Kerajinan Bahan Lunak

Posted on

Bagaimanakah kerajinan bahan lunak itu? Kerajinan bahan lunak ialah sebuah kerajinan yang dihasilkan oleh beberapa bahan alami yang lunak seperti tanah liat misalnya. Kerajinan tanah liat bermacam – macam seperti :

1. Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan Bahan Lunak

Tanah liat menjadi salah satu kerajinan  jaman dahulu yang  sering di lakukan oleh banyak orang. hal ini karena tanah liat mudah untuk di dapatkan.

Belum lagi tanah liat menjadi salah satu bahan tertua untuk di jadikan kerajinan. Tanah liat banyak kita temukan di berbagai tempat seperti di sawah ataupun pegunungan.

Tanah liat ini berbeda dengan pasir, di karenakan tanah liat memiliki teksur yang sedikit basah namun tidak cair. Selain itu tanah liat juga mudah untuk menggumpal.

Sifat seperti inilah yang sering di gunakan oleh banyak orang sebagai salah satu kerajinan. Biasanya di entuk menyerupai patung dewa bahkan untuk peralatan dapur seperti cobek dan vas bunga.

2. Kerajinan Serat Alam

Keranina dari bahan lunak lainnya seperti menggunakan serat alam. Teknik ini di kenal dengan cara menganyam. Dengan cara menganyam maka serat tersebut di bentuk dengan unik seperti tas dan topi.

Meskipun bahan baku ini merupakan salah satu bahan baku yang kering namun tetap saja lunak.hal ini karena serat tersebut  mudah dibentuk tanpa proses pembakaran.

Kerajinan dengan menggunakan serat alam bisa saja dengan cara melakukan proses pengeringan terelbih dahulu agar mudah di bentuk dan tidak cepat rusak.

Kebanyakan dari para pengrajin serat alam ini adalah dengan membentuk tas atau topi bahkan alat dapur dan kesenian lainnya. estetika dari serat alam ini cukup tinggi maka dari itu banyak orang yang tertarik pada kerajinann ini.

3. Kerajinan Kulit

Bahan baku kulit sebenarnya banyak di cari oleh para pengrajin. Kerajinan kulit seperti pada kulit hewan buas seperti buaya dan macan. Hal ini di karenakan kulit hewan cukup mudah untuk di dapatkan.

Biasaanya sebelum di jadikan tas atau kerajinan lainnya maka kulut hewan ini harus di samakan terlebih dahulu. Teknik yang di ambil untuk membuat kerajinan ini adalah teknik jahit dan ukir.

Bukan hanya hewan buas saja yang bisa di gunakan karena hewan herbivora seperti sapi juga bisa di gunakan untuk kerajinan. Hewan yang di pilih untuk menjadi bahan adalah tentunya yang memiliki kulit tebal sehingga akan lebih awet dan kuat.

4. Kerajinan Gips

Gips merupakan sebuah bahan yang cair (mineral) namun tidak bisa larut bersama air. Namun jika di diamkan di dalam air dalam waktu yang cukup lama akan berubah tekstur sedikit padat.

Kandungan di dalam cairan ini adalah kalsium sulfat dan mineral lainnya. Zat ini mudah terlepas sehingga akan cepat panas dan mengeras untuk menjadikan bahan ini sebagai kerajinan tentunya harus di cairkan terlebih dahulu kemudian di cetak menyerupai bentuk yang anda inginkan.

Agar tidak cepat padat, maka jika anda akan memproduksi bahan ini dalam masal maka anda harus membuat cetakan banyak juga agar lebih mudah di kerjakan. Biasanya kerajinan ini berupa hiasan seperti pada dinding.

5. Kerajinan Lilin

Lilin merupakan salah satu benda yang sering di gunakan untuk menambah keromantisan suasana, namun bisa juga di gunakan untuk menerangi padasaat mati lampu.

Hal ini di karenakan pada saat mati lampu tentu kita perlu penerangan  tambahan. Nah peran lilin ini bukan hanya menerangi anda pada saat anda kegelapan.

Karena lilin juga sering di gunakan sebagai salah satu bahan kerajinan. Kerajinan dengan bahan baku lilin bukanlah hal yang langka karena dari dulu sudah sering di gunakan oleh banyak orang untuk membuat kerajinan.

Kerajinan lilin ini menggunakan cetakan maka terlebih dahulu lilin di panaskan kemudian tuangkan lilin pada cetakan dan biarkan hingga membentuk menyerupai benda.

6. Kerajinan Sabun

Sabun merupakan salah satu benda yang sering kali di guakan untuk sebagai pembersih badan anda pada saat mandi. Tebtunya keberadaan sabun ini sangat berguna untuk kehidupan sehari – hari.

Selain itu sabun juga biasa di gunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti aroma teraphi misalnya. Namun siapa sangka sabun ini memiliki kerajinan  yang cukup tinggi yakni bisa di bentuk untuk mempercantik penampilan sabun itu sendiri.

Cara yang paling mudah untuk dapat membentuk sabun ini adalah dengan mencairkan terlebih dahulu kemudian bentuklah dengan cetakan. Namun tak hanya itu anda juga bisa menggunakan ukiran untuk mrngukir bentuk sabun.

Tampilan bentuk sabun yang cantik akan membuat anda semakin bergairah untuk mandi. Namun tak hanya itu anda juga bisa menggunakan ukiran untuk mrngukir bentuk sabun. Tampilan bentuk sabun yang cantik akan membuat anda semakin bergairah untuk mandi.

Nah itulah beberapa cara untuk membuat kerajinan bahan baku lunak, jadi anda bisa mengerjakannya di rumah.

F.A.Q

Bagaimanakah kerajinan bahan lunak itu?

Kerajinan bahan lunak ialah sebuah kerajinan yang dihasilkan oleh beberapa bahan alami yang lunak seperti tanah liat misalnya.

BACA JUGA :