Macam Macam Ideologi

Posted on

Artikel makalah tentang Macam Macam Ideologi dan penjelasannya menurut isi dan makna dalam hubungan politik yang secara umum, dari negara yang berkembang.

Macam Macam Ideologi,,,, Adalah sebuah pembahasn tentan suatu kedudukan negara dengan perkembangan dari berbagai bidang politik dan budaya, sehingga hal ini dapat membentuk keadilan pada masyarakat, untuk menjunjung tingggi dan yang paling tertinggi. Supaya lebih jelas langsung saja simak artikel di bawah ini.

Pengertian Ideologi

Ideologi adalah salah satu kumpulan ide dan yang dapat memberikan manfaat sebagai visi dan misi sehingga dapat disusun dengan sangat rapi dan komprehensif.

Sebagaian besar kata ini sabagai gagasan kelompok mayoritas dari suatu daerah atau wilayah dengan tujuan dari keberadaan ideologi untuk menawarkan sesuatu yang baru dan dapat mengubah sistem menjadi lebih baik dan lebih sejahtera.

Maka hal ini juga dapat memberikan ide yang akan akan menjadi panutan dan tolok ukur bagi politik dalam bidang ekonomi, budaya dan bentuk pada kehidupan negara lainnya.

Maka tujuan ideologi adalah untuk memberikan perubahan melalui proses pemikiran normatif sebaai sistem pemikiran dalam abstrak yang diterapkan pada masyarakat.

Baca Juga: Pranata Sosial

5 Macam macam Ideologi

Dari ulasan singkat di atas maka kami akan memberikan beberapa macam dan peranan ideologi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. liberalisme

Pemahaman ideologi liberalisme terkenal dari ideologi yang dipahami bahwa hal ini dapat maju dan harus didasarkan pada kebebasan dalam pandangan politik.

Berikut nilai-nilai liberalisme adalah sebagai berikut:

A. Peluang Setara – adalah salah satu bentuk yang terdapat dalam sehina memiliki hak untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk mencapai sesuatu, terhadap kualitas antara orang lain dari berbagai kinerja pada keterampilan.

B. Kesetaraan hak – adalah salah satu bentuk dan kunci yang sangat penting yang dimiliki setiap orang agar dapat memberi pendukung hak yang sama dalam memilih sesuatu.

C. Kesejahteraan Negara – adalah salah satau bentuk yang harus melakukan kegiatan yang sudah disetujui oleh rakyat dengan menduduki sebagai pemegang otoritas yang tertinggi.

D. Fungsi Pemerintah dan Negara – adalah salah satu bentuk dan tindakan dari negara sebagai penasihat dan menetapkan pada aturan dan hukum yang harus dipatuhi.

Baca Juga: Makna Pembukaan UUD 1945

2. Nasionalisme

Nasionalisme adalah sebuah pemahaman tentang kedaulatan negara untuk mencapai kerja sama dari orang-orang pada kepentingan yang sama.

Berbagai bentuk nasionalisme adalah:

  • Kewarganegaraan Nasionalis – sebagai Aliran kewarganegaraan yang dapat menunjukkan bahwa proses politik sangat berperan sehingga rakyat sebagai komponen yang sangat penting dalam berkontribusi dengan sistem negara.
  • Etnis Nasionalis – sebagai suatu tantangan bahwa negara kebenaran sebagai politik yang sangat tergantung pada budaya.
  • Romantis Nasionalis – sebagai suatu pemahaman nasionalis agar dapat berkembang dari etnis nasionalis dan budaya tentang kebenaran politik.

3. Demokrasi

Demokrasi adalah salah satu pengaruh dalam kekuatan yang memiliki slogan yang kuat dalam implementasinya dari rakyat untuk rakyat sehingga terdapat kekuasaan yang tertinggi.

Berikut adalah ideologi demokrasi.

Demokrasi Pancasila – adalah ideologi hanya diwakili dari satu negara di dunia dengan memahami demokrasi dari Pancasila sehingga dapat membangun negara yang demokratis

Demokrasi Kristen – adalah sebuah tatanan dari negara dalam implementasinya dengan mewujudkan yang berdasarkan prinsip-prinsip Kristen.

Demokrasi Islam – adalah suatu negara yang menerapkan pemahaman dalam demokrasi didasarkan dalam prinsip-prinsip Islam sebagai tolok ukur yang utama.

4. Konservatif

Konservatif adalah salah satu perjanjian yang mengandung beberapa elemen yang sangat penting sehingga hal yang demikian dapat berjalan dengan baik diantaranya:

Filsafatnya adalah suatu perubahan yang selalu gergerak dalam kemajuan pada perubahan dan akan terjadi secara bertahap maka hal ini akan terbentuk dalam struktur sosial politik antar negara atau masyarakat .

Gagasan adalah salah satu oeran yang penting dalam pemahaman konservatif untik pemeliharaan kondisi yang ada dengan stabilitas dinamis dan statis.

Dasar dari pemikiran hal ini merupakan suatu dasar pada elemen yang lemah dan memiliki naluri yang buruk pada mereka sehingga dapat membutuhkan pola kontrol dengan aturan yang ketat.

Sistem adalah salah satu sistem dari pemerintahan antara demokratis dan otoriter.

Baca Juga: Hukum Bisnis

5. Pancasila

Pancasila adalah sebuah ideologi pad negara dengan kesatuan yang terdpat pada Republik Indonesia yang berasal dari kata panca sebagai prinsip yang paling dasar.

Maka Pancasila memiliki lima poin dasar dan dapat berfungsi sebagai ideologi atau tolok ukur pada masyarakat yang ada diIndonesia dalam melakukan dari semua tindakan.

Maka dengan demikian Pancasila banyak yang didasarkan pada Negara yang diturunkan, dan memiliki karakteristik pad derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup dari bangsa dan negara.

Beberapa fungsi dari ideologi adalah:

  • Sebagai kekuatan dengan menjaga dari berbagai memotivasi individu, komunitas dan bangsa dalam kehiduoan yang akan mencapai tujuan dalam hidup mereka
  • Merumuskan dan mengisi suatu kehidupan pada manusia secara individu
  • Sebagai jembatan yang bergeser dari kontrol dan kekuatan pada generasi yang lebih tua dan ke generasi yang lebih muda agar dapat mencapai kehidupan yang harmoni dan kedamaian.

Demikian beberapa macam ideologi yang dapat kami sampaikan mungkin dari pembahasn kami ini dapat memberikan manfaat unutk kita semua sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Kerjasama Asean