Makna Proklamasi

Posted on

Makna Proklamasi – Halo sobat materibelajar.co.id kembali lagi bersama kami yang dimana pada kali ini kami akan membahas tentang pelajaran Bahasa Indonesia yang bertemakan Makna Proklamasi untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah penjelasan yang ada dibawah ini.

Tepatnya pada 17 Agustus kemarin negara kita yakni Indonesia baru saja merayakan Hari Proklamasi dari Kemerdekaaan yang ke-74 tahun serta terbebas dari penjajahan yang mau menguasai Bangsa Indonesia.

Perlu kalian ketahui, bahwa sanya bangsa kita ini telah dijajah bangsa lain selama kurun waktu itu kurang lebih 350 tahun.

Berbagai macam upaya sudah dilakukan oleh para pemuda serta pejuang agar bisa mengusir penjajah yang selama bertahun–tahun itu sudah membuahkan hasil.

Keberhasilan itu tepatnya terjadi dimasa kekuasaan Jepang, sesudah bangsa Jepang mengumumkan bahwa sanya mereka menyerah tanpa syarat pada sekutu serta Indonesia.

terlepas dari semua itu, pembacaan dari teks Proklamasi ini mempunyai berbagai makna yang penting untuk bangsa Indonesia. Dikesempatan kali ini kita juga membahas soal Makna Proklamasi dari Kemerdekaan Indonesia.

Tentang Proklamasi

apa makna proklamasi kemerdekaan menurutmu

Proklamasi yang berasal dari bahasa Yunani yakni dari kata “Proclamatio” yang artinya suatu pengumuman pada seluruh rakyatnya. Pengumunan yang sudah dimaksudkan disini ialah hal-hal yang sedang berkaitan dengan ketatanegaraan.

Proklamasi Kemerdekaan ini ialah suatu pengumuman yang akan disampaikan pada seluruh rakyatnya, bahwa sanyaa akan adanya kemerdekaan.

Pengumuman itu sesungguhnya tak hanya ditujukan pada seluruh rakyat yang terdapat didalam negara yang sudah bersangkutan.

Tapi, pengumuman ini pula akan ditujukan pada semua rakyat yang ada di seluruh dunia serta pada seluruh bangsa yang ada di muka bumi ini.

Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Di tanggal 06 Agustus 1945, ada suatu bom atom yang meledak tepat pada kota Hirosima, Jepang yang disaat itu sedang menjajah Negara kita yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari peristiwa itu maka terbentuklah suatu BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) ataupun didalam bahasa Jepang disebut juga dengan Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai yang dibentuk pemerintah Jepang ditanggal 29 April 1945.

Badan penyelidik ini yang beranggotakan 63 orang, yang kemudian diganti nama menjadi PPKI (Panitian Persiapan Kemerdekaan Indonesia) ataupun didalam bahasa jepang itu disebut sebagai Dokuritsu Junbi Inkai ditanggal 07 Agustus 1945.

Ditanggal 9 Agustus 1945, Bom atom itu kembali dijatuhkan di kota Nagasaki yang disaat itu membuat Negara Jepang itu mengakui kekalahannya pada Amerika Serikat.

Momen itulah yang dimanfaatkan oleh Bangsa Indonesia agar bisa memproklamasikan kemerdekaannya.

Tepat, ditanggal 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir yang mendengar kabar lewat radio, bahwa sanya bangsa Jepang telah menyerah tanpa syarat pada sekutu.

Hal itu lah yang membuat para pejuang dari Bangsa Indonesia yang semakin semangat agar mempersiapkan kemerdekaannya.

Disaat kembalinya Soekarno dari Dalat, Sutan Syahrir yang kemudian mendesak sang proklamator agar mengumumkan kemerdekaan Indonesia.

Nah, ditanggal 15 Agustus 1945, Jepang telah benar-benar menyerah pada Sekutu. Kemudian didini hari, tepatnya ditanggal 16 Agustus 1945, para pemuda membawa Soekarno dan juga Hatta ke Rengasdengklok yang bertujuan agar Soekarno serta Hatta tak terpengaruh oleh Jepang.

Kemudian ditanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno serta Drs. Mohammad Hatta membacakan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia, yang bertempat pada Jl. Pegangsaan Timur no. 56 di Jakarta Pusat.

Maksud dan tujuan Proklamasi kemerdekaan

Berikut ini adalah maksud dan juga tujuan dari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia:

  • Melepaskan diri dari penjajahan bangsa asing.
  • Bangsa yang bersangkutan bisa hidup sederajat bersama bangsa-bangsa lainnya.
  • Bangsa yang bersangkutan bisa meningkatkan taraf kehidupan dibangsanya.
  • Bangsa yang sedang bersangkutan bisa meningkatkan taraf kecerdasan di bangsanya.
  • Bisa mengejar segala ketertinggalan yang sudah dialami oleh bangsanya dengan cara mengembangkan segala potensi yang dimiliki negara tersebut.
  • Mencapai tujuan nasional dari bangsa Indonesia.

Makna Proklamasi Bagi Bangsa dan Rakyat Indonesia

Berdasarkan hasil sejarah panjang penjajahan serta perlawanan rakyat, proklamasi ini mempunyai makna yang begitu mendalam yang dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sesudah mengetahui diproklamasikannya kemerdekaan Bangsa Indonesia, rakyat begitu bersuka cita, bahkan teriakan gembira merdeka sudah terdengar di mana-mana, disaat itu suasananya begitu berbeda dibandingkan dari keseharian mereka yang sebelumnya.

Makna pembacaan proklamasi untuk rakyat serta Bangsa Indonesia itu, yakni antara lain diuraikan yang ada di bawah ini :

1. Sebagai Puncak Perjuangan Bangsa Indonesia

Apabila dilihat dari lamanya masa penjajahan yang sudah terjadi, maka hal itu terus saja menambah daftar dari perjuangan kemerdekaan yang sudah dilakukan oleh semua rakyat Indonesia. Proklamasi yang dianggap sebagai kemenangan dari terbebasnya penjajahan.

Tapi bukan hanya kemenangan yang dimiliki oleh para tokoh-tokoh pendiri bangsa. Melainkan, kemenangan ini dipunyai oleh seluruh rakyat Indonesia. Proklamasi yang dianggap sebagai suatu puncak perjuangan, tapi bukan berarti perjuangan itu akan berakhir.

2. Sebagai Pernyataan yang De Facto

Proklamasi mempunyai makna sebagai sebuah pernyataan de facto yang artinya suatu pernyataan kemerdekaan yang sesuai dari kenyaataan yang ada, bahwa sanya proklamsi kemerdekaan itu telah disampaikan kepada seluruh wilayah Indonesia serta dunia.

Pernyataan itu sudah benar ada serta nyata, dimana pernyataan itu telah diabadikan suaranya hampir pada seluruh siaran radio yang telah terdapat disaat itu.

3. Sebagai Awal Dari Perjuangan Baru

Proklamasi pula bisa diartikan sebagai sebuah awal dari perjuangan yang baru. Hal itu bisa menandakan bahwa, perjuangan yang sudah dilakukan didalam upaya merebut kemerdekaan telah selesai.

Selanjutnya, ada suatu perjuangan yang juga berbeda, perjuangan yang dapat dibilang jauh lebih berat dibandingkan dari perjuangan untuk merebut kemerdekaan itu.

Selesai sudah pembahas kali ini tentang Makna Proklamasi semoga dapat membantu kalian semuanya dalam mempelajari pelajaran PPKN dan terimakasih kamu sudah berkunjung dan menyimak artikel ini sampai akhir .

Baca Juga Lainnya: