Lompat Katak

Posted on
Lompat Katak

Artikel makalah Lompat Katak – meliputi dari pengertian, teknik dasar, manfaat, modifikasi gerakan, tujuan, tips, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Sobat olahraga telah banyak kami membaghas tentang olahraga dan kali ini kami akan membahas materi tentang Lompat katak atau loncat katak, Apa itu lompat katak– Hal ini merupakan salah satu jenis permainan olahraga dan dapat dilakukan oleh anak sekolah dalam pelajaran Penjaskes . Olahraga ini dilakukan dari bimbingan guru olahraga untuk dapat menghasilkan gerakan yang benar.

Langsung saja ya sobat simak penjelasan di bawah ini :

Pengertin Lompat Katak

Lompat Kodok

Lompat katak/loncat katak Hal ini merupakan gerakan dalam loncatan dengan kedua kaki secara bersama-sama karena jenis nya menyerupai lompatan yang dilakukan oleh katak.

Lompat katak diawali dengan latihan berdiri dengan menggunakan kedua tangan berada di belakang badan pada saat akan melakukan lompatan sehingga dapat menkaga keseimbangan saat melompat.

Lompat katak juga bukan hanya olahraga yang asing pada kegiatan anak sekolah dalam mata pelajaran Penjaskes hal ini sangat diajarkan untuk melakukan jenis kegiatan dalam latihan olahragayang mudah dan sangat sederhana.

Baca Juga: Teknik Dasar Wall Climbing

Teknik Olahraga Lompat Katak

setelah kami uraikan di atas maka olahraga ini terdapat beberapa teknik untuk melakukan aktifitas ini adalah sebagai berikut.

1. Dasar Lompat Katak

Untuk melakukan Dasar Lompat Katak ini dengan menggunakan gerakan dari beberapa lompatan sehingga posisi tubuh saat awal dibuka selebar bahu.

Dengan demikian hal ini akan seperti hendak melakukan duduk di mana bokong dicondongkan ke arah belakang sementara tubuh bagian atas tetap diluruskan.

Untuk melakukan olahraga ini dapat juga di lakukan dengan mengambil ancang-ancang untuk melakukan lompatan dengan baik dan benar sehingga dapat disesuaikan pada jauhnya gerakan tubuh untuk melakukan lompatan kembali.

2. Teknik Saat Melompat

Ketika melakukan olahraga ini dasar gerakan pada lompatan harus mempercayai akan masuk ke dalam posisi yang cukup intens sehingga dapat dianjurkan juga untuk tidak melakukan lompatan dalam keadaan fisik yang lemah.

Dengan demikian untuk melakukan lompatan yang setinggi mungkin saat terbang di udara akan tetapi tak perlu melakukannya supaya tak terjadi cedera yang patal dalam olahraga tersebut.

3. Teknik Lompatan Satu Kaki

Teknik Lompatan Satu Kaki adalah jenis gerakan dengan satu kaki posisi tubuhharus berjongkok dengan satu kaki dan ditekuk seperti posisi seorang pria hendak melakukan dalam keseimbangan tubuh.

Lakukan kerakan dengan secepat mungkin dan posisi badan dapat dipindahkan dari lutut ke kaki dengan posisi tangan bertugas sebagai penyeimbang posisi.

Dengan demikian teknik ini dapat juga di lakukan dalam gerakan pada saat mendaratlah dengan kaki sambil melakukan dengan bergantian dengan kaki lainnya.

4. Teknik Pernapasan

Teknik Pernapasan adalah teknik dalam merangkum sebuah gerakan yang akan di lakukan.

Berikut beberapa teknik dalam gerakan pernafasan adalah sebagai berikut :

  • Ambil posisi saat berdiri atau setengah berjongkok dengan kedua kaki dibuka selebar bahu
  • Melompatlah ke depan dan tinggi
  • Pastikan pendaratan dilakukan dengan jari kaki dan bukan tumit serta posisi pendaratan adalah dengan kuat
  • Melompat kembali ke belakang untuk berada di posisi awal
  • Ulangi gerakan bebrapa gerakan sebelumnya dengan kemampuan fisik atau keinginan yang sudah dibuat

5. Teknik Set dan Repetisi

Teknik Set dan Repetisi adalah teknik yang sangat baik untuk di lakukan karena teknik ini dapat melakukan gerakan yang sempurna dan lebih baik sehingga dapat melatih fisik melalui jump squat.

Baca Juga: Teknik Lari Maraton

Manfaat Olahraga Lompat Katak

Deri beberpa cabang olahraga yang telah di ketahui pastinya ada manfaat nya untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat dalam aktifitas ini adalah :

Meningkatkan kekuatan : Melakukan olahraga ini di lakukan dengan benar dan dilakukan denganberulang dapat meningkatkan kekuatan otot dan menjaga kesehatan.

Meningkatkan daya tahan : Melakukan olahraga ini dengan baik dan dilakukan dengan berulang dapat meningkatkan daya taha tubuh yang labih kuat serta kekuatan otot yang meningkat.

Meningkatkan kelincahan : Melakukan olahraga ini dengan baik dan dilakukan dengan berulang dapat meningkatkan kelincahan dan bembentuk kekuatan otot meningkat karena sudah terbiasa.

Meningkatkan kecepatan : Melakukan olahraga ini dengan baik dan benar serta dilakukan dengan berulang kali dapat meningkatkan kecepatan dalam berfikir serta menjaga kekuatan otot menjadi permainan.

Meningkatkan ketangkasan : Melakukan olahraga ini dengan baik dan dilakukan dengan berulang-ulang dapat meningkatkan ketangkasan kejantanan serta menjaga kekuatan otot

Berpengaruh pada kesehatan mental : Melakukan olahraga ini dengan baik dan benar dan dilakukan dengan berulang-ulang dapat meningkat kan kesehatan mental serta membetuk otot

Modifikasi Olahraga Lompat Katak

Olahraga lompat katak ini pada dasarnya dapat dilakukan dengan sendirian atau berkelompok pada jarak yang bisa menjadikan permainan maka modifikasi gerakannya antara lain.

Caranya:

  • Menyiapkan papan penghalang
  • Siswa dibentik dalam kelompokkan atau menjadi dua kelompok
  • Dapat ditempatkan dan menggunakan papan penghalang dengan jarak tertentu
  • Kelompok yang selesai lebih cepat maka dialah pemenangnya

Demikian lah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa informasi tentang olahraga lompat katak serta teknik dan manfaatnya, semoga dengan adanya artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasi

Baca Juga: Teknik Dasar Permainan Golf