Langkah-Langkah Dalam Membuat Desain Grafis (Photoshop)

Posted on

Langkah-Langkah Membuat Desain Grafis – Desain grafis merupakan sebuah konsep ilmu yang luas. Bagi orang awam,  desainer grafis mungkin identik dengan para individu yang berada di balik layar kreatif biro iklanop maupun yang lainnya. Mereka bertanggung jawab dalam membuat sebuah informasi komersil jasa maupun produk yang menarik lainnya. Mengenai cara atau Langkah-Langkah Dalam Membuat Desain Grafis maka simaklah pembahasannya di bawah ini.

Langkah-Langkah Membuat Desain Grafis

Definisi Desain Grafis

Desain grafis merupakan sebuah konsep ilmu yang luas. Bagi orang awam,  desainer grafis mungkin identik dengan para individu yang berada di balik layar kreatif biro iklanop maupun yang lainnya. Mereka bertanggung jawab dalam membuat sebuah informasi komersil jasa maupun produk yang menarik lainnya.

Selain itu bagi para designer, aplikasi Photoshop menjadi salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat untuk membuat sebuah design grafis Greader. Ini dikarenakan aplikasi Photoshop dapat digunakan untuk banyak proyek design, selain itu, Photoshop juga bisa membuat berbagai macam bentuk ekstensi file design yang mana dapat disesuaikan untuk kebutuhan Greader yang ingin menjadi seorang designer. Tapi untuk orang yang masih awam terhadap design, aplikasi Photoshop mungkin masih terdengar sedikit asing, Nahi, maka dari itu saya akan menjelaskan sedikit mengenai aplikasi Photoshop ini.

Photoshop merupakan sebuah aplikasi buatan Adobe Systems yang berfungsi sebagai aplikasi desain grafis dan bertujuan untuk mengedit foto atau gambar. Photoshop dipublish pada tanggal 19 Februari 1990, dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi ini yaitu C++ dan Pascal.

Langkah-Langkah Membuat Design Grafis Menggunakan Photoshop

1. Yang pertama tentunya kamu harus memiliki aplikasi Adobe Photoshop atau Photoshop, Nah kalau kamu belum memiliki aplikasi ini kamu bisa mendapatkan aplikasi nya di situs resmi Adobe.

Baca Juga :  Pengertian Disiplin, Tujuan, Macam, Manfaat, dan Contohnya

2. Jika kamu sudah mendapatkan aplikasi Adobe Photoshop, maka lakukan proses penginstallan pada perangkat kamu, apabila sudah terinstal kamu akan melihat icon Photoshop pada tampilan halaman di desktop kamu.

3. Selanjutnya jika anda kamu telah berhasil melakukan proses penginstallan, kemudian klik pada icon nya untuk bisa masuk kedalam aplikasi Adobe Photoshop, saya menggunakan versi Photoshop CS6 pada artikel ini, jika sudah kamu akan mendapatkan tampilan aplikasi Adobe Photoshop.

4. Kemudian klik File lalu Klik New, kamu bisa mengikuti gambar yang ada di bawah ini, namun kamu bisa menggunakan shortcut keyboard dengan menekan kombinasi Ctrl+N, Greader juga bisa membuka dokumen yang sudah tersedia dengan menekan keyboard Ctrl+O.

5. Apabila sudah langkah tadi sudah, anda akan ditampilkan tampilan seperti ini, pada tampilan ini kamu bisa melihat ada beberapa menu disini, pada menu width anda bisa mengisi nilai untuk lebar dokumen kamu, dan height untuk mengatur tinggi dari dokumen anda, disana juga terdapat resolution yang bisa mengatur resolusi dari dokumen yang akan anda buat.

6. Selanjutnya, anda juga bisa merubah ukuran dokumen kamu dengan yang kamu inginkan dengan menu Preset dibawah ini. Gambar dibawah kami menggunakan Preset International Paper, dan anda bisa melihat pada menu Size disitu ada banyak pilihan ukuran jenis kertas yang sudah disediakan, Disini kami akan mengganti ukuran A4 untuk dokumen desain grafis pada langkah-langkah ini.

7. Yang terakhir, apabila semuanya sudah anda atur, maka anda dapat melihat lembar dokumen desain grafis anda dan anda bisa memulai desain dengan ukuran desain yang telah anda sesuaikan sebelum nya.

Contoh Desain Grafis Photoshop

Berikut ini adalah hasil desain grafis yang keren, diantaranya :

Baca Juga :  Ergonomi - Pengertian, Tujuan, Manfaat, Prinsip, dan Ruang Lingkup

Contoh 1 :

Sinergi Photoshop Action

Buat efek foto trippy, psychedelic yang terinspirasi oleh warna neon retro dan bentuk geometris. Jika ingin menggunakan tindakan Sinergi ini, cukup isi area di mana Anda ingin menerapkan efek, lalu tekan putar. Seketika kamu akan mendapatkan tampilan yang mengesankan sempurna untuk poster dan selebaran pesta seperti gambar di bawah ini.

Contoh 2 :

Hello Autum Photoshop Action

Terkadang memang menemui kesulitan untuk membuat komposisi yang sempurna sebagai fotografer. Tapi untungnya, kamu bisa menambahkan efek apa pun yang kamu inginkan dengan bantuan tindakan Photoshop. Unduhan ini menampilkan aksi fenomenal yang memungkinkan kamu menambahkan daun musim gugur yang jatuh hanya dengan satu klik, lihat gambar ini. Selamat mempraktekannya…

Demikianlah pembahasan kami mengenai Langkah-Langkah Membuat Desain Grafis Photoshop. Semoga bermanfaat dan Selamat mempratekannya..

Artikel lainnya :

Langkah-Langkah Dalam Membuat Desain Grafis (Photoshop)
5 (100%) 1 vote[s]