Konversi Satuan : Massa, Panjang, Luas, Volume, Waktu dan Tekanan

Posted on

MateriBelaja.Co.id Pada kesempatan ini akan membahas secara lengkap tentang konversi satuan yang meliputi pengertian dan macam-macam konversi satuan beserta gambar dan contoh serta rumus dari satuan itu sendiri, untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

konversi satuan
konversi satuan

Pengertian Konversi Satuan

Konversi satuan secara umum memiliki arti mengubah nilai dari suatu sistem satuan ke nilai satuan lain”

Konversi satuan pada umumnya tak pernah mengubah nilai dari suatu besaran. Konversi satuan mampu dilakukan pada sistem satuan yang sama dan pada sistem satuan yang beda.

Konversi satuan pada sistem yang sama misalnya ingin mengubah salah satu satuan pada sistem internasional ke satuan lain kedalam sistem yang sama. konversi ini pengubahan satuan bisa menggunakan faktor konversi atau dengan bantuan tangga konversi.

Konversi satuan pada sistem satuan yang beda maksudnya jika akan mengubah atau mengonversi nilai pada suatu sistem satuan tertentu ke sistem satuan yang lainnya. Contohnya sistem inggris ke Sistem Satuan Internasional atau sebaliknya. Pengubahan satuan seperti ini bisa dilakukan dengan menggunakan faktor konversi satuan.

Faktor konversi

Faktor konversi dipakai untuk mengubah satuan dari besaran tanpa mengubah nilainya. Metodenya terdiri dari pecahan dimana penyebut sama dengan pembilang, tetapi dalam satuan yang beda. Karena karakteristik identitas perkalian, maka nilai besaran tak berubah selama dikalikan dengan satu.

Jadi, jika pecahan pembilang dan penyebut sama, maka pecahannya akan sama dengan satu. Selama pembilang dan penyebutnya ekivalen, maka nilai besaran akan tetap.

Macam-Macam Konversi Satuan

Konversi satuan mempunyai beberapa macam, mengkonversi suatu bentuk ke bentuk yang lain penting dalam ilmu fisika, karena dalam ilmu fisika diperlukan perhitungan dan pengukuran yang membutuhkan satuan yang tepat dan akurat. Berikut ini adalah macam-macam konversi satuan beserta contoh nya

Konversi satuan massa

Satuan massa sering dikaitkan dengan berat, namun sebenarnya satuan massa berbeda dengan berat. satuan massa sering dipakai untuk mengkur berat, bedanya jika satuan massa nilainya tidak pernah berubah sededangkan berat bisa berubah nilainya karena dipengaruhi gravitasi bumi.

konversi satuan massa
konversi satuan massa

Cara menghitung konversi satuan massa nyaris sama dengan konversi satuan panjang. Satuan massa terbesar diubah menjadi nilai satuan massa paling kecil maka cara menghitungnya turun ke bawah, setiap turun satu tingkat dikalikan 10. Sementara dari nilai paling rkecil ke nilai satuan masa terbesar akan naik dan setiap naik satu tingkat dibagi 10.

Konversi Satuan Panjang

Konversi satuan panjang artinya mengubah suatu bentuk satuan panjang ke satuan panjang lainnya. Mulai dari satuan yang mempunyai nilai paling panjang hingga paling pendek

konversi satuan panjang
konversi satuan panjang

Rumus konversi satuan panjang yaitu jika naik nilai satuan di ubah ke dalam bentuk satuan panjang lebih kecil dikalikan 10 setiap menurun satu kali. Jika diubah dalam bentuk satuan yang nilainya lebih besar, atau naik. Maka akan dibagi 10 untuk tiap satu tingkatnya.

Misalnya dari 1 kilometer dikonversi jadi 1 meter. Setiap turun satu tingkat akan dikalikan 10, hinga 1 x 10 x 10 x 10 hasilnya yaitu 1000 meter. Nilai konversi satuan panjang dari 1 kilometer yang diubah ke meter adalah 1000 meter.

tabel konversi satuan panjang
tabel konversi satuan panjang

Konversi Satuan Waktu

Konversi satuan waktu yaitu mengubah satuan waktu ke watuan waktu lainnya, Dimulai nilai paling kecil sampai paling besar ataupun sebaliknya.

Contoh:

konversi satuan waktu
konversi satuan waktu

Konversi satuan Luas (Persegi)

Konversi satuan luas yaitu cara mengubah sebuah satuan luas yang besar ke nilai satuan luas terkecil. Meski nyari sama dengan satuan panjang, satuan luas dibedakan dengan kata persegi untuk menyebutkan satuan luas, dengan diberi tanda m2.

konversi satuan luas
konversi satuan luas

Cara menghitungnya hampir sama dengan satuan panjang. Bedanya tiap turun atau naik satu lompatan akan dikali atau dibagi 100.

Konversi Satuan Volume

Satuan volume atau yang umum disebut dengan kubik untuk penyebutan satuan volume. Hampir sama dengan satuan luas persegi. bedanya satuan luas volume ditandai dengan m3 dan dibaca meter kubik.

konversi satuan volume
konversi satuan volume

Cara menghitungnya pun nyari sama dengan satuan panjang dan satuan luas bedanya tiap turun atau naik satu lompatan akan dikali atau dibagi 1000.

Contoh:

  • 1 km3 samadengan 109 m3
  • 1 hm3 samadengan 106 m3
  • 1 dam3 samadengan 103 m3
  • 1 dm3 samadengan 10-3 m3
  • 1 cm3 samadengan 10-6 m3
  • 1 mm3 samadengan 10-9 m3
  • 1 m3 samadengan 103 dm3
  • 1 m3 samadengan 106 cm3
  • 1 m3 samadengan 109 mm3

Konversi Satuan Tekanan

Satuan besaran tekanan ѕеrіng digunakan untuk mengukur kekuatan dаrі ѕuаtu cairan atau gas.

Satuan besaran dаrі tekanan umunya mampu dihubungkan dеngаn besaran satuan volume dan besaran Temperatur ataupun suhu. Semakin tinggi tekanan dalam ѕuаtu tempat dеngаn isi уаng sama, maka suhu аkаn semakin tinggi.

Cоntоh perhitungan konversi berbagai satuan Tekanan :

Atmospher

1 Atmospher samadengan 1,013 Bar
1 Atmospher samadengan 14,689 Psi
1 Atmospher samadengan 101.300 Pascal
1 Atmospher samadengan 1.013 milibar
1 Atmospher samadengan 760 mm of Hg atau 760 Torr

Bar
1 Bar samadengan 750 Torr atau 750 mm of Hg
1 Bar samadengan 14,5 Psi
1 Bar samadengan 100.000 Pascal
1 Bar samadengan 1000 milibar

Torr
45 Torr samadengan 60 milibar
45 Torr samadengan 0,05923001 Bar, atau dibulatkan menjadi 0,06 Bar
45 Torr samadengan 0,870 Psi
45 Torr samadengan 6.000 Pascal

mm of Hg
1 mm of Hg samadengan 1 Torr
760 mm of Hg samadengan 1 Atmospher
760 mm of Hg samadengan 14,689 Psi
760 mm of Hg samadengan 101.300 Pascal

Demikianlah pembahassan tentang konversi satuan, Semoga bermanfaat

Baca Juga :