Lari Cepat

Posted on
Lari-Cepat

Artikel makalah Lari Cepat – yang meliputi dari pengertian, tujuan, manfaat, teknik, tips, sejarah, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga, beberapa cabang olahraga memang terdapat banyak sekali manfaat sehingga dapat membuat badan menjadi sehat, di mana topik pembahasan kami kali ini adalah mengenai tentang Lari Cepat, Mungkin sebagian dari kita sudah banyak yang tahu apa itu lari cepat, lari cepat adalah salah satu cabang olahraga yang membuat tubuh semakin sehat dan semakin stabil karena dengan gerakan nya yang membutuhkan tenaga yang kuat.

Untuk lebih jelasanya lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pngertian Lari Cepat Adalah

Lari-cepat

Lari cepat Adalah salah satu cabang olahraga yang pada dasarnya membutuhkan aksi lari dalam kecepatan yang sangat tinggi walaupun terkadang jarak larinya sangat lah pendek mencapai 100 samapai dengan 200m.

Lari cepat adalah lari yang paling umum dan yang paling dikenal seseorang dalam dipertandingan di tingkat SMA atau SMP, dalam sebuah Olimpiade nasional dan internasional.

Dengan demikian lari cepat ini juga yang harus dipersiapkan adalah dalam meningkatkan kecepatan dalam berlari dan berlari lebih efisien karena mengerahkan denganenergi yang sangat kuat supaya dapat mencapai garis finis dengan sempurna.

Baca Juga: Slow Jogging

Teknik Lari Cepat  

Setelah sudah mengetahui beberapa penjelasan di atas maka terdapat juga beberapa teknik dalam melaksanakan olahraga ini,

Berikut teknik-teknik yang harus di ketahui dalam lari cepat ini :

1. Teknik Atur Pernafasan

Teknik Atur Pernafasan merupakan hal yang haru di perhatikan dalam melakukan aktifitas ini karena langkah yang paling awanl dengan melangkah kan harus di mulai dengan pernafasan yang efektif.

Hal ini akan memungkinkan terhadap berlari yang lebih cepat dan efisien sehingga dapat menjadi pemandu yang akan berlari terlalu keras serta tidak cukup keras dalam melangkahkan kaki dan hembusan napas.

2. Teknik Posisi Kaki

Teknik Posisi Kaki merupakan teknik dasar dalam hal postur tubuh yang akan berlari dengan sempurna karena jika seseorang sedang melakukan lari dapat menjaga postur dengan mengarah ke depan.

Posisi kaki dengan baik dan benar pasntinya akan terlihat lebih mudah dalam melakukan hal ini karena tubuh tetap lurus dan pinggang tidak tertekuk dengan posisi yang salah.

Sementara itu jika posisi kedua kaki bergerak yang salah makan akan mengakibatkan gerakan yang salah maka pelari tidak akan bisa melakukannya denga sempurna bahkan akan mengalami cedera.

3. Teknik Ayunkan Tangan

Teknik Ayunkan Tangan adalah satu teknik yang terdapat dalam olahraga ini sehingga dengan gerakan ayunan tangan akan terbiasa lari yang stabil dan sambil mengayunkan tangan denagan menyilang ke sisi tubuh dengan berlawanan.

Jika berlari dengan ayunan tangan yang benar maka dapat melakukannya dengan benar dan sapat memberikan dorongan kecepatan terhadap tubuh dalam melakukan star kecepan dalam berlari.

4. Teknik Sprint

Teknik Sprint merupakan teknik yang pada umumnya orang dapat melakukan berlari dengan menempatkan telapak kaki dengan kaki gingga rata dengan tanah karena dapat menunjuk ke arah depan.

Sprint sebenarnya dapat membatasi langkah kaki karena membutuhkan waktu lebih yang lama untuk mengayuh melalui gerakan dalam berlari sehingga kaki akan terasa lebih berat dalam melakukan gerakan yang sampai kapasitas maksimalnya.

5. Teknik Jari Kaki 

Jari Kaki adalah salah satu teknik pada saat melangkah dengan biasanya sehingga jari-jari kaki akan relaks dan menghadap ke arah depan dan dapat membiarkan jari kaki akan membatasi gerak hingga dapat membuat kaki mengayuh lebih lama dengan gerakan ini karena terasa lebih berat.

Tips Lari Cepat

Di dalam beberapa cabang olahraga yang telah kita ketahui bahwasannya akan terdapat tips dalam melakukan nya shingga setiap pemain akan lebih mudah dalam melakukan permainan tersebut.

Berikut beberapa tips yang harus di ketaui dalam olahraga lari cepat ini adalah sebagai beruikut :

  • Maksimal latihan dengan mandi air panas dan dingin.
  • Lakukan istirahat dengan teratur.
  • Lakukan Start yang baik untuk mendapatkan akhir yang memuaskan.
  • Lakukan menjelang garis akhir sehingga Anda dapat mencapai garis akhir lebih cepat
  • Jika Anda mengikuti lomba hembuskan napas sambil berlari dan jangan meninggalkan blok start
  • Lakukan latihlah kecepatan dengan repetisi 150 m atau 200 m
  • Tetaplah berada di lintasan
  • Jika berlomba dengan pelari lain lakukan jabatan tangan mereka setelah lomba
  • Tetaplah fokus pada garis akhir hingga jangan menoleh ke belakang sebelum sampai finis

Baca Juga: Jalan Cepat

Manfaat Lari Capat Untuk Tubuh

Lari terkadang memang terlihat mudah di lakukan namun ternyata untuk melakukannya membutuhkannya tenaga yang sangat kuat maka terdafat beberapa manfaat dalam olahraga lari cepat adalah.

  • Dapat menjaga kesehatan dan menurunkan beratbadan
  • Dapat mempermudah meninggikan postur tubuh
  • Membantu pembentukan otot kaki dan tangan
  • Membuat lebih awet muda
  • Dapat memulihkan kejantanaan peria

Demikianlah beberapa informasi tentang lari cepat dan beberapa contoh dan teknik serta manfaat nya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, Terima kasih telah berkunjung di halaman Web kami.

Baca Juga: Macam Macam Beladiri Di Indonesia