Macam Macam Takdir

Posted on
Macam Macam Takdir

Artikel makalah membahs tentang Macam Macam Takdir meliputi dari pengertian beserta contohnya sesuai dalam ajaran islam dan sesuatu ketentuan mutlak dari Alloh.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,,, para sahabat yang berbahagia kali ini kami dari materibelajar.co.id akan memberikan suatu peristiwa takdir, Apa itu takdir hal ini merupakan termasuk dalam rukun iman dengan keyakinan yang tertinggi pada Qodho dan Qodhar dalam bentuk takdir.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

“Apa Takdir Itu”

Takdir adalah salah satu ajaran yang terdapat pada umat muslim sebagai penciptaan langit dan bumi yang telah di perintah untuk menuliskan semua yang terjadi sebelum akhir dunia dan didasarkan pada argumen berikut.

Dalam hal ini juga merupakan sebagai keadaan yang tidak sempurna sehingga kehendak Allah SWT dan orang harus menerimanya dengan tulus.

Maka takdir terbagi sebagai cermin dari kehidupan yang ada pada manuasi supaya mampu menerima takdirnya masing – masing yang telah di teteapkan oleh Alloh SWT.

Baca Juga: Arti Barakallahu Laka Fiih

Macam Macam Takdir

Dari ulasan singkat di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa macam takdir diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Takdir ‘umri

Takdir ‘umri adalah salah satu jenis takdir yang telah ditulis dari beberapa malaikat pada saat meniupkan roh ke dalam janin selama masih di dalam kandungan ibu.

Nabi Muhammad SAW  bersabda:

Takdir ‘umri

Artinya :

” Sesungguhnya salah satu dari kalian telah menciptakan ciptaannya di dalam perut ibunya selama empat puluh hari dan kemudian menjadi seperti gumpalan darah lalu menjadi segumpal daging, kemudian mengirim malaikat untuk meniup dan memerintahkan pikirannya untuk menulis kebahagiaan, kematian, perbuatan, dan penderitaan atau kebahagiaan” Bukhari Muslim”.”

Baca Juga: Macam Macam Hukum Taklifi

2. Takdir Sanawi

Takdir Sanawi adalah salah satu jeniss takdir yang telah berlaku dan telah ditulis dari berbagai kejadian selama menjalani hidup dalam satu setahun ke depan.

Allah berfirman:

Allah berfirman

Artinya:

“Pada malam hari akan dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.”

Allah berfirman:

Takdir Sanawi

Artinya:

“Malam itu, para malaikat, dan juga malaikat Gabriel, turun dengan izin kelinci untuk menyelesaikan semua urusan, malam itu (penuh dengan kesejahteraan) sampai subuh.”

3. Takdir Yaumi

Takdir Yaumi adalah salah satu jenis takdir yang telah di catat oleh malaikat yang telah di berlakukan pada setiap hariannya.

Allah Berfirman:

Takdir Yaumi

“Setiap waktu Dia dalam kesibukan.”

Perlu dicatat bahwa beberapa takdir ini yang sudah ditulis dalam Lauhil Mahfudz, sedangkan tiga takdir lainnya (Umri, Sanawi, dan Yaumi) adalah takdir yang dapat berubah.

4. Takdir Azali

Takdir Azali adalah salah satu jenis takdir yang telah ditulis dalam lauhil mahfudz 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi tentang nasib seseorang ke semua makhluk.

Allah Berfirman:

Takdir Azali

Artinya:

“Apakah kamu tidak tahu bahwa Allah benar-benar tahu apa yang ada di langit dan di bumi, karena itulah yang tertulis dalam sebuah buku (Lawh Mahfuz), dan Allah sangat ringan tentang hal itu.”

Nabi Muhammad bersabda:

Nabi-Muhammad-bersabda-juga

Artinya:

“Allah menentukan berbagai kondisi kehidupan, 50.000 tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi.”

Maka dari pembahsan di atas dapat di simpulkan bahwa takdir dan semua perbuatan di dunia ini sudah tercatat semua, tetapi kadang orang banyak yang belum meyakinninya apa yang sudah ditulis dalam lauhil mahfudz.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang macam-macam takdir meliputi dari pengertian dan contoh nya. semoga artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Macam Macam Mad