Lambang Burung Garuda Pancasila dan Penjelasannya [Lengkap]

Posted on

Lambang Burung Garuda Pancasila – Pancasila merupakan suatu ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mana Pancasila menjadi landasan dari segala keputusan bangsa dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Untuk lebih jelasnya kami akan membahas materi makalah mengenai Lambang Burung Garuda Pancasila Lengkap Beserta Penjelasannya. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Lambang Pancasila Burung Garuda

Pengertian Pancasila

Pancasila merupakan suatu ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang menjadi landasan dari segala keputusan bangsa dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.Selain itu, Pancasila ialah dasar dalam mengatur pemerintahan negara Indonesia yang mengedepankan semua komponen di seluruh wilayah Negara Indonesia.

Makna Lambang Pancasila Dan Penjelasannya

Makna Burung Garuda

  • Garuda Pancasila merupakan Burung Garuda yang sudah dikenal melalui mitologi kuno dalam sejarah Bangsa Indonesia, Burung Garuda digunakan sebagai Lambang Negara untuk menggambarkan bahwa Negara Indonesia adalah Bangsa yang besar dan Negara yang kuat.
  • Warna keemasan yang dijadikan sebagai warna pada burung garuda merupakan gambaran sebuah keagungan dan kejayaan Indonesia.
  • Paruh, cakar, sayap, juga ekor  yang di miliki burung garuda ini menggambarkan kekuatan pembangunan dan tenaga yang sangat besar.
  • Penjelasan tanggal 17 Agustus 1945, diantaranya :
    – Pada masing-masing sayap terdapat 17 helai bulu (Tanggal)

       – Pada ekor terdapat 8 helai bulu (Bulan)
       – Di bawah perisai atau pada pangkal ekor terdapat 19 helai bulu (Tahun)
       – Bulu di leher terdapat 45 helai bulu (Tahun)
  • Yang di cengkram oleh kedua kaki oleh burung garuda di dalamnya terdapat tulisan ” Bhineka Tunggal Ika”  yang berasal dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular. Adapun makna atau arti dari “Bhineka Tunggal Ika tersebut yakni Berbeda-Beda Tapi Tetap Satu jua”. Maknanya ialah bangsa Indonesia terdiri dari Bermacam-macam agama, suku, adat, kesenian, budaya, tetapi tetap satu bangsa dengan satu kebudayaan nasional dan dengan satu bahasa nasional.
Baca Juga :  Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) [Lengkap]

Makna Perisai / Tameng

  • Yang dimaksud perisai ialah tameng yang telah lama dikenal di dalam budaya dan beradaban Nusantara sebagai senjata ampuh di mana melambangkan pertahanan, perlindungan, perjuangan diri untuk mencapai suatu tujuan yang positif.
  • Garis hitam tebal tepat ditengah pada bagian perisai menggambarkan garis khatulistiwa. Gambaran itu adalah sebuah cerminan dari letak Indonesia sebagai negara tropis yang dilintasi oleh garis khatulistiwa.
  • Ruang perisai mempunyai warna dasar bendera Indonesia dan bagian tengahnya ada warna dasar hitam.
  • Ada lima buah ruang di dalam perisai yang mewujudkan dasar negara Pancasila.

Berikut ini merupakan makna dari masing-masing yang terdapat dalam perisai / tameng yang berada pada burung garuda yang menjadi lambang Pancasila, yakni sebagai berikut

1. Bintang

Lambang bintang

Sila ke-1 : Ketuhanan Yang Maha Esa.

Makna dari 5 kepala yang terdapat pada bintang emas itu yakni menggambarkan 5 agama besar yang terdapat di Indonesia, yakni Islam, Kristen,Hindu, Budha, dan ideologi Sekuler Sosialisme. Bintang emas ini juga diartikan sebagai cahaya kerohanian bagi setiap manusia.

Sementara latar belakang yang berwarna hitam melambangkan warna alam atau warna asli yang yang diartikan  bahwa Tuhan adalah sumber dari segala sesuatu dan sudah ada sebelum segala sesuatu di dunia ini ada.

2. Rantai

Lambang rantai

Sila Ke-2 : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Gambar rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia untuk saling membantu satu sama lain tanpa mebedakan-bedakan status.

Bentuk rantai segi empat dan lingkaran yang saling terkait membentuk lingkaran melambangkan laki-laki dan lingkaran melambangkan perempuan.

3. Pohon beringin

Sila Ke-3 : Persatuan Indonesia.

Pohon beringin merupakan pohon yang berakar tunjang. Akar tunjang yang dimaksud adalah akar tunggal panjang yang menunjang pohon yang besar itu kedalam tanah.

Baca Juga :  25 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli [Lengkap]

Perihal tersebut menggambarkan kesatuan dan persatuan Indonesia. Selain itu, Pohon beringin ini memiliki banyak akar yang bergelantungan dari rantingnya yang menggambarkan bahwa Negara Indonesia merupakan negara kesatuan namun memiliki bermacam-macam latar belakang budaya yang ada di sabang hingga merauke.

4. Banteng

Lambang banteng

Sila K-4 : Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Kepala banteng yang menjadi lambang pada sila ke-4, makna simbol kepala banteng di bagian atas perisai berlatar merah menggambarkan bahwa banteng merupakan binatang sosial yang sama dengan manusia.

Selain itu, Banteng digunakan menjadi lambang karena banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul (Bersatu), seperti halnya musyawarah di mana orang-orang berdiskusi (berkumpul).

5. Padi dan Kapas

Lambang padi dan kapas

Sila ke-5 : Keadilan Sosial Bagi Seluruh rakyat Indonesia

Kapas & padi melambangkan pangan dan sandang yang menjadi kebutuhan pokok bagi semua rakyat Indonesia yang tidak melihat status atau kedudukan. Karena umumnya manusia(Warga) membutuh sandang dan pangan.

 

Demikianlah ulasan kami menegnai Burung Garuda sebagai lambang pancasila, Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

Lambang Burung Garuda Pancasila dan Penjelasannya [Lengkap]
3.5 (70%) 2 vote[s]