa gambar, data, dan juga berupa suara. Yang mana seluruh data tersebut bisa dipindahkan dan diakses dengan mudah menggunakan alat tertentu. Seperti Flashdisk

Flashdisk banyak digunakan dalam pertukaran informasi dan data dalam bentuk digital. Teknologi ISDN ini juga dapat memberikan kemudahan pada pengguan dalam kegiatan bertukar gambar, data, dan grafik dengan mudah, cepat dan dapat dilakukan dimana saja.

  1. Efisiensi Biaya

Dengan munculnya teknologi integrated circuit (IC) atau yang sering disebut dengan chips sangat memberikan dampak yang sangat luar biasa. Yang mana alat ini membuat teknologi computer yang sebelumnya harus menggunakan mesin dan komponen yang berukuran besar, berat, dan tidak praktis tugasnya bisa digantikan oleh chips karena lebih stabil, praktis, memiliki daya tahan yang lama dalam pemakaian. Maka, biaya yang dikeluarkan dalam pemeliharaan alat tersebut lebih sedikit.

Kekurangan / Kelemahan Teknologi Informasi Digital

Namun meskipun banyak kelebihan dari tegnologi ini ternyata di balik itu semua tegnologi ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya seperti berikut ini :

  1. Kesalahan Ketika Digitalisasi

Ketika sedang melakukan proses perubahan dari sinyal analog ke sinyal digital, konsep informasi yang ada pada dunia nyata akan melalui tahap digitalisasi atau informasi tersebut akan diubah menjadi sinyal. Digital dan sinyal digital merupakan rangkaian dari kode-kode tertentu. Hal ini perlu dikhawatirkan apabila konsep informasi yang asli ada di dunia nyata tersebut tidak bisa terpresentasikan dengan benar dan baik saat digitalisasi.

Contohnya seperti : Pada warna, apabila suatu warna belum ada dalam system penyimpangan teknologi digital, tentunya akan dicari padanan warna yang paling dekat atau warna yang hampir sama dengan warna tersebut. Namun, tentunya warna yang tertampil akan menjadi kurang akurat dan tidak mewakili warna aslinya.

  1. Dominasi Dunia Oleh Teknologi Analog

Hingga saat ini dunia masih didominasi oleh teknologi analog. Karena masih banyak bentuk informasi komunikasi yang menggunakan system analog, perangkatnya juga menggunakan perangkat analog. Sehingga untuk menikmati layanan teknologi digital kita harus menggunakan digital-analog converter (DCA) & analog-digital converter (ADC)

  1. Investasi Public

Apabila kita ingin menggunakan atau menikmati layanan digital secara keseluruhan, maka harus dilakukan penggantian alat komunikasi seperti televisi, radio, telepon dan lainnya dari yang sebelumnya berbasis teknologi analog menjadi teknologi digital. Oleh sebab itu, masyarakat harus mengeluarkan biaya yang terbilang tidak sedikit pada teknologi yang tergolong baru ini. Inilah yang menyebabkan masyarakat harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit terlebih lagi teknologi ini masih tergolong baru. Permasalahan terhadap kelangsungan industry pertelekomunikasian akan bisa memengaruhi kemampuan daya beli masyarakat.

  1. Rangkaian Elektronika Lebih Rumit atau Komplex

Rangkian elektronik yang digunakan dalam tegnologi ini lebih rumit menjadikan orang yang menggunakannya harus mempelajari lebih dulu mengenai tegnologi ini.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Kelebihan dan Kekurangan Tegnologi Digital. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :