Pengertian Kompetitif dan Keunggulan Kompetitif Terlengkap

Posted on

Pengertian Kompetitif dan Keunggulan Kompetitif – Kompetitif merupakan suatu hal yang berhubungan dengan sebuah persaingan atau kompetisi. Untuk lebih jelasnya maka simaklah pembahasan kami mengenai Materi Pengertian Kompetitif dan Keunggulan Kompetitif dibawah ini.

Pengertian Kompetitif

Pengertian Kompetitif

Kompetitif merupakan suatu hal yang berhubungan dengan sebuah persaingan atau kompetisi. Yang mana dalam hal ini kompetitif dapat diposisikan sebagai suatu kondisi perebutan atau keadaan berkompetisi yang dialami atau terjadi terhadap seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan memenangkan sebuah pertandingan atau sebuah persaingan.

Contoh Pertandingan Sepak Bola antara Persija Vs Persib sangat Kompetitif. Artinya Kubu Persija dan kubu Persib sama-sama berkompetisi atau bertanding yang cukup sulit untuk mendapatkan gelar juara. Apabila salah satu dari Club tersebut tidak memberikan perlawan yang berarti atau bahkan terkesan main-main maka pertandingan tersebut dikatakan pertandingan yang tidak kompetitif.

untuk menang dan meraih gelar juara maka seseoarang maupun sekelompok orang perlu melihat dan mempelajari keunggulan-Keunggulan kompetitif yang ia miliki.

Pengertian Keunggulan Kompetitf

Secara umum, Keunggulan kompetitif merupakan kemampuan perusahaan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang keuntungan melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang telah atau akan dilakukan. Setidaknya terdapat dua prinsip pokok yang harus dimiliki perusahaan dalam meraih keunggulan kompetitif  yakni adanya nilai pandang pelanggan dan keunikan produk.

Keunggulan kompetitif (competitive advantage) merupakan kemampuan yang didapat melalui karakteristik dan sumber daya sebuah organisasi atau sebuah perusahaan untuk memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama.

Istilah ini muncul yakni berasal dari judul buku Michael Porter Competitive Advantage di athun 1985, yang dibuat dengan tujuan sebagai jawaban atas kritik terhadap konsep Keunggulan Kompratif, Michael Porter merumuskan 2 jenis keunggulan kompetitif perusahaan, yaitu biaya rendah atau diferensiasi produk.

Keunggulan kompetitif pertama kali diperkenalkan sebagai konsep oleh Michael E. Porter pada tahun 1985 dalam bukunya yang berjudul “Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance.” yang menarik, Michael Porter sudah lebih dulu menggunakan istilah strategi Kompetitif pada tahun 1980 ini dapat dilihat melalui tulisannya berjudul “Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors (teknik untuk Menganalisis Industri dan Pesaing).

Michael Porter pada tahun (1980) dalam tulisan sebelumnya mengusulkan strategi-strategi generik untuk keunggulan kompetitif. Selanjutnya pada tahun 1985, barulah Michael Porter memberikan gambarannya mengenai keunggulan kompetitif sebagai berikut:

“Keunggulan kompetitif merupakan jantung dari kinerja perusahaan dalam pasar yang kompetitif … Selain itu, Keunggulan kompetitif merupakan tentang bagaimana sebuah perusahaan benar-benar menempatkan strategi-strategi generik ke dalam praktik.” (Porter, 1985)

Selain itu menurut Porter (1985), keunggulan kompetitif  berkembang secara fundamental dari nilai yang memungkinkan perusahaan guna menciptakan nilai itu bagi para pembelinya melebihi biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk menciptakannya.

Berbeda dengan Michael Porter, Fred David mendefinisikan keunggulan kompetitif yakni sebagai “Apa pun yang perusahaan lakukan lebih baik dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan yang menjadi saingan”. Apabila perusahaan bisa melakukan sesuatu yang mana sesuatu tersebut tidak dapat dilakukan perusahaan saingan atau memiliki sesuatu yang diinginkan perusahaan saingan, maka itu bisa merepresentasikan keunggulan kompetitif dari perusahaan tersebut.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Kompetitif dan Pengertian Keunggulan Kompetitif. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :