Listrik Statis – Pengertian, Konsep, Rumus, dan Contoh

Posted on

Listrik Statis – Listrik statis merupakan ketidakseimbangan muatan listrik pada permukaan benda. Muatan listrik tetap akan ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan arus listrik. Untuk lebih jelasnya lagi maka simaklah Materi Listrik Statis mulai dari Pengertian, Konsep, Rumus, dan Contoh.

Listrik Statis

Pengertian Listrik Stastis

Listrik statis merupakan ketidakseimbangan muatan listrik pada permukaan benda. Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan arus listrik.

Kesimpulannya, bahwa listrik statis berhubungan dengan gejala kelistrikan yang tidak mengalir. Listrik statis tidak dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat yang lain atau hanya bisa ada sekejap pada suatu tempat.

Konsep Dasar Listrik Statis

Kejadian seperti hal potongan kertas kecil dapat berinteraksi dengan penggaris yang sebelumnya penggaris digosok-gosok bisa dijelaskan dengan konsep dasar listrik statis “muatan listrik” ini, karena jika berbicara tentang listrik tentu tidak akan lepas dari muatan listrik, listrik statis “electrostatic” membahas muatan listrik yang ada dalam keadaan statis “diam atau tidak bergerak”.

Muatan listrik timbul sebab adanya perpindahan elektron dari satu benda ke benda lain. Terdapat dua muatan listrik yaitu muatan positif dan negatif, dapat dikatakan bermuatan positif apabila proton lebih banyak dibanding jumlah elektron dan begitu pula sebaliknya, sedangkan bila benda yang tidak memiliki muatan disebut netral.

Benda yang mempunyai muatan yang sejenis akan saling tolak-menolah jika didekatkan satu sama lain, tidak sama dengan benda yang memiliki  muatan yang berbeda akan saling tarik-menarik. Interaksi yang terjadi antar muatan listrik dapat dijelaskan dengan gaya coulomb.

Medan listrik suatu muatan listrik disebut memiliki medan listrik, medan listrik merupakan daerah di sekitar benda yang bermuatan listrik yang masih mengalami gaya listrik. Dapat juga disebut medan listrik ialah suatu daerah dimana gaya listrik masih bekerja. Medan listrik adalah efek yang timbul oleh muatan listrik dalam suatu benda.

Arah medan listrik dari benda yang bermuatan listrik dapat digambarkan dengan garis-garis gaya listrik. Sebuah muatan positif memiliki garis gaya listrik menjauhi (keluar) dari muatan tersebut, dan sebuah muatan negatif memiliki garis gaya listrik mendekati (masuk) muatan negatif.

Rumus Listrik Statis

Di bawah ini adalah rumus-rumus listrik statis beserta uraian penjelasan.
Rumus listrik statis

Contoh Listrik Statis

Sebenarnya kita sering kali menjumpai contoh listrik statis dalam kehidupan kita sehari-hari tetapi mungkin saja tidak kita sadari. Adapun contoh seperti berikut ini :
contoh listrik statis
  1. Debu yang menempel pada layar tv
  2. Kain sutra apabila kita gosok dengan batang kaca. Maka akan terjadi reaksi tarik-menarik antara kedua benda tersebut. Karena elektron dari batang kaca berpindah ke kain sutera sehingga batang kaca akan bermuataisn positif dan batang kaca akan bermuatan negatif
  3. Menggosokan balon dengan tangan yang kering
  4. Ketika kita menyisir rambut, tanpa kita disadari terkadang rambut terbawa berdiri sendiri beriringan dengan gerakan sisir. Hal ini terjadi karena adanya interaksi muatan antar sisir dengan rambut.
  5. Penggaris yang digosok-gosok ke rambut atau tangan kering bisa menarik potongan kertas kecil.
  6. Apabila kita mendekatkan tangan ke layar TV yang baru saja dimatikan. Perhatikan bulu yang ada di tangan anda akan berdiri.
  7. Apabila penggaris plastik digosok dengan kain woll. Maka kedua benda tersebut memiliki muatan netral, tetapi saat 2 benda tersebut digesekkan maka akan ada perpindahan elektron dari kain woll ke penggaris plastik. Sehingga penggaris plastik bermuatan negatif dan kain woll bermuatan positif.

Demikianlah pembahasan kami mengenai materi Listrik Stastis. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

5.0
02