Pengertian dan Macam-Macam Surga dan Neraka

Posted on

Macam-Macam Surga dan Neraka – Dalam Al-Qur’an, konsep surga merupakan terjemahan dari kata bahasa arab yakni jannah, jamak dari Jinan – yang artinya “kebun, taman“. Sedangkan Neraka Semakin tinggi tingkatannya maka semakin keras siksaan yang di rasakan oleh penghuninya, Wallahu A’lam. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi Macam-Macam Surga dan Neraka dan Pengertian Surga Dan Neraka. Simaklah ulasannya di bawah ini.

Macam Macam Surga Dan Neraka

Pengertian Surga

Dalam Al-Qur’an, konsep surga merupakan terjemahan dari kata bahasa arab yakni jannah, jamak dari Jinan – yang artinya “kebun, taman“. Surga merupakan tempat yang kekal di akhirat dan diperuntukkan bagi hamba Allah Swt yang senantiasa selalu beriman dan beramal shaleh sampai akhir hayatnya.
Selain itu surga adalah tempat yang memberikan kenikmatan yang belum pernah dirasakan semasa hidup di dunia dan sebagai balasan jerih payah manuisa karena memenuhi perintah dan menjauhi larangan Allah Swt.

Macam – Macam Surga

Surga memiliki tingkatan yang tentunya penghuni dari salah satu surga itu tergantung dari manusia bagai mana manusia tersebut semasa hidup di dunia, Seperti contoh Semasa hidup di dunia ia tidak pernah menyekutukan Allah Swt maka manusia tersebut akan Menempati Surga tertinggi yakni surga Firdaus, Tentunya karena kehendak Allah Swt. Wallahu A’lam Bishawab. Adapun nama-nama surga itu seperti berikut.

1. Surga Firdaus

Surga Firdaus merupakan Surga yang tertinggi dan juga surga yang paling mulia yang diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak menyekutukan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan sesuatu apapun, umat yang senantiasa menjaga diri dari segala perbuatan yang dilarang serta menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wa’ Ta’ala dan Rasul-NYa .

2. Surga ‘Adn

Surga ‘Adn yakni merupakan Surga yang berada ditingkatan ke-2 setelah surga firdaus yang diperuntukkan bagi umat yang bertakwa kepada Allah SWT.

3. Surga Na’im

Surga Na’im yakni surga yang berada dalam urutan ke-3 yang diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh semasa hidup didunia.

4. Surga Ma’wa

Surga Ma’wa yakni surga yang berada pada urutan ke-4 yang diperuntukkan bagi manusia yang takut akan kebesaran Allah SWT dan bisa mengendalikan hawa nafsunya.

5. Surga Darussalam

Surga Darussalam, surga ini diperuntukkan bagi manusia yang kuat iman dan islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah Swt serta beramal shaleh.

6. Surga Darul Muqamah

Surga Darul Muqamah yakni surga yang diperuntukkan bagi manusia yang bersyukur kepada Allah SWT.

7. Surga Al-Maqamul Amin

Surga Al-Maqamul Amin yakni surga yang diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa.

8. Surga Khuldi

Surga Khuldi yakni surga yang diperuntukkan bagi manusia yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

Pengertian Neraka

Neraka berdasarkan penjelasan yang tertera dalam al-Quran yakni memiliki beberapa pengertian, di antaranya: 1.Alam akhirat tempat penyiksaan bagi orang-orang berdosa, 2. Sial, dan yang ke-3. Keadaan atau tempat menyengsarakan, penyakit parah, dan kemiskinan. Dalam terminologi al-Quran (Islam) , kata neraka namakan naar, yang memiliki arti api yang menyala. Sedangkan secara istilah, neraka memiliki arti tempat balasan berupa siksaan bagi orang yang berbuat dosa dan kesalahan semasa hidup di alam dunia.

Macam-Macam Neraka

Seperti Surga neraka pun memiliki tingkatan-tingkat, namun bedanya semakin tinggi tingkatan di surga maka semakin nikmat yang rasakan oleh penghuninya, Wallahu A’lam, Sedangkan Neraka Semakin tinggi tingkatannya maka semakin keras siksaan yang di rasakan oleh penghuninya, Wallahu A’lam. berikut ini merupakan macam-macam neraka ;

1. Neraka Jahanam

Neraka jahanam yakni adalah neraka paling dasar, paling dalam dan paling berat siksaannya. Neraka ini disediakan bagi orang-orang kafir dan Iblis (Syetan) beserta para pengikutnya.

2. Neraka Jahim

Neraka jahim merupakan neraka yang apinya dapat menghanguskan manusia dengan seketika neraka ini diperuntukkan bagi manusia yang menyekutukan Allah Swt.

3. Neraka Saqar

Neraka Saqar yakni  merupakan neraka yang diperuntukkan bagi manusia yang tidak mengerjakan sholat, serta tidak memberi makan fakir miskin serta membicarakan yang bathil.

4. Neraka Sair

Neraka sair yakni merupakan neraka dengan siksaan yang menyala-nyala

5. Neraka Hutamah

Neraka Hutamah yakni neraka yang membakar manusia sampai ke hulu hatinya.

6. Neraka Wail

Neraka wail yakni adalah neraka yang diperuntukkan bagi orang-orang yang lalai menjalankan sholat.

7. Neraka Ladza

Neraka ladza yakni neraka yang bergejolak apinya dan mengelupas kulit kepalanya.

8. Neraka Hawiyah

Neraka hawiyah yakni neraka diperuntukkan bagi orang-orang yang ringan amal kebaikannya.

 

Demikianlah pembahsan kami mengenai Pengertian Surga dan Neraka, Macam-Macam Surga dan Neraka. Semoga menjadikan kita menjadi hamba yang senantisa ingat kepada Allah Swt dan Kepada Nabi dan Rasull-Nya Shallallahu Alaihi Wasallam, Aamiin.

Artikel lainnya :