Kesenjangan Sosial – Pengertian, Faktor, Dampak, dan Contoh

Posted on

Kesenjangan Sosial – Apa itu kesenjangan sosial ? Kesenjangan Sosial merupakan suatu keadaan atau kondisi yang tidak seimbang dalam kehidupan sosial di dalam masyarakat, baik perorangan maupun organisasi atau kelompok, dimana terjadi ketidakadilan atau ketidaksetaraan distribusi hal-hal yang dianggap penting bagi masyarakat. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Kesenjangan Sosial mulai dari Pengertian Kesenjangan Sosial, Faktor Penyebab, Dampak dan Contoh Kesenjangan Sosial di bawah ini.

Kesenjangan Sosial

Pengertian Kesenjangan Sosial

Kesenjangan Sosial merupakan suatu keadaan atau kondisi yang tidak seimbang dalam kehidupan sosial di dalam masyarakat, baik perorangan maupun organisasi atau kelompok, dimana terjadi ketidakadilan atau ketidaksetaraan distribusi hal-hal yang dianggap penting bagi masyarakat.

Kesenjangan sosial seringkali dikaitkan dengan adanya perbedaan yang nyata dari segi finansial masyarakat mencakup kekayaan harta, barang dan jasa dan lain sebagainya. Kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat bisa kita lihat dari adanya peluang dan manfaat yang tidak sama untuk posisi sosial yang berbeda dalam masyarakat.

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

Terjadinya kesenjangan tentunya ada sebab, banyak faktor yang bisa menimbulkan kesenjangan sosial diantaranya :

  • Perbedaan Sumber Daya Alam

Perekonomian di suatu daerah salah satunya bisa dipengaruhi oleh sumber daya alam yang ada pada daerah tersebut. Laju ekonomi bisa berjalan meningkat apabila terdapat sumber daya alam yang dikelola dengan benar dan baik.

Sumber daya alam memiliki berperan penting, apabila suatu daerah kekurangan sumber daya alam, maka akan berpengaruh besar bagi perekonomian daerah tersebut.

  • Kebijakan Pemerintah

Selain itu, kebijakan pemerintah juga bisa memunculkan terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Contohnya kebijakan program transmigrasi. Masyarakat pendatang biasanya akan lebih cepat maju dibandingkan dengan warga asli.

Kesempatan lebih besar yang diberikan kepada warga pendatang menjadikan mereka lebih cepat berkembang. Maka hal inilah yang kemudian akan menimbulkan kesenjangan sosial antara dua kelompok masyarakat tersebut.

  • Pengaruh Globalisasi

Globalisasi bisa dimanfaatkan untuk mencapai kemajuan. Namun di sisi lain, globalisasi juga kuat kemungkinan akan memunculkan terjadinya kesenjangan sosial ekonomi di masyarkat.

Kesenjangan sosial ini terjadi apabila masyarakat tidak bisa beradaptasi dan tidak memanfaatkan globalisasi dengan baik.

  • Demografis

Tingkat pertumbuhan masyarakat, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, struktur kependudukan dan lainnya menunjukkan kondisi demografis suatu daerah.

Kondisi demografis suatu daerah dengan daerah lainnya yang berbeda bisa memunculkan terjadinya kesenjangan sosial. Hal ini dikarenakan produktivitas kerja masyarakat satu daerah dengan daerah lainnya berbeda.

  • Letak dan Kondisi Geografis

Biasanya pertumbuhan atau perkembangan suatu daerah dipengaruhi oleh letak dan kondisi geografisnya. Jika kita mengambil contoh, masyarakat yang berada di dataran tinggi biasanya akan lebih sulit butuh waktu untuk membangun infrastruktur ketimbang masyarakat yang berada di dataran rendah.

Dampak Kesenjangan Sosial

Tentunya dengan adanya kesenjangan sosila akan memberikan dampak yang banyak, namun dampak ini bisa mengarah kepada hal yang baik dan juga hal buruk, adapaun dampak dari baik dan buruk karena adanya kesenjangan sosial yaitu diantaranya :

a. Dampak Positif

  • Akan bisa menghilangkan keadaan yang bisa memicu stress
  • Akan merileksasikan pikiran dan raga
  • Bisa mempercepat proses kegiatan seseorang
  • Mengakibatkan pembagian kerja secara lebih merata dan adil.

b. Dampak Negatif

  • Bisa menumbuhkan sifat malas bagi masyarakat terntentu.
  • Adanya ketidakpuasaan dengan sesuatu hal.
  • Seseorang akan mudah putus asa sehingga menghambat mobilitas kerja seseorang
  • Akan memunculkan kecemburuan sosial
  • Munculnya tindak kejahatan atau kriminalitas

Contoh Kesenjangan Sosial

Berikut ini adalah contoh dari kesenjangan sosial, diantaranya :

  • Kesenjangan Sosial Ekonomi

Contoh kesenjangan sosial ekonomi dalam masyarakat juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa kita lihat secara nyata dalam kehidupan manusia. Orang yang memiliki perekonomian baik akan mendapatkan fasilitas baik. Sebaliknya, orang yang memiliki ekonomi menengah kebawah akan mendapatkan fasilitas atau pelayanan yang kurang baik.

Bisa kita lihat sebagai contoh, pada saat pendaftaran KTP orang yang membuat KTP dan juga memiliki jaringan di dalam pemerintahan tentu saja dengan ekonomi baik akan dipermudah, sedangkan orang biasa dengan penghasilan pas-pasan tidak akan bisa menjadi prioritas utama ini sesuatu yang nyata yang tentunya banyak orang telah mengalaminya.

  • Kesenjangan Sosial Pendidikan

Selain kesenjangan ekonomi, ada juga kesenjangan sosial pendidikan bentuk dari kesenjangan sosial ialah pendidikan. Orang yang memiliki pendidikan S1, S2, atau S3 tentunya akan lebih mudah dan banyak mendapatakn pekerjaan yang sesuai karena semakin tinggi pendidikan akan membuat manusia akan semakin mudah mendapatkan pekerjaan, sedangkan orang yang dengan pendidikan SD, SMP, SMA, hanya akan bisa bekerja di sektor informal lebih parah dari itu mereka akan menjadi pengganguran dalam jangka yang lama.

  • Kesenjangan Sosial Budaya

Contoh lain, kesenjangan sosial budaya masyarakat yaitu terjadinya kekalahan dalam eksistensi, dengan modal uang atau publikasi budaya-budaya di negara maju akan mudah diikuti masyarakat Indonesia, atau sebaliknya budaya Indonesia yang baik tanpa adanya publikasi maupun modal yang hanya akan di nikmati oleh masyarakat Indonesia itu sendiri.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Kesenjangan Sosial. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :