Macam Macam Talak

Posted on
Macam Macam Talak

Artikel makalah membahas tentang Macam Macam Talak dalam islam 1,2,3 , hukum, dampak, pengertian, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa talak itu,,, Hal ini merupakan kiatan masalah yang sering muncul dalam rumah tangga dan berakhir kadang-kadang menyebabkan perceraian antara dua orang yang telah bergabung bersama dalam hubungan pernikahan, maka talak di sini sebagai ungkapan perceraian pada pasanagan suami isrti yang tidak harmonis lai dalam menjalani rumah tangganya. Untuk lebih lengkapnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Talak

Talak memiliki konsekuensi sebagai hukum yang berbeda jika sang suami menceraikan Raj’i demi istrinya sehingga menghilangkan semua konsekuensi perceraian selama masa Idda yang dianggap sebagai tanda rekonsiliasi suaminya.

Maka macam pengertian talak dari beberapa ulama adalah sebagai berikut:

  • Menurut para ulama Hanafi dan Hanbali telah meyatakan bawha perceraian sebagai pelepasan langsung hubungan pernikahan untuk masa depan dengan pengucapan khusus.
  • Menurut mazhab Syafi’i Ulama telah menyatakan bawha perceraian sebagai pembubaran kontrak pernikahan dengan pembacaan Talak atau setara pada perceraian.
  • Menurut cendekiawan telah menyatakan bahwa perceraian sebagai memisahkan hukum yang mengarah pada pemutusan hubungan yang halal.

Dengan demikian talak juga dapat di umpamakan sebagai berceraian yang akan di lakukan oleh laki-laki terhadap istrinya sehingga perceraian dari kedua pasangan akan di sahkan oleh hukum agama dan undang-undang.

Baca Juga: Macam Macam Takdir

Macam Macam Talak

Dari ulasan singkat di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa macam talak di sertai penjelasan nya.

Berikut macam-macam talak di antaranya adalah:

1. Talak Raj’i

Talak Raj’i adalah talak yang diberikan kepada seorang istri yang masa iddahnya belum berakhir sehingga talak tersebut akan dijatuhkan satu atau dua kali sampai masa Idah mereka berakhir.

Firman Allah (Q.S. Al-Baqarah 231).

Surat-Al-Baqarah-Ayat

Artinya:

“Ketika kamu menikahi istrimu dalam mendekati akhir idda maka kemudian dengan sedih menceraikan mereka dan jangan membujuk mereka untuk melukai dari siapa pun yang melakukannya, karena hal ini berbuat yang salah terhadap diri sendiri, dan jangan lah mempermaikan hukum Allah maka kalian harus memberikan kebaikan kepada Allah dalam melakukan hal yang kebijaksanaan dan ketahuilah bahwa Allah tahu segalanya.”

Dari pernyataan ayat di atas maka penceraian menyebabkan kesusahan) untuk bertindak sebagai Liajlih dalam mengajukan sehingga tidak menunggu lama.

Baca Juga: Macam Macam Mad

2. Talak ba’in sughra

Talak ba’in sughra adalah salah satu talak dalam perceraian yang suami turun satu atau dua kali kepada istrinya setelah idda-nya berakhir maka suami mungkin masih merujuk pada istrinya sehingga terdapat persyaratan yang telah di persetujui dari kedua belah pihak.

3. Talak ba’in Kubra

Talak ba’in Kubra adalah salah satu talak yang akan dijatuhkan oleh suami terhadap isterinya sehingga seorang suami akan menjathkan talak yang kepada isterinya.

Cara Pengungkapan Talak

Dari beberapa pembahsan di atas, maka kami juga akan memberikan bagai mana cara pengungkapan talak yang teleh di sepakati.

Berikut terdapat 2 cara pengungkapan talak diantaranya adalah:

  • (Syarih) Seorang suami yang dengan sengaja atau tidak sengaja mengumumkan perceraian akan dihukum dengan perceraian. Perceraian ini sebagai kata-kata perpisahan yang telah di ucapkan dengan jelas dan terbuka.
  • (Kinayah) Doa perceraian tidak jelas dan biasanya menggunakan kata-kata menyindir “Pulanglah ke rumah orang tuamu,” “keluar dan jangan kembali,” “urus urusanmu sendiri.”

Dari ungkapan yang di atas maka dapat menimbulkan keresahan dalam rumah tangga dan perpecahan karena hal ini seharusnya dihindari oleh setiap orang untuk mencapai keharmonisan dalam berumah tangga.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang Macam-Macam Talak dan dilengkapi dengan penjelasannya, Semoga artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Macam Macam Ham