Macam Macam Paragraf

Posted on
Macam Macam Paragraf

Artikel makalah membahas tentang Macam Macam Paragraf beserta pengertian dan contohnya dan berdasarkan letak kalimat utama supaya mudah di pahami.

Apa paragraf itu,,, Hal ini merupakan salah satu bentuk dari serangkaian kalimat yang memiliki ide utama sehingga dapat dikelompokkan berdasarkan bentuk dan fungsinya, dan hal ini juga merupakan sebuah kalimat dari campuran seperti menjadi paragraf narasi, penalaran, eksposisi, deskripsi, dan kepercayaan, berdasarkan tujuan.

Nah untuk lebih jelasnya lagi langsung saja simak pembahasn di bawah ini:

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah salah satu seperangkat kalimat yang terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas dan dapat juga di gabungkan kedalam beberapa elemen yang penting dalam penulisan dan sastra.

Secara umum paragraf sebuah komposisi dari serangkaian kalimat, dengan pemahaman utama pada kontrol dan penjelasan supervisor sehingga terdapat pada klausa utama yang berisi ide-ide yang utama.

Maka paragraf berisi pemikiran penjelasan utama yang menjelaskan gagasan utama dari topik yang inti dengan menggabungkan konten dan tujuan.

Baca Juga: Macam Macam Hukum Taklifi

Syarat Syarat Paragraf

Dari ulasan yang singkat di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa syarata dalam penulisan nya.

Berikut beberapa syarat-syarat yang terdapat pada paragraf diantaranya adalah:

  • Kelengkapan adalah sebuah paragraf yang harus lengkap dalam elemen dan struktur seperti pemikiran utama, klausa utama dan kalimat penjelas
  • Kesatuan adalah sebuah paragraf yang dianggap baik jika membentuk satu kesatuan dari ide-ide utama dari berbagai kalimat sebagai keseluruhan nya.
  • Kepaduan adalah sebuah paragraf yang dirangkai secara harmonis dan logis sehinga memiliki unsur keterpaduan pada kalimat utamanya.

Macam Macam Paragraf

Dari beberapa pembahasn di atas, maka disini juga kami akan memberikan beberapa macam dan contoh serta ciri-ciri dari paragraf di antaranya adalah adalah ssebagai berikut:

A. Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah salah satu paragraf yang berisi deskripsi dari beberapa objek untuk memberikan gambaran yang jelas tentang suatu objek yang lain mudah pembaca dan melihat objek itu sendiri.

Ciri-ciri

  • Representasi objek termasuk panca indera seperti bentuk, rasa, warna, suara, dll.
  • Jelaskan objek yang sangat jelas.
  • Banyak kata sifat ditemukan dengan menggunakan kalimat yang tinggi dan rendah.

Contohnya:

Tempat kediaman ku tidak besar hanya memiliki luas sekitar 68 m2. Dengan area seperti hanya memiliki 3 kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, keluarga, dan dapur. Sementara itu, dapur rumah saya tidak terlalu luas tetapi saya sangat nyaman untuk tinggal di rumah dari pada saya ngontrak.

B. Paragraf Argumentasi

Paragraf argumen adalah salah satu paragraf yang memiliki bentuk dan opini dari penulis sehingga dapat memberi gambaran umum tentang suatu topik.

Ciri-ciri

  • Paragraf ini adalah non-fiksi atau penulisan ilmiah
  • Berikan alasan kuat dalam bentuk data dan fakta untuk dipercayai pembaca.
  • Kesimpulan di akhir paragraf untuk memperkuat pendapat sebelumnya.

Contohnya:

Setelah lulus maka langkah selanjutnya saya akan menuju dunia perkuliahan dan akan konsentrasi studi atau jurusan dan dapat melatih pemikiran untuk memastikan melakukan perbuatan yang baik.

Baca Juga: Macam Macam Majas

C. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah salah satu paragraf yang berisi sebuah undangan atau panggilan kepada pembacanya sehingga hal ini bertujuan untuk membuat sesrorang yang membacanya dapat percaya.

Ciri-ciri

  • Gunakan bahasa yang menarik untuk mempermudahkan pembaca.
  • Gunakan kata-kata dengan undangan yang mudah meyakinkan seseorang.
  • Fakta-fakta harus membuat percaya apa yang disampaikan.

Contohnya:

Sampah yang dibuang sebuah hal yang sangat menjijikkan karena sampah bisa menimbulkan bau tak sedap dan akan menyebabkan penyakit yang sangat berbagaya,

D. Paragraf Eksposisi

Paragraf paparan adalah salah satu paragraf yang berisi informasi – informasi yang memiliki bentuk sebuah pengetahuan atau berita sehingga dapat memberikan informasi yang sangat jelas kepada pembaca nya.

Ciri-ciri

  • Buku ilmiah atau non-fiksi
  • Memiliki tujuan informatif
  • Ditulis berdasarkan fakta atau hasil penelitian
  • Tambahkan bukti dalam bentuk data seperti contoh, tabel, grafik, dan sumber nya
  • Saya tidak mencoba mempengaruhi pembaca

Contohnya:

Susu adalah minuman yang sangat baik bagi tubuh karena susu sangta banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat sehingga dapat juga membentu pencernaan dan petumbuhan tubuh.

E. Paragraf Narasi

Paragraf naratif adalah salah satu paragraf yang menggambarkan tentang sebauh peristiwa yang tertentu sehingga dapat di urutkan tertentu dan pembacanya dapat terhibur.

Ciri-ciri

  • Memiliki karakter, konflik, dan pengaturan
  • Biarkan kisah itu diceritakan satu demi satu
  • Apakah Anda memiliki sudut pandang

Contohnya:

Ketika dalam perjalanan ke sekolah saya sering melihat ilham yang berjalan sangat cepat sehingga ilham dengan mudah untik sampai ke sekolahan nya.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang Macam Macam Paragraf meliputi dari pengertian dan ciri ciri dan contoh nya, semoga artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Adaptasi Morfologi