Kingdom Plantae – Klasifikasi, Ciri, Manfaat, Contoh, & Gambar

Posted on

Kingdom Plantae – Kingdom Plantae (Kerajaan tumbuhan) adalah salah satu organisme eukariotik multiseluler yang mempunyai dinding sel dan klorofil. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Kingdom Plantae mulai dari Pengertian Kingdom Plantae, Klasifikasi Kingdom Plantae, Ciri Ciri Kingdom Plantae, Manfaat Kingdom Plantae, dan Contoh Kingdom Plantae di bawah ini.

Kingdom plantae

Pengertian Kingdom Plantae

Kingdom Plantae (Kerajaan tumbuhan) adalah salah satu organisme eukariotik multiseluler yang mempunyai dinding sel dan klorofil. Klorofil sendiri adalah zat hijau daun yang berperan pada proses fotosintesis sehingga tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri. Proses fotosintesis bisa terjadi dengan adanya bantuan dari Sinar Matahari.  Karena tumbuhan yang satu ini bisa membuat makanannya sendiri maka tumbuhan dikelompokkan ke dalam organisme autotrof.

Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan)

Klasifikasi kingdom plantae

 

Kingdom Plantae memiliki klasifikasinya sendiri. Klasifikasi ini membantu kita dalam membedakan antara spesies yang satu dengan spesies yang lain dalam Kingdom Plantae. Adapun klasifikasi kingdom plantae yaitu :

1. Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Tumbuhan lumut merupakan suatu kumpulan tumbuhan kecil, yang hidup di darat yang biasanya tempat itu ada kandungan air nya sedikit atau lembab, tidak memiliki akar, batang dan daun sejati, serta tidak memiliki pembuluh pengangkut (xilem dan floem), merupakan sebuah tumbuhan peralihan antara tumbuhan ber-talus (Talofita) dengan tumbuhan ber-kormus (kormofita) dan mengalami suatu pergiliran keturunan.

2. Tumbuhan Paku (Pterydophyta)

Tumbuhan Paku merupakan suatu tumbuhan yang sudah mempunyai akar, batang dan daun sejati, yang berkembang biak dengan spora, dan memiliki pembuluh angkut xilem dan floem, memiliki klorofil juga, berakar serabut dan mengalami suatu pergiliran keturunan.

3. Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Kata spermatophyta di ambik dari bahasa Yunani yaitu artinya sperma=biji , phyton=tumbuhan kelompok tumbuhan yang hidup di darat, memiliki akar, batang dan daun sejati, tracheophyta, autotrof, serta bisa juga menghasilkan biji.

Ciri-ciri Kingdom Plantae

kingdom plantae memiliki karakteristik tersendiri hal ini juga yang membedakan kingdom plantae dengan kingdom fungi dan beberapa jenis alga. Karakteristik tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Multiseluler (mempunyai banyak sel)
  • Autrotrof (bisa membuat makanan sendiri)
  • Eukariotik
  • Terdapat dinding sel yang terbuat dari selulosa
  • Hidup di daratan yang lembab atau perairan
  • Memperoleh makanan dengan cara fotosintesis yang dibantu dengan cahaya matahari
  • Bereproduksi secara seksual (putik dan benang sari) maupun aseksual (cangkok, tunas, setek dan lainya)

Tumbuhan dikatakan sudah berevolusi sebelum hewan dan terletak pada awal paling rantai makanan. Jika tanpa tumbuhan, sebagian besar organisme tidak dapat bertahan hidup. Untungnya, tumbuhan bisa tumbuh subur bahkan dalam kondisi paling keras. Bahkan daerah dingin tundra dari Bumi mengandung beberapa vegetasi.

Ciri-ciri diatas adalah ciri yang membedakan kingdom plantae dengan beberapa jenis alga dan kingdom fungi. Selain itu, kingdom plantae memiliki ciri lain sebagai berikut :

  • Memiliki akar yang berguna untuk menyerap air dan memperkokoh tumbuhan
  • Memiliki daun untuk mengumpulkan sinar matahari yang digunakan untuk menghasilkan glukosa.
  • Memiliki organ dan sistem organ
  • Memiliki bunga sebagai alat reproduksi seksual.

Manfaat Kingdom Plantae 

Berikut ini merupakan manfaat kingdom plantaea rasakan dari beberapa bidang seperi dalam bidang sandang, pangan, papan, dan lainnya, adapun penjelasannya sebagai berikut :
1. Bidang Sandang
Jenis Kingdom Plantae, seperti  rami, kapas, dan lainnya tentunya bisa bermanfaat karena bisa digunakan sebagai bahan sangdang berupa pakaian.
2. Bidang Pangan
Sebagian besar nutrisi yang dihasilkan oleh manusia berasal dari tumbuhan, seperti padi, gandum, kentang, jagung, dan singkong sebagai bahan makanan pokok atau sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu, ada juga sayur-sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, kacang-kacangan dan sejenisnya sebagai sumber protein, vitamin dan nutrisi lainnya.
3. Bidang Papan
Jenis Kingdom Plantae, seperti rotan dan pohon jati tentunya bisa bermanfaat karena bisa dijadikan sebagai bahan baku bangunan, kertas,  furnitur, kartu remi, peralatan olahraga, alat musik, dan lainnya.
4. Bidang Industri
Dalam bisang Industri tumbuhan juga bisa digunakan menjadi salah satu bahan campuran,  seperti sabun, karet, cat, sampo, kosmetik, parfum, oli, tinta, plastik, yang rata di dalamnya mengandung salah satu bahkan lebih jenis tumbuhan dan lain sebagainya.
5. Bidang Obat-obatan
Banyaktumbuhan jenis kingdom plantae yang dijadikan sebagai bahan obat-obatan, seperti obat herbal, suplemen dan pestisida. Adapun beberapa jenis tumbuhan yang dijadikan bahan obat-obatan yaitu :
  • Ekstrak Ginkgo biloba yang bermanfaat sebagai obat untuk penambah stamina, meredakan pusing, dan mengobati kanker.
  • Paku Rane bisa dijadikan obat penyembuh luka.
  • Pohon jambu pada bagian daunnya bisa digunakan untuk obat sakit diare.
  • Marchantia polymorpha bisa digunakan sebagai obat untuk sakit radang hati atau mengobati sakit hepatitis.

Contoh Kingdom Plantae

Berikut ini adalah beberapa contoh tubmbuhan kingdom plantae, beserja penjelasan ilmiahnya, yaitu ialah :

Contoh 1 :

                                                        PADI
Kingdom :  Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub Divisio : Angiospermae
Kelas : Monocotilae
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Oryza
Species : Oryza Sativa

Contoh 2 :

                                           BAWANG MERAH
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub Divisio : Angiospermae
Kelas : Monocotilae
Ordo : Liliales
Famili : Liliaceae
Genus : Allium
Species : Allium sepha

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Kingdom Plantae. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :