Macam – Macam Demokrasi dan Penjelasanya [Lengkap]

Posted on

Macam – Macam Demokrasi – Terdapat tiga macam dalam sistem demokrasi yakni Demokrasi bersdasarkan penyaluran kehendak rakyat, Demokrasi hubungan antar kelengkapan negara Dan Demokrasi  berdasarkan prinsip ideologi. Demokrasi tersebut mencakup kondisi ekonomi, sosial dan budaya yang akan memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara. Agar lebih jelasnya simaklah ulasannya di bawah ini.

Demokrasi

Kemudian apa penjelasannya dari macam-macam demokrasi yang ada di negara-negara di dunia dan Apa saja kelebihan serta kekurangan dari tiap-tiap sistem demokrasi tersebut? Sebelum membahas materi mengenai macam-macam demokrasi ini, sedikit kami ingatkan pengertian mengenai pengertian demokrasi di bawah ini.

Pengertian Demokrasi – Demokrasi berasal dari kata demokratia yang bersal dari bahasa Yunani. Demokrasi ini memiliki arti yakni suatu kekuasaan rakyat. Jika secara umum, demokrasi terbagi menjadi 2 kata, Yakni kata pertama adalah kata Demos yang artinya adalah rakyat, kemudian yang kedua adalah kratos yang artinya adalah kekuatan atau kekuasaan.

Macam-Macam Demokrasi

A. Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

Deemokrasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat ini terbagi menjadi dua kelompok, yakni :

  • Demokrasi langsung (direct democracy)
    Demokrasi Langsung, Sistem demokrasi ini melibatkan warga negara untuk langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan.
  • Demokrasi tidak langsung/ perwakilan (indirect democracy)
    Demokrasi Tidak Langsung, Walau kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat, Akan tetapi pada sistem demokrasi ini kekuasaan politik warga negara dilaksanakan secara tidak langsung yakni melalui perwakilan rakyat.

 

B. Demokrasi Berdasarkan Hubungan antar Kelengkapan Negara

  • Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum
    Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum, yakni merupakan sistem demokrasi yang mana rakyat mempunyai perwakilan untuk menjabat diparlemen namun tetap dikontrol oleh rakyat dengan menggunakan sistem refrendum.
  • Demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer
    Demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer, yakni merupakan sistem demokrasi yang dimana terdapat hubungan kuat antara badan eksekutif dengan badan legislatif.
  • Demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan
    Demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan, yakni merupakan sistem demokrasi yang menjelaskan kedudukan antara eksekutif dengan legislatif terpisah, sehingga  tidak berkaitan secara langsung seperti halnya sistem parlementer.
  • Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum dan inisiatif rakyat
    Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum dan inisiatif rakyat, yakni Merupakan sistem demokrasi penggeabungan antar demokrasi perwakilan / tidak langsung dengan demokrasi secara langsung. Adapun dalam sistem ini masih tetap ada badan perwakilan akan tetapi dikontrol oleh rakyat melalui refrendum dan sifatnya fakultatif dan obligator.

 

C. Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi

Sistem demokrasi berdasarkan prinsip ideologi terbagi menjadi 3 bagian, yakni :

  • Demokrasi Liberal
    Demokrasi Liberal yakni merupakan sistem demokrasi yang menjunjung tinggi hak setiap warga negara serta memberikan kebebasan setiap individu dalam mengemukakan pendapatnya. Adapun demokrasi liberal ini dapat disebut juga dengan demokrasi konstitusional, yang dimana pemerintah wajib melindungi hak-hak individu warganya sesuai yang apa yang telah tertera dalam konstitusi.
  • Demokrasi Rakyat
    Demokrasi Rakyat yakni merupakan sistem demokrasi yang dijalankan berlandaskan paham sosialis atau komunisme, yang mana kepentingan negara dan kepentingan umum menjadi yang terpenting di atas kepentingan individu.
  • Demokrasi Pancasila
    Demokrasi Pancasila yakni merupakan sistem demokrasi yang dilaksanakan berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Adapun sistem demokrasi Pancasila ini berasaskan musyawarah mufakat yang mengedepankan kepentingan umum.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Macam – Macam Demokrasi, Semoga bermanfaat…

Artikel lainnya :