Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara

Posted on

Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara -Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan membahas tentang pelajaran PPKN yang bertemakan Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah penjelasan yang ada dibawah ini.

Menjalani kehidupan sosial yang utuh sebagai warga negara tak terlepas dari banyak nilai serta norma yang mengatur. Indonesia yang menjadi negara yang demokratis serta terbuka.

Mempunyai aturan yang jelas dan juga tsk bermakna ganda. Pengertian hak dan kewajiban didalam kehidupan sebagai warga negara Indonesia menjadi sebuah pengetahuan wajib untuk setiap masyarakatnya.

Pengertian

makna hak dan kewajiban warga negara dalam pancasila

Sudah bisa dipastikan bahwa tak ada yang merasa asing dari istilah hak. Kata yang selalu saja berdampingan dengan kewajiban dimana saja pemakaiannya.

Pengertian yang mengenai hak yang secara umum bisa didefinisikan sebagai apa-apa yang bisa diperoleh. Adanya kebebasan didalam memakai. Secara mutlak yang menjadi kepunyaan ataupun hak milik.

Hak dari sebuah warga negara yang diantaranya memiliki perlindungan serta memperoleh jaminan rasa aman disaat berasa di negara Indonesia. kenyamanan didalam mempelajari pengertian hak serta kewajiban bisa pula dikatakan sebagai suatu hak.

Makna Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Hak yang didalam warga negara ialah hak yang diterima disetiap manusia, berada disuatu negara tertentu serta dibatasi dengan aturan yang sudah berlaku.

  • Contoh hak warga negara, yakni :
  1. Hak untuk mendapatkan perlindungan dari pemerintah.
  2. Hak untuk memilih agama serta kepercayaan dari masing-masing individu.
  3. Hak untuk mendapatkan kedudukan yang sama.
  4. Hak untuk berpendapat.
  5. Hak untuk memperoleh jaminan keadilan.

Pembagian Hak Dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

Didala pengertian hak dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, rinci dijelaskan sebagaimana setiap penduduk itu diatur agar bertingkah laku.

Pengaturan itu menjadi penting agar tak terjadi ketimpangan yang artinya mengenai pelaksanaan kewajiban dan tuntutan hak yang akan diminta.

Beberapa bidang yang sudah di atur dengan detail mengenai hak dan kewajiban didalam kehidupan  bernegara ialah sebagai berikut.

1. Hak Dan Kewajiban Ekonomi

Menurut dari undang-undang memang bahwa sanya negara menanggung hidup untuk keadaan yang tertentu masyarakatnya. Lalu disertakan pula soal peraturan yang menyertai agar bisa mengatur hak dan kewajiban didalam sektor ekonomi.

Pengertian hak dan kewajiban didalam bidang ekonomi mencangkup segala aktivitas dari perekonomian sebuah negara.

a. Hak Setiap Warga Negara Yang Ditanggung Negara

Didalam bidang perekonomian negara yang mengatur segala kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Bahwa sanya setiap warga negara Indonesia memiliki hak agar mendapatkan sebuah jaminan perekonomian. Serta berhak untuk ditanggung negara apabila didalam keadaan fakir ataupun miskin.

b. Kewajiban Dalam Bidan Ekonomi Dan Perundangannya

Tapi untuk setiap warga negara berkewajiban agar bekerja keras untuk kesuksesan kehidupan perekonomian yang pribadi dan negara.

Membantu untuk kelancaran program pemerintah pada sektor perekonomian seperti halnya membayar pajak tepat waktu.

Perundangan yang sudah mengatur soal hak dan kewajiban warga negara didalam bidang ekonomi ialah pasal 33 ayat 1, 2 dan 3. dan juga pasal 34.

2. Hak Dan Kewajiban Politik

Didalam bidang politik, hak dan juga kewajiban warga negara itu diatur didalam pasal pasal 27 ayat 1 serta pasal 28. Pasal 27 ayat 1 berbunyi bahwa sanya tiap-tiap warga negara bersamaan dari kedudukannya di dalam hukum serta pemerintahan dan wajib untuk menjunjung hukum serta pemerintahan tanpa terkecuali.

Sedangkan dipasal 28 bermakna kemerdekaan berserikat dan juga berkumpul, mengeluarkan pendapat dan pikiran dengan lisan serta tulisan dan lain sebagainya ditetapkan didalam undang-undang.

2. Dalam Bidang Sosial Dan Budaya

Menurut pengertian dari hak dan kewajiban didalam kehidupan bernegara, aspek yang pertama yang disebutkan ialah soal bidang sosial dan budaya. Didalam bidang ini disebutkan soal kewajiban dan hak didalam beragama, pendidikan serta kebudayaan.

a. Peraturan Perundangan Yang Mengatur

Undang-undang dasar yang sudah mengatur soal hak dan kewajiban warga negara didalam bidang sosial serta budaya ada beberapa.

Diantaranya iyalah pasal 31 ayat 1 dan 2, dan juga pasal 32. Didalam pasal tersebutlah sumber hukum yang dicantumakan.

Pasal 31 ayat 1 yang mengenai pengajaran, pasal 31 ayat 2 soal pengupayakan sistem pengajaran yang menurut UUD. Serta pasal 32 yang membahas soal memajukan kebudayaan.

b. Penjabaran Hak Setiap Warga Negara

Menurut dari pasal-pasal diatas yang didapatkan bahwa sanya hak yang harus diberikan oleh pemerintahan sebagai sebuah imbas dari kehidupan bernegara ialah hak agar mendapatkan pendidikan yang sangat layak. Pendidikan yang bisa di jangkau oleh semua lapisan masyarakat.

 c. Kewajiban Yang Harus Dilakukan

Sedangkan untuk kewajiban yang harus dilaksanakan ialah dengan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan.

Dan ikut didalam mengembangkan kebudayaan asli dari tanah air. Pelaksanaan kewajiban agar menyeimbangkan dengan hak yang sudah diperoleh.

3. Mengenai Pertahanan Dan Keamanan

membela pertahanan dan juga keamanan negara NKRI yang menjadi kewajiban utuh disetiap warga masyarakat tanpa terkecuali. Hal ini sangat jelas tercantum didalam peraturan perundangan.

Bahwa sanya dalam pasal 30 sudah dinyatakan bahwa setiap warga negaranya memiliki kewajiban dan hak didalam mempertahankan keutuhan negara.

Oleh karenanya kesatuan negara yang menjadi tanggung jawab bersama dari segenap masyarakat.

Tapi masyarakat pual diberikan hak agar dilindungi pemerintah yang berkaitan dengan hal itu.

Contoh Hak dan Kewajiban Warga Negara

  • Contoh Hak :
  1. Berhak untuk mendapatkan perlindungan hukum, yang dimuat berdasarkan pada pasal 27 ayat (1).
  2. Berhak untuk mendapakan pekerjaan serta penghidupan yang layak, dimuat pada pasal 27 ayat 2.
  3. Berhak untuk mendapatkan kedudukan yang sama di mata hukum serta didalam pemerintahan, yang dimuat pada pasal 28D ayat (1).
  4. Bebas untuk memilih, memeluk serta menjalankan agama yang sudah dipercayai, yang dimuat pada pasal 29 ayat (2).
  5. Berhak untuk memperleh pendidikan serta pengajaran.
  • Contoh Kewajiban :
  1. Wajib berperan serta didalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh, yang dimuat pada pasal 30 ayat (1) UUD 1945.
  2. Wajib untuk membayar pajak serta retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah, yang dimuat pada UUD 1945.
  3. Wajib untuk menghormati ham orang lain, yang dimuat pada pasal 28J ayat 1.
  4. Wajib untuk tunduk pada pembatasan yang ditetapkan oleh undang-undang, yang dimuat di pasal 28J ayat 2.
  5. Bersasarkan pasal 28 yang memuat soal kewajiban yakni tiap negara wajib turut serta didalam pembangunan agar memajukan bangsa ke arah yang jauh lebih baik.

Selesai sudah pembahas kali ini tentang Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran PPKN dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: