Kerajinan Logam : Pengertian, Jenis, Prosedur dan Gambar

Posted on

MateriBelajar.co.id – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang kerajinan logam. Adapun ruang lingkup pembahasannya adalah mulai dari pengertian, jenis, prosedur cara pembuatan beserta dengan gambarnya. Berikut ini akan dibahas secara lengkap, marilah kita simak penjelasan dibawah ini.

kerajinan logam

Pengertian

Kerajinan logam merupakan sebuah seni kerajinan atau keterampilan untuk membuat sesuatu menjadi barang-barang yang akan mempunyai nilai guna dengan menggunakan logam sebagai medianya. Karya yang dihasilkan dari dapat berupa karya 2 dimensi dan 3 dimensi.

1. Media Logam (lukisan logam) adalah media logam yang biasa digunakan dalam pembuatan karya-karya kerajinan logam menggunakan media almunium,kuningan, dan tembaga.
2. Teknik-teknik (patung logam) adalah teknik-teknik yang biasa dipakai pada kerajinan logam. Adapun tekniknya adalah Ketok, las, cor, dan patri.

Jenis-Jenis

Berdasarkan cara pembuatannya, dapat dibedakan beberapa jenis, antara lain :
a. Logam Buatan Tangan
Kerajinan logam dengan buatan tangan ini tanpa mengandalkan mesin, murni menggunakan tangan. Dari proses awal hingga akhir dikerjakan dengan tangan. Kerajinan logam dengan buatan tangan merupakan cikal bakal industri perak di Indonesia.

b. Logam Cetakan Teknologi
Kerajinan logam menggunakan cetakan sering dijadikan alternatif produksi kerajinan logam, terutama untuk permintaan produk dengan kuantitas besar dan waktu yang terbatas. Adapun proses kerajinan logam dengan cara mencetak adalah diawali dengan pencairan logam, kemudian dituang ke cetakan yang telah disiapkan sebelumnya sesuai bentuk yang dinginkan. Dengan cara cetakan teknologi akan menghemat waktu dan model yang dibuat bisa menjadi sama semua. Tetapi pada tahap proses akhir masih menggunakan tangan, misalnya pengikiran dan pengamplasan bekas-bekas cetakan yang kurang rapi.

c. Logam Buatan Mesin
Kerajinan logam dengan cara buatan melalui mesin merupakan sistem produksi massal. Contoh dari kerajinan logam dari buatan mesin adalah kalung dan gelang rantai. Sama halnya dengan mesin cetakan, memerlukan biaya yang sangat mahal dan modal yang besar.

Prosedur Pembuatan

Adapun prosedur dalam pembuatan kerajinan logam berbeda-beda jika dilihat dari karya logam 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Dibawah ini merupakan cara/prosedur pembuatan kriya logam :

1. Dua dimensi

Langkah pertama membuat gambar desain pada sebuah kertas, kemudian gambar yang sudah jadi ditempelkan pada permukaan bahan logam yang dipakai ialah seperti almunium. Adapun proses pada pembuatan sketsa pada media kerajinan logam adalah almunium dengan menggunakan ballpoint bekas, dengan cara menekan serta mengikuti garis kontur pada desain gambar yang sudah dibuat. Setelah gambar sudah terbentuk pada bahan logam, langkah selanjutnya pada permukaan bawah almuniumdialasi dengan anduk kecil atau busa, sedangkan bagian atas ditekan-tekan sehingga objek gambar itu terbentuk menonjol keluar kayak relief.

2. Tiga dimensi

Teknik Pencetakan/Pengecoran pada model tiga dimensi adalah dengan membakar bahan logam (almunium,kuningan, serta tembaga) di dalam tungku pembakaran sampai bahan logam itu meleleh. Setelah bahan logam meleleh, lalu cairan logam tersebut di tuangkan ke dalam sebuah cetakan dasar. Kemudian teknik selanjutnya adalah Teknik Penempaan, siapkan semua alat serta bahan yang akan dibutuhkan untuk dilakukannya teknik penempaan. Langkah selanjutnya adalah membentuk karya yang akan di buat dengan menggunakan bahan logam yang sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Langkah terakhir melakukan penghalusan pada suatu permukaan hasil kriya logam itu.

Contoh Gambar

Berikut ini adalah beberapa contoh hasil dari kerajinan logam :

kerajinan logam banteng patung
Banteng Patung
kerajinan logam guci
Kerajinan Logam Guci
kerajinan logam lampu aladin
Lampu Aladin
kerajinan logam lotus mini
Lotus Mini

Demikianlah pembahasan tentang kerajinan logam mulai dari pengertian, jenis, prosedur dan gambarnya. Semoga bermanfaat dan menambah anda.

Artikel Lainnya :