Lari Jarak Pendek

Posted on
Lari-Jarak-Pendek

Artikel makalah Lari Jarak Pendek – yang meliputi dari pengertian, sejarah, manfaat, teknik, tujuan, paraturan, ukuran lapangan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Halo sobat olahraga, Materi kali ini yang akan kami bahas adalah mengenai beberapa informasi yang berisi dengan merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki rangkum tentang lari jarak pendek dengan demikian hal ini sebagai cabang olahraga atletik.

Untuk lebih mudah memahaminya langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Lari Jarakj Pendek

Lari-jarak-pendek

Lari jarak pendek merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan teknik kekuatan kaki sehingga dapat menjaga keseimbangan pada tubuh.

Olahraga ini sangat banyak menguras tenaga karena akan dibutuhkan juga teknik dalam pernafasan yang baik dan benar sehingga dalam melakukan nya tidak terlalu ngos-ngosan pada saat berlari.

kecepatan dalam melakukan olahraga ini dalam sepanjang garis lintasan yang akan menjadi diperlukan tentang penguasaan teknik dasar yang terlebih dahulu.

Baca Juga: Lari Cepat

Sejarah Lari Jarak Pendek

Hal tersebut adalah salah satu cabang olahraga yang tertua di dunia olahraga sehingga menjadi satu-satunya yang berdiri tepatnya pada tahun 1976 SM dari seseorang yang ahli di bidang olahraga.

Menurut cerita hal ini sering dilombakan pada olimpiade ajang perlombaan yang merupakan salah satu bentuk penghormatan dalam berlari sejauh 40 m dengan kemenangan cabor lari pendek tepatnya pada tahun 1896.

Selain terdapat beberapa jenis lari yang lainnya maka dapat juga memiliki dalam jarak yang akan di tempuh pada setiap jenis lari yang memiliki teknik yang berbeda beda dengan jenis lari yang lainya.

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek

Setelah mengetahui beberapa penjelasan dan sejarah di atas tentang olahraga terdapat juga beberapa teknik dasar yang harus di ketahui pemain tentang olahraga tesebut.

Berikut beberapa teknik nya adalah sebagai berikut :

A. Teknik Start Lari Jarak Pendek

Start merupakan suatu teknik dasar dalam persiapan awal seorang pelari yang akan melakukan gerakan berlari sehingga pelari dapat mengoptimalkan nya.

Diantara beberapa teknik start yang terdapat adalah sebagai berikut:

Start Pendek : start pendek menggunakan dengan kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan terletak di sebelah sekitar kaki kiri dengan satu kepal sehingga kedua tangan dapat diletakkan di belakang garis start.

Start Panjang : Start panjang menggunakan dengan kaki kiri yang diletakkan di depan lutut sehingga kaki kanan akan terletak di belakang sekitar satu kepalan.

Start Menengah : Start menengah menggunakan dengan kaki kiri di depan sehingga lutut dan kaki kanan diletakkan pada belakang garis start dengan menggunakan empat jari yang di rapatkan.

B. Teknik Sikap Tubuh Lari Jarak Pendek

Teknik sikap tubuh pada lari jarak pendek ini adalah Jangan terlalu tegak serta jangan terlalu membungkuk pada garis star seperti pada titik awalan start yang terlalu tegak.

Hal ini akan menyebabkan dapat menghambat dalam kecepatan yang terlalu membungkuk dapat mengganggu pernafasan yang tepat tegak dan posisi tubuh agak condong ke arah depan. Sehingga otomatis awalan lari akan perlahan mengikuti pada gerak tubuh.

C. Teknik Mencapai Finish

Teknik Mencapai Finish adalah salah satu target yang akan di capai pada saat mencapai garis finish karena otomatis kecepatan tetap fokus pada garis finish.

Dengan demikian gerakan tubuh yang akan menyentuh garis finish karena dapat memikirkan aksi apapun agar tetap berlari dengan kecepatan yang akan dengan mudah mencapai finis dengan penuh.

Baca Juga: Salto Depan

Ukuran Lapangan Lari Jarak Pendek

Lapangan-lari-jarak-pendek

Lapangan dalam penggunaan olahraga ini dapat di lakukan pada lapangan terbuka maupun pada lapangan yang tertutup atau dapat juga di lakukan pada lapangan yang khusus.

Berikut bentuk lapangan lari jarak pendek adalah sebagai berikut :

  • Memiliki luas 400 meter persegi dengan dan terdapat 1 titik garis finish
  • Memiliki garis start yang berbeda dan memiliki ukuran 100 m dan 200 m maupun 400 m
  • Memiliki lintasan sprinter 100 m dari start hingga finish
  • Pada sprinter memiliki nomor yang berjarak 400 m dan atlet akan menempuh 1 kali dalam putaran pada lapangan

Peraturan Lari Jarak Pendek

Peraturan atletik ini dapat diatur hingga diresmikan oleh  Athletics Federations di tingkat internasional dalam persatuan olahraga tingkat nasional.

Berikut beberapa peraturan olahraga lari jarak pendek :

  • Setiap pelari harus melawati garis start dan garis finish dengan benar dan melakukannya dengan tegak dan lurus.
  • Setiap atlet wajib memperhatikan beberapa aba-aba dari pemandu dalam olahraga tersebut.
  • Setiap atlet tidak boleh berlari pada gari start
  • Pada saat awalan start dan maksimal kesalahan yang anggap tidak sah
  • Setiap pelari dilarang memasuki lintasan dalam pelari lain
  • Setiap pelari dilarang mengganggu pelari lain
  • Setiap pelari tidak diperbolehkan keluar dari lintasan
  • Setiap pelari tidak diperbolehkan menggunakan doping

Manfaat Lari Jarak Pendek

Hal ini memang olahraga yang sangat mudah di lakukan dan terdapat beberapa manfaat dalam olahraga ini.

Berikut beberapa manfaat yang di dapat dalam olahraga ini adalah sebagai berikut :

  • Membakar lemak
  • Menguatkan tulang
  • Membentuk otot
  • Meningkatkan kecepatan dalam berlari
  • Memperlancar pernafasan

Demikian lah yang dapat kami sampaikan mengenai informasi tentang lari jarak pendek dan beberapa tekninya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan mermanfaat, terima kasi telah berkunjung di halaman Web Kami.

Baca Juga: Baseball Pass