Macam Macam Mad

Posted on
Macam Macam Mad

Artikel makalah membahas tentang Macam Macam Mad dalam ilmu tajwid, meliputi dari pengertian dari berbagai mad dan contoh lengkap supaya mudah di pahami.

Apa itu mad,,, Hal ini merupakan salah satu ajaran yang terdapat pada ajaran umat muslim sehingga dapat mempermudah untuk membaca ayat ayat suci al-Quran karena hal ini tergantung pada orang yang akan mempelajari nya. maka secara keseluruhan kami akan memberikan macam-macam mad lansung saja simak pada artikel kami di bawah ini.

Pengertian Mad dalam Tajwid

Mad sesuai pada bahasa arab المط والزيادة, yang berarti memperpanjang dan menambah sedangkan dalam istilah mad اطالة الصوت بحرف adalah من حرف المد, memperpanjang suara dengan salah satu huruf dari huruf mad yang asli.

Huruf-huruf mad dapat didefinisi kan yaitu Alif (أ), waw (و), ya ‘(ي), semuanya adalah bagian dari huruf dasar mad, karena dalam memperpanjang nada surat Hijaiyah karena ada pertemuan antara surat-surat Fathah bertemu dengan Alif mati.

Baca Juga: Macam Macam Hukum Taklifi

“Arti Bacaan Mad”

Dalam bahasanya dapat dipelajari mad memiliki arti peregangan atau bisa juga meluas yang akan menyangkut surat yang panjang sehingga membaca menggunakan nada yang panjang sesuai dengan dengan huruf mada nya.

Huruf mad Artinya sebagai tanda surat hidup, sehingga orang yang akan membacanya terdapat juga tanda sukun atau yang tidak berharokat fathah dan kemudian terdapat juga Kasrah.

Macam Macam Dan Contoh Hukum Mad

Dari pembahasan di atas, maka kami juga akan membrikan beberapa memberikan macam hukum mad dan contoh nya.

Berikut beberapa macam hukum dan contoh mad adalah:

1. Mad T habi’i ( مَدْ طَبِيعِي )

Mad T habi’i adalah alif ( ا ) yang terletak setelah fathah atau ya’ sukun ( ي ) dengan kasrah ( ―ِ ) dan wau ( و ) maka dhammah nya ( ―ُ ) dengan memaknai artinya panjang

Contohnya:

كتَا بٌ – يَقُوْلُ – سمِيْعٌ

2. Mad Wajib Muttashil ( مَدْوَاجِبْ مُتَّصِلْ )

Mad Wajib Muttashil adalah mad thabi’i bertemu hamzah ( ء ) pada suatu satu kalimat sehingga dapat di baca panjang sepanjang dari 5 harakat pada kali mad thabi’i.

Contohnya :

سَوَآءٌ – جَآءَ – جِيْءَ

Baca Juga: Macam Macam Majas

3. Mad Jaiz Munfashil ( مَدْجَائِزمُنْفَصِلْ)

Mad Jaiz Munfashil adalah mad thabi’i bertemu pada hamzah (ء ) yabg terdapat pada kalimat yang lain, dan Munfashil artinya terpisah dan membacanya seperti mad wajib saja .

Contohnya :

Mad Jaiz Munfashil

4. Mad Lazim Kilmi

Mad Lazim adalah sama hal nya dengan mad thabi’i dan memiliki tasydid di dalam kalimatnya, dan membacanya juga harus panjang.

Contohnya :

Mad Lazim Kilmi

5. Mad Lazim Mukhaffaf

Mukhaffaf Kilmi adalah sama halnya dengan mad thobi’I yang bertemu pada huruf mati, sehingga dalam membacanya haru dengan nada 6 harakat yang panjang.

Contohnya:

آﻻَن

6. Mad Layyin ( مَدْ لَين )

Mad Layyin adalah sebuah wau sukun ( و ) yang bertemu ya’ sukun ( ي ) dan berharakat fathah sehingga dalam membacanya nada yang lunak dan lemas .

Contohnya :

رَيْبٌ خَوْفٌ

7. Mad ‘Aridl Lissukun

Mad ‘Aridl Lissukun adalah waqaf atau sebagai tempat pemberhentian pada saat membaca nya.

Contohnya :

Mad ‘Aridl Lissukun

Baca Juga: Arti Barakallah

8. Mad Shilah Qashirah ( مَدْ صِلَة قَصِيْرَة )

Mad Shilah Qashirah adalah haa dhamir ( ﻪ ) sehingga dalam membacanya harus dengan nada yang panjang.

Contohnya :

Mad Shilah Qashirah

9. Mad Shilah Thawilah

Mad Shilah Thawilah adalah sebuah kalimat Mad Qashirah yang bertemu dengan hamzah ( ء ) sehingga dalam membacanya sama hal nya Mad Jaiz Munfashil.

Contohnya:

Mad Shilah Thawilah

10. Mad ‘ Iwadl ( مَدْ عِوَض )

Mad ‘ Iwadl adalah sebuah kalimat seperti fathatain pada waqaf sebagai tanda pemberhentian sehingga dalam membacanya seperti mad thobi’i.

Contohnya :

Mad ‘ Iwadl

11. Mad Badal ( مَدْ بَدَلْ )

Mad Badal adalah sebuah kalimat hamzah ( ) maka dalam membacanya sama halnya Mad Thobi’i.

Contohnya :

آدَمَ إيْماَنٌ

12. Mad Lazim Harfi

Mad Lazim Harfi adalah sebuah kalimat yang terdapat pada permulaan dalam Al-Qur’an sehingga pada huruf delapan diantaranya.

Mad Lazim Harfi

Contohnya :

وَالقلَم آلم ن يس

13. Mad Lazim Harfi Mukhaffaf

Mad Lazim Harfi Mukhaffaf adalah sebuah kalimat yang terdapat pada permulaan dalam Al-Qur’an sehingga terdapat pada huruf lima.

Contohnya :

حم الم

14. Mad Tamkien ( مَدْ تَمْكِيْن ) Yaitu :

Mad Tamkien adalah sebuah kalimat ya’ sukun ( يْ ) dan bertasydid dengan kalimat kasra sehingga dalam membacanya dapat ditepatkan dengan benar.

Contohnya:

النَبِيّيْنَ حُييِّيْتُمْ

15. Mad Farq ( مَدْ فَرْق )

Mad Farq adalah sebuah ungkapan kalimat hamzah dengan washol pada lam alif ma’rifat sehingga dalam membacanya 6 harakat yang panjang.

Contohnya :

Mad Farq

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bahas mengenai materi Tajwid tentang macam macam hukum mad beserta contohnya. semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih. Wassalamu’alaikum Warahmatulloh..

Baca Juga: Khulafaur Rasyidin