Macam-Macam Limas Beserta Pengertian dan Contoh

Posted on

MateriBelajar.Co.id Pada kali ini akan membahas tentang limas yang meliputi pengertian dan macam-macam limas beserta contohnya, untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini

pengertian limas
pengertian limas

Pengertian limas

Limas adalah bangun ruang yang memiliki sisi ataupun bidang samping berbentuk segitiga dengan puncak pada bagian atasnya”

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, pengertian bangun ruang limas yaitu benda ruang dengan bentuk alas segitiga (segi empat atau sebagainya) sesuai dengan bentuk limasnya, dan bidang sisi berbentuk segitiga yang memilki titik puncak berimpit paling puncak.

Jenis-jenis limas

Sesuai dengan bentuk alasnya, Limas bisa dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :

Limas segitiga

limas segi tiga
limas segi tiga

Jenis bangun ruang limas yang pertama yaitu limas segitiga. Limas segitiga adalah bangun ruang limas yang alasnya memiliki bentuk segitiga (bisa segitiga sama sisi, sama kaki, siku siku maupun segitiga sembarang).

Limas segi empat

limas segi empat
limas segi empat

Selanjutnya ialah limas segiempat merupakan limas yang bangunan alasnya memiliki bentuk segiempat (persegi, persegi panjang, layang layang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, atau lainnya).

Limas segi lima

limas segi lima
limas segi lima

Sama halnya dengan limas segitiga dan limas segiempat diatas, limas segilima juga memiliki alas yang berupa bangun segi lima. Bisa berupa segi lima teratur ataupun segi lima sembarang

Limas segi enam

limas segi enam
limas segi enam

Selanjutnya bangun ruang limas segi enam. Bangun ruang ini yaitu bangun ruang yang alasnya memiliki bentuk segienam, segi enam yang teratur maupun segi enam sembarang.

Jenis bangun ruang limas tak hanya ada 4 jenis bangu limas diatas. Masih ada banyak limas lainnya. Namun banyak bangun ruang limas yang dipelajari ketika SD, SMP, ataupun SMA, adalah ke 4 limas tersebut.

Limas memiliki puncak dan tinggi. Yang dimaksud dengan tinggi limas yaitu jarak terpendek sebuah bangun limas mulai dari puncak bangun limas menuju sisi bagian alas. Selain itu, tinggi limas juga tegak lurus pada titik potong di bidang alas limas tersebut.

Seperti bangun ruang lainnya, ternyata cara mencari tahu bagaimana bentuk jarring jarring bangun limas yaitu dengan cara mengiris rusuk rusuk bangun limas ini. Setelah kamu iris bagian rusuk rusuknya, rebahkanlah bangun tersebut.

Sama halnya pada bangun ruang prisma, jika ingin tahu bagaimana luas permukaan bangun limas bisa didapat dengan cara menentukan terlebih dahulu bagaimana bentuk jarring jarring bangun ruang limas ini.

Sifat Limas

Sifat-sifat limas ini hampir mirip pembahasannya dengan unsur limas, hanya sedikit berbeda. Dimanakah perbedaannya? simak pembahasan dibawah ini!

Sifat-sifat limas segitiga

Untuk beberapa bentuk limas tertentu, misalnya limas segitiga atau limas segi empat, mempunyai beberapa sifat yang perlu untuk diketahui. Untuk lebih mamahami tentang sifat-sifat limas pada limas segitiga dan limas segiempat, silahkan perhatikan gambar dibawah !

Pada gambar limas segitiga di atas (a) menunjukkan sebuah limas segitigga D.ABC. Pada gambar limas segitiga itu semua sisi-sisi limas tersebut berbentuk segitiga.

Pada limas segitiga D.ABC tersebut di atas mempunyai 4 (empat) buah sisi yang berbentuk segitiga, yaitu;
– Sisi ABC
– Sisi ABD
– Sisi ACD

Jika limas segitiga yang mempunyai sisi-sisi berbentuk sigitiga sama sisi, maka limas itu disebut dengan limas segitiga beraturan.

Sifat-sifat limas segi empat

Sekarang perhatikan limas segi empat E.ABCD tersebut . Dari gamber tersebut bids dilihat bahwa limas segi empat mempunyi alas berbentuk segi empat (persegi atau persegi panjang).

Sesuai dengan sifatnya, setiap diagonal segi empat (persegi dan persegi panjang) mempunyai ukuran yang sama panjang.

Maka, limas segiempat mempunyai diagonal alas yang sama panjang. Perhatikan Gambar limas segi empat E.ABCD (b) , panjang diagonal alas AC dan BD mempunyaiukuran yang sama panjang.

Demikianlah pembahasan tentang jenis limas, senoga bermanfaat

Artike Lainya :