La Tahzan Innallaha Ma’ana Artinya

Posted on

La Tahzan Innallaha Ma’ana Artinya – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan memabahas tentang pelajaran Agama Islam yang bertemakan La Tahzan Innallaha Ma’ana Artinya untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah artikel ini sampai akhir.

Pernahkah kalian mendengar ucapan yakni la tahzan innallaha ma’ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا)? Tahukah kalian apa kah artinya? Kalian juga pasti pernah mendengarnya sebabnya, ucapan ini begitu populer dididalam masyarakat Indonesia. Ungkapan Arab yang satu ini sering sekali diucapkan dengan lisan serta juga ditulis melalui sebuah status serta kolom komentar di media sosial. Semenjak dari populernya film yakni Ayat Ayat Cinta serta Ketika Cinta Bertasbih, ucapan-ucapan Arab itu semakin digandrungi banyak masyarakat Indonesia.

Sebut saja dari beberapa kosakata bahasa Arab mislanya syukron, afwan, na’am, serta lain sebagainya, deretan kata-kata ini seringkali diselipkan didalam percakapannya sehari-hari. Begitupun dari ucapan la tahzan innallaha ma’ana, pula menjadi penghias dari kata-kata yang menemani aktivitas komunikasi dari sesama.

Untuk orang yang sudah mengetahui arti dari la tahzan innallaha ma’ana artinya itu apa, mungkin tak ada masalah. Mereka juga akan langsung mengetahui maksud dari pada ucapan tersebut. Tapi, berbeda dari halnya dengan nama netizen baru mendengar pertama kali ucapan yang satu ini. Pasti mereka juga akan langsung untuk berpikir, apa sih arti ucapan itu?

Yah, ternyata banyak sekali netizen Indonesia yang juga belum mengetahui arti dari kata la tahzan innallaha ma’ana. Hal ini sudah dibuktikan data perekaman atau kata kunci google, lumayan banyak sekali pemakai internet Indonesia yang sudah mengetikkan kata kunci “arti la tahzan innallaha ma’ana” ataupun “tulisan Arab la tahzan innallaha ma’ana”.

Nah, dikarenakan itulah dikesempatan kali ini, kami juga menganggap perlu untuk bisa uraian khusus dari seputaran la tahzan innallaha ma’ana. Artikel ini kalian juga tujukan pada orang-orang yang sangat penasaran dengan arti dari kata la tahzan innallaha ma’ana. 

La Tahzan Innallaha Ma’ana Artinya

La Tahzan Innallaha Ma'ana Artinya

Lalu beberapa dari kosakata lainnya yang sudah tertulis didalam dalam bahasa Arab contohnya saja kata syukron, na’am, afwan, serta lainnya, yang dimana ialah sederetan kokata yang mungkin saja sudah begitu sering kita dengar yang terselip didalam sebuah percakapan pada kehidupan sehari-hari.

Lalu pula dari ungakapan la tahzan innallaha ma’ana, yang pula disaat digandrungi dari berbagai macam kalangan bahkan telah dijadikan sebagai kata untuk penghias yang bisa menemani berbagai macam kegiataan komunikasi secara sesama.

Untuk orang yang sudah mengetahui arti kata la tahzan innallaha ma’ana artinya apa ya, mungkin tak ada masalah.

Bahkan banyak sekali diantaranya apabila kita mendengar ucapan itu akan langsung mengerti apa maksud yang sudah diucapan tersebut.

Saat kita dibenturkan dengan berbagai macam permasalahan baik itu kepada orang terdekat ataupun orang yang tak dikenal ataupun (suami/istri)..

Bahkan hal ini sudah meliputi saat kalian sedang gundah, gelisah serta sampai putus asa dikarenakan perbuatan dosa yang sudah pernah dilakukan..

Pengertian La Tahzan Innallaha Ma’ana

tulisan la tahzan innallaha maana artinya

Dikutip dari undanganmagelang.com Pengertian kalimat yang satu ini terdiri beberapa kata serta dari pada tiap-tiap katanya mempunyai arti ataupun makna tersendiri serta kalimat ini apabila diartikan secara kata perkata jadinya akan teraraikan yakni sebagai berikut:

Tulisan LatinTulisan ArabArtinya
La(لَا)jangan
Tahzan(تَحْزَنْ)bersedih
Innallaha(إِنَّ اللَّهَ)sesungguhnya Allah
Ma’ana(مَعَنَا)bersama kita

Nah itu arti kata demi perkata dari kaliamat tersebut, serta apabila di gabungkan maka artinya “janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita” ataupun “janganlah berduka cita, Allah bersama kita”.

Dalil La Tahzan Innallaha Ma’ana

tulisan arab la tahzan innallaha maana artinya

Sebenarnya, ucapan dari la tahzan innallaha ma’ana bukanlah cuman sekedar ucapan, tapi ungkapan ini ialah petikan dari ayat Al-Qur’an didalam surat At-Taubah Ayat 40. Berikut ini adalah petikan lengkap dari pada ayat tersebut:

إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ 
Artinya: Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita”. Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Makna La Tahzan Innallaha Ma’ana

La tahzan innallaha ma’ana juga mengandung makna yakni jangan bersedih, Allah itu Maha kasih sayangnya. Allah tak akan menguji para hamba-Nya kecuali yang ingin melihatnya ingat, mengadu, serta memohon kepada-Nya. Allah tak akan menguji kita, kecuali ia juga tahu bahwa kita mampu untuk melewatinya.

Bahkan, Rasulullah juga pernah merasakan sebuah kesedihan dikarenakan tuduhan dari orang-orang kafir kepadanya. Mereka menyebutnya seorang penyihir, dukun, pendusta, serta orang gila. Tapi Rasulullah berpegang diungkapan yang sudah terkandung didalam Al-Qur’an surat At-Taubah ini: La Tahzan Innallaha Ma’ana.

Saat hati kita yang terasa sakit, yang sakitnya itu jauh lebih sakit dibandingkan dari tubuh yang sudah terpelanting dari tempat yang sangat tinggi. Sebenarnya, pada saat itu kesabaran kita juga benar-benar diuji. Ujian ialah salah satu bukti dari cinta-Nya pada kita.

Allah menguji kita supaya kuat serta semakin mulia di mata-Nya. Allah juga menguji kita supaya dosa-dosa kita juga berguguran dikarenakan keteguhan hati serta usaha kita mengatasinya. Allah juga menguji kita supaya kita sangat layak untuk mendapatkan surga.

Contoh Penggunaan La Tahzan Innallaha Maana

Di bawah ini ada sejumlah contoh dari pada situasi pemakaian ungkapan la tahzan innallaha ma’ana ini, yaitu sebagai berikut:

  • Saat tengah merasa sangat putus asa yang sudah diakibatkan upaya yang sudah dijalani sampai saat ini mungkin belum juga menuai hasil, maka janganlah kalian bersedih, serta ucapkan kalimat yakni la tahzan innallaha ma’ana.
  • Lalu saat hati yang sedang merasa sedih disebabkan ditinggalkan oleh seseorang yang sangat dikasihi. Sehingganya bisa membuat rasa sedih tadi yang teramat begitu dalam. Nah agar tak larut didalam kesedihan itu, maka ucapkanlah kalimat tersebut.
  • Lalu sesorang yang mungkin saja telah menyakiti kita, dengan adanya berbagai macam tuduhan akan sebuah perbuatan yang mungkin tidak pernah kita laksanakan. Sehingganya begitu wajar apabila kita itu merasa sedih, tapi kembali ingat dengan ucapan la tahzan innallaha ma’ana. Supaya kita tak hanyut di dalam kesedihan itu.

Selesai sudah pembahas kali ini tentang La Tahzan Innallaha Ma’ana Artinya semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran Agama Islam dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: